Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Bendahara
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris DPRD
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Umum dan Keuangan
c. Pengawas
:
kepala sub bagian program dan keuangan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan penerimaan, pengeluaran dan pembukuan terkait transaksi keuangan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Diploma III di bidang Akuntansi / Manajemen atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
-
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
pengelolaan keuangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melakukan kegiatan penerimaan, pengeluaran dan pembukuan terkait transaksi keuangan 1066.5 0.85
- melakukan pengajuan surat permintaan pembayaran UOP/GU dan LS dokumen 70 0.5 35 0.03
- melakukan pencatatan pada Buku Kas Umum dokumen 12 20 240 0.19
- melakukan pembayaran panjar dan belanja melalui NCM dan transfer berkas 990 0.25 247.5 0.20
- membuat buku pembantu panjar dokumen 12 10 120 0.10
- membuat buku pembantu rincian per objek belanja dokumen 12 1 12 0.01
- membuat buku pembantu pemungutan dan penyetoran oajak dokumen 12 8 96 0.08
- membuat surat setoran pajak dan menyetor pajak berkas 400 0.5 200 0.16
- membuat laporan pertanggungjawaban UP/GU dokumen 16 5 80 0.06
- membuat laporan pertanggungjawaban bendahara dokumen 12 2 24 0.02
- membuat laporan penutupan kas dokumen 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1066.5 0.85
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Dokumen Rencana Kerja Terkait Transaksi Keuangan sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Membuat Ketersediaanya rencana kerja
2. Melaksanakan kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
 
WEWENANG
Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas
2. Verifikator Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi kerja
3. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan laporan
4. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
5. Verifikator Keuangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
6. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi kerja
7. Verifikator Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
8. Pengadministrasi Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
9. Kepala Sub Bagian Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima instruksi kerja
10. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan printah pelaksanaan tugas
11. Verifikator Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
12. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Laporan pelakasaan tugas
13. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
14. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
15. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
16. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan, kegiatan dan laporan
17. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan, kegiatan dan laporan
18. Sekretaris Kelurahan Kecamatan Padang Panjang Barat koordinasi dan laporan
19. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
20. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
21. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
22. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
23. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang koordinasi, laporan dan konsultasi
24. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi tugas
25. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah Tugas/ Laporan
26. Verifikator Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
27. Pengolah Data Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
28. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
29. Inspektur Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
30. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
31. Verifikator Keuangan Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
32. Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Kepegawaian Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
33. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penyampaian lap. Pertanggung jawaban
34. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penerbitan SP2D
35. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
36. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
37. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
38. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan, kegiatan dan laporan
39. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan, kegiatan dan laporan
40. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
41. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
42. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
43. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah kegiatan dan laporan
44. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang koordinasi, laporan dan konsultasi
45. Kepala Bidang Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
46. Kepala Seksi Perbendaharaan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
47. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Koordinasi
48. Verifikator Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
49. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
50. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
51. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
52. Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
53. Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
54. Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
55. Kepala Seksi Penataan dan Pelestarian Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
56. Kepala Seksi Pengolahan dan Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
57. Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
58. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
59. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
60. Verifikator Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
61. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
62. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
63. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
64. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
65. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
66. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penyampaian Laporan
67. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penerbitan SP2D
68. Sekretaris DPRD Sekretariat DPRD Meminta Arahan
69. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Meminta Arahan
70. Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
71. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
72. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
73. Pengelola Program dan Kegiatan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
74. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
75. Pengadministrasi Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
76. Verifikator Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
77. Penyusun Laporan Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
78. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah tugas
79. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi, Pelaporan
80. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan konsultasi kerja
81. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan konsultasi kerja
82. Sekretaris Dinas Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
83. Kasubag Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
84. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
85. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
86. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
87. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
88. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
89. Verifikator Data Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
90. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
91. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
92. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Memberi Perintah
93. Verifikator Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
94. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Komunikasi dan Informatika laporan , koordinasi dan arahan
95. Pengadministrasi Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
96. Verifikator Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
97. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
98. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
99. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
100. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
101. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
102. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
103. Verifikator Data Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
104. Penyusun Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
105. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
106. Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota arahan tugas
107. Bendahara Sekretariat Daerah Kota koordinasi tugas
108. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
109. Pengadministrasi Keuangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
110. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
111. Analis Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
112. Analis Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan tertutup
2. Suhu sedang
3. Udara baik
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak Baik
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1.
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 50 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
55
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar