Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Dokumentasi Hukum
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Hukum
c. Pengawas
:
IKHTISAR JABATAN
Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas bidang dokumentasi hukum
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV; Diklat Pengelolaan JDIH; Diklat Kearsipan
2). Teknis
:
Diklat Pengelolaan Informasi Digital; Diklat Kepustakaan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Dokumentasi Hukum berdasarkan rencana organisasi Bagian Hukum sebagai pedoman pelaksanaan tugas 17.6 0.01
- Menelaah Rencana Kerja Tahunan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Dokumentasi 2 2.2 4.4 0.00
- Mengkonsultasikan rencana kerja dengan atasa untuk mendapatkan pengarahan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Dokumentasi 2 2.2 4.4 0.00
- Menyusun konsep rencana kegiatan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Dokumentasi 2 2.2 4.4 0.00
- Membubuhkan paraf pada konsep perumusan rencana kerja Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Dokumentasi 1 2.2 2.2 0.00
- Memfinalisasi konsep perumusan rencana kerja kepada Atasan. Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Dokumentasi 1 2.2 2.2 0.00
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Dokumentasi Hukum 20 0.02
- Menjabarkan Rencana Kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan para pelaksana Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 40 0.3 12 0.01
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing pelaksana Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 40 0.1 4 0.00
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 40 0.1 4 0.00
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Sub Bagian Dokumentasi Hukum sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 30 0.02
- Menjabarkan/ memaparkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan para pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 0.25 7.5 0.01
- Menghimpun saran dan masukan dari masing-masing pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 0.25 7.5 0.01
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 0.25 7.5 0.01
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 0.25 7.5 0.01
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Dokumentasi Hukum berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan dan pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien 24 0.02
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan para pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 24 0.2 4.8 0.00
- Mengawasi seluruh pelaksana dengan berpedoman pada standar kualitas dan kuantitas kinerja pejabat struktural dan pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 24 0.2 4.8 0.00
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 24 0.2 4.8 0.00
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 24 0.2 4.8 0.00
- Memberi arahan terkait koreksi hasil kerja seluruh pelaksana. Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 24 0.2 4.8 0.00
5. Memproses pembuatan Buku Berita Daerah dan Lembaran Daerah 67.5 0.05
- Mengumpulkan bahan soft copy Peraturan Walikota (Perwa) dan Peraturan Daerah (Perda) Buku Lembaran Daerah dan Berita Daerah 11 1.5 16.5 0.01
- Memeriksa/ verifikasi kesesuaian antara softcopy dan hardcopy pada Perwa dan Perda Buku Lembaran Daerah dan Berita Daerah 12 1.5 18 0.01
- Melakukan proses editing softcopy sesuai ketentuan untuk pembuatan buku Buku Lembaran Daerah dan Berita Daerah 11 1.5 16.5 0.01
- Melakukan pencetakan buku ke pihak percetakan Buku Lembaran Daerah dan Berita Daerah 11 1.5 16.5 0.01
6. Melaksanakan pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum (JDIH) 90 0.07
- Mengumpulkan bahan soft copy Peraturan Walikota (Perwa) dan Peraturan Daerah (Perda) Dokumen Laporan Kegiatan Pengelolaan JDIH 11 2 22 0.02
- Memeriksa/ verifikasi kesesuaian antara softcopy dan hardcopy pada Perwa dan Perda Dokumen Laporan Kegiatan Pengelolaan JDIH 11 2 22 0.02
- Melakukan proses editing softcopy sesuai ketentuan untuk tampilan di website jdih Dokumen Laporan Kegiatan Pengelolaan JDIH 12 2 24 0.02
- Melakukan penguploadan dokumen dan penyebarluasan informasi melalui media sosial JDIH Dokumen Laporan Kegiatan Pengelolaan JDIH 11 2 22 0.02
7. Melaksanakan kegiatan sosialisasi perda kepada masyarakat 15 0.01
- Mengidentifikasi peraturan daerah yang perlu untuk disosialisasikan kepada masyarakat Dokumen Laporan Kegiatan Sosialisasi Perda 1 5 5 0.00
- Menetapkan target peserta, narasumber dan mempersiapkan dokumen persiapan kegiatan Dokumen Laporan Kegiatan Sosialisasi Perda 1 5 5 0.00
- Pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat. Dokumen Laporan Kegiatan Sosialisasi Perda 1 5 5 0.00
8. Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Dokumentasi Hukum sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang 10 0.01
- Menganalisis dan membahas laporan yang diterima dari pelaksana Dokumen Laporan Kinerja Sub Bagian Dokumentasi Huk 1 2.5 2.5 0.00
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen Laporan Kinerja Sub Bagian Dokumentasi Huk 1 2.5 2.5 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Bagian Hukum Dokumen Laporan Kinerja Sub Bagian Dokumentasi Huk 1 2.5 2.5 0.00
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Bagian Hukum Dokumen Laporan Kinerja Sub Bagian Dokumentasi Huk 1 2.5 2.5 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 274.1 0.21
0 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Bagian Hukum Penyusunan Rencana Kegiatan Sub Bagian Dokumentasi Hukum
2. Beban Kerja Unit Pembagian tugas bawahan
3. Tugas Bawahan Pembimbingan tugas bawahan
4. Rencana Kerja Bagian Hukum Sebagai dasar pelaksanaan tugas
5. Rencana Kerja Sub Bagian Dokumentasi Hukum Sebagai dasar pelaksanaan tugas
6. Hasil tugas bawahan Pemeriksaan hasil tugas bawahan
7. Laporan hasil evaluasi Pengevaluasi Kegiatan
8. Hasil capaian tugas Penyusunan Laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Menyusun Rencana Kegiatan Sub Bagian Dokumentasi Hukum
2. Uraian tugas bawahan Membagi tugas bawahan
3. Petunjuk teknis Membimbing bawahan
4. Peraturan Perundang - undangan Sebagai dasar pelaksanaan tugas
5. Peraturan Perundang - undangan Sebagai dasar pelaksanaan tugas
6. Kerangka acuan kerja Pengevaluasian tugas bawahan
7. Kerangka acuan kerja Menganalisa laporan
8. Rencana Operasional Sub Bagian Dokumentasi Hukum Mengevaluasi pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Ketersediaannya rencana kerja
2. Memeriksa Ketersediaan pembagian tugas
3. Memeriksa Ketersediaannya pedoman operasional
4. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
5. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
6. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
7. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
8. Memfasilitasi Kelengkapan sarana dan prasarana kerja
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi, data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan
4. Mengoreksi kinerja bawahan
5. Mengoreksi kinerja bawahan
6. Mengoreksi laporan bawahan
7. Mengoreksi laporan bawahan
8. Menilai kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Meminta arahan
2. Pelaksana Sekretariat Daerah Kota Memberi arahan
3. Kepala Sub Bagian Perundang-Undangan Sekretariat Daerah Kota Koordinasi
4. Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum Sekretariat Daerah Kota Koordinasi
5. Kepala Sub Bagian Dokumentasi Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Konsultasi dan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan Komputer, Kemampuan Analisis, dan Evaluasi Data
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Membawa
Mendorong
Menarik
Menjangkau
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar