Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Kinerja dan Disiplin
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi
c. Pengawas
:
Analis Kepegawaian
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program kinerja, disiplin dan pembinaan pegawai
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S.1 Hukum/ Ilmu Pemerintahan/ Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi atau bidang lain yang relevan dengan tugas
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
SEPALA/ADUM/DIKLAT PIM TK. IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Menduduki jabatan pelaksana selama 4 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Kinerja dan Disiplin sesuai dengan program kerja Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja dan Informasi Kepegawaian berlaku sebagai pedoman pelaksanaan tugas 25.5 0.02
- Menelaah program kerja sub bidang Kinerja dan Disiplin Dokumen 1 5 5 0.00
- Menyusun draf rencana kerja kegiatan sub bidang Kinerja dan Disiplin Dokumen 1 12 12 0.01
- Mengkonsultasikan draf rencana kerja kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan Dokumen 1 2.5 2.5 0.00
- Menfinalisasi dan menetapkan rencana kerja sub bidang Dokumen 1 6 6 0.00
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas Sub Bidang Kinerja dan Disiplin 90 0.07
- Menjabarkan rencana kerja kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Jadwal/dokumen 12 2.5 30 0.02
- Memaparkan rencana kerja Dokumen 12 2 24 0.02
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menentukan target waktu penyelesaian dokumen Dokumen 12 1 12 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Sub Bidang Kinerja dan Disiplin sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan 72 0.06
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan Dokumen 12 1.5 18 0.01
- Mengindentifikasi kesulitan yang dialami bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menganalisa permasalahan yang dihadapi bawahan Dokumen 12 2.5 30 0.02
- Memberikan bimbingan terkait permasalahan dokumen Dokumen 12 1 12 0.01
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Sub Bidang Kinerja dan Disiplin sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 84 0.07
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan Dokumen 12 2.5 30 0.02
- Mengidentifikasi kesalahan hasil kerja bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Membuat catatan pada hasil kerja bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan terkait catatan hasil kerja bawahan Dokumen 12 1.5 18 0.01
5. Merumuskan kebijakan teknis kinerja dan disiplin pegawai sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 146 0.12
- Mempelajari rumusan kebijakan teknis kinerja dan disiplin pegawai Dokumen 1 6 6 0.00
- Menyusun konsep rumusan kebijakan dan rencana strategis penyelenggaraan sebagian urusan di sub bidang kinerja dan disiplin Dokumen 2 12 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep rumusan kebijakan teknis kegiatan sub bidang kinerja dan disiplin pegawai dengan atasan langsung Kegiatan 12 8 96 0.08
- Memfinalisasi rumusan kebijakan penyelenggaraan sebagian urusan teknis kegiatan sub bidang kinerja dan disiplin pegawai Dokumen 5 4 20 0.02
6. Melaksanakan penilaian kinerja ASN 78 0.06
- Mempelajari dan mempedomani pelaksanaan penilaian kinerja ASN Dokumen 12 2.5 30 0.02
- Menelaah hasil kerja sesuai SOP Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan tugas kepada bawahan dengan mempedomani SOP dalam pelaksanaan penilaian kinerja ASN Dokumen 12 2 24 0.02
7. Menyusun rumusan kebijakan tambahan penghasilan pegawai ASN berbasis kinerja 12.5 0.01
- Menganalisasi konsep rumusan kebijakan tambahan penghasilan pegawai ASN berbasis kinerja Dokumen 1 6 6 0.00
- Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan Dokumen 1 2 2 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Dokumen 1 1.5 1.5 0.00
- Membuat laporan konsep rumusan kebijakan tambahan penghasilan pegawai ASN berbasis kinerja Laporan 1 3 3 0.00
8. Memfasilitasi Penilaian SKP jabatan pimpinan tinggi oleh Walikota 6 0.00
- Menentukan target kerja sesuai rencana kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan Laporan 1 1.5 1.5 0.00
- Menginventarisasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan Dokumen 1 2 2 0.00
- Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan Dokumen 1 0.5 0.5 0.00
9. Melakukan pembinaan terhadap penyusunan SKP dan penilaian kinerja ASN 12.5 0.01
- Menganalisasi konsep rumusan kebijakan penyusunan SKP dan penilaian kinerja ASN Dokumen 1 6 6 0.00
- Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan Dokumen 1 2 2 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Dokumen 1 1.5 1.5 0.00
- Membuat laporan konsep rumusan penyusunan SKP dan penilaian kinerja ASN Laporan 1 3 3 0.00
10. Melakukan pengawasan terhadap kegiatan penilaian kinerja ASN dalam rangka pemberian tambahan penghasilan pegawai 11 0.01
- Menganalisasi konsep rumusan kegiatan penilaian kinerja ASN dalam rangka pemberian tambahan penghasilan pegawai Dokumen 1 5 5 0.00
- Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan Dokumen 1 2 2 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Dokumen 1 1.5 1.5 0.00
- Membuat laporan konsep rumusan kegiatan penilaian kinerja ASN dalam rangka pemberian tambahan penghasilan pegawai Laporan 1 2.5 2.5 0.00
11. Memproses penyelesaian kasus pelanggaran disiplin ASN 14 0.01
- Menganalisasi konsep rumusan proses penyelesaian kasus pelanggaran disiplin ASN Dokumen 1 1.5 1.5 0.00
- Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan Dokumen 6 1 6 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Dokumen 5 0.5 2.5 0.00
- Membuat laporan proses penyelesaian kasus pelanggaran disiplin ASN Laporan 2 2 4 0.00
12. Memproses permohonan izin perkawinan dan perceraian bagi ASN 62 0.05
- Memahami regulasi tentang proses permohonan izin perkawinan dan perceraian bagi ASN Data 1 2 2 0.00
- Memeriksa data proses permohonan izin perkawinan dan perceraian bagi ASN Dokumen 12 1.5 18 0.01
- Melayani konsultasi permohonan izin perkawinan dan perceraian bagi ASN Kegiatan 12 2 24 0.02
- Memeriksa surat pengantar izin perkawinan dan perceraian bagi ASN Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Melaporkan proses permohonan izin perkawinan dan perceraian bagi ASN kepada atasan Laporan 12 1 12 0.01
13. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan penegakan disiplin PNS dalam mematuhi ketentuan jam kerja dan penggunaan pakaian dinas beserta atribut 96 0.08
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan Konsep 12 2 24 0.02
- Menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja Hasil kerja 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan Hasil kerja 12 1 12 0.01
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Data terkoreksi 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan Hasil kerja 12 1 12 0.01
14. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 54 0.04
- Mempelajari dan mempedomani Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kegiatan 12 2 24 0.02
- Mempelajari dan mempedomani Standar Operasional Prosedur SOP 12 2.5 30 0.02
15. Melaporkan hasil kegiatan Sub Bidang Kinerja dan Disiplin sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 24 0.02
- Menganalisis laporan yang diterima dari bawahan Dokumen 2 2.5 5 0.00
- Membahas bahan laporan dengan bawahan Dokumen 2 2 4 0.00
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Laporan 2 3 6 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Laporan 2 2 4 0.00
- Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas Laporan 2 2.5 5 0.00
16. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Sub Bidang Informasi Kepegawaian 81 0.06
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Rencana kerja 6 1 6 0.00
- Memaparkan rencana kegiatan Sub Bidang Informasi Kepegawaian Juklak 6 1 6 0.00
- Menghimpun saran dan masukan dari masing-masing bawahan Notulen 6 4 24 0.02
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing bawahan SOP 24 1.5 36 0.03
- Menentukan target waktu penyelesaian kegiatan Kartu kendali 6 1.5 9 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 868.5 0.69
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   32 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Renstra BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas Pedoman kerja
2. Renja BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas Pedoman kerja
3. RKA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran Pedoman kerja
4. DPA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran Pedoman kerja
5. Peraturan Walikota Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja BKPSDM Kota Padang Panjang Pedoman kerja
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP Sebagai petunjuk dan pedoman kerja
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Penyiapan bahan perumusan kebijakan dibidang kinerja dan disiplin
2. Melaksanakan Pengelolaan urusan di bidang kinerja dan disiplin
3. Melaksanakan Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya
 
WEWENANG
1. Melakukan koordinasi dengan atasan
2. Melakukan koordinasi dengan bawahan
3. Melakukan penilaian kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
2. Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
3. Analis Kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sejuk
3. Udara Sehat dan bersih
4. Keadaan Ruangan Tertata dengan baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Baik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Tidak ada
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Koordinasi dengan pimpinan dan bawahan
Mengoperasionalkan komputer
Penggunaan internet
Penyusunan laporan kinerja dan disiplin
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
34
Tinggi Badan (cm)
:
167
Berat Badan (kg)
:
69
Postur Badan
:
Sedang
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar