Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Bahan Perencanaan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan
IKHTISAR JABATAN
Mengumpulkan, menghimpun, melengkapi data dan informasi untuk kepentingan pengelolaan data perencanaan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D III
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Prajabatan
2). Teknis
:
Diklat Perencanaan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Mengoperasikan Komputer
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mempelajari pedoman dan petunjuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui macam, metode dan teknik dalam mengolah data bahan perencanaan program; 112 0.09
- Mempelajari dokumen sebelumnya dan peraturan perundangan yang berlaku kali 2 2 4 0.00
- Mempelajari rencana program Bidang kali 4 2 8 0.01
- Menyusun konsep metode dan teknik dalam mengumpul dan mengolah data bahan perencanaan program dokumen 4 15 60 0.05
- Mengkonsultasikan konsep yang dibuat kepada pimpinan untuk mendapat arahan kali 4 5 20 0.02
- 5) Memfinalisasi konsep dokumen 4 5 20 0.02
2. Menerima dan meneliti kebenaran data berdasarkan bahan yang masuk sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan yang akan diprioritaskan 72 0.06
- Mempelajari surat masuk/ disposisi pimpinan kali 2 1 2 0.00
- Mencek kesesuaian data dengan bahan yang masuk kali 4 5 20 0.02
- Meneliti kebenaran data dokumen 4 12.5 50 0.04
3. Mengumpulkan dan memeriksa data sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan kegiatan; 162 0.13
- Mempelajari surat masuk/ disposisi pimpinan kali 2 1 2 0.00
- Mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk perencanaan program dokumen 4 5 20 0.02
- Memeriksa keakuratan data kali 4 15 60 0.05
- Mengkonsultasikan keakuratan data kepada pihak terkait kali 4 5 20 0.02
- Memperoleh data yang akurat dokumen 4 15 60 0.05
4. Menganalisis data bahan perencanaan program sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk menghasilkan kebenaran informasi dan volume kegiatan berdasarkan laporan yang masuk; 67 0.05
- Mempelajari surat masuk/disposisi pimpinan dan peraturan yang terkait kali 2 1 2 0.00
- Menganalisis data bahan perencanaan program dokumen 4 12.5 50 0.04
- Mencek kesesuaian data bahan perencanaan program dengan dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dokumen 4 3.75 15 0.01
5. Menyusun rekapitulasi kegiatan berdasarkan data bahan perencanaan program yang masuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui volume dan jenis data bahan perencanaan program yang akan diolah 76 0.06
- ) Mengumpulkan rencana kegiatan dari masing masing dari bidang dokumen 4 12.5 50 0.04
- Menyusun rekapitulasi rencana kegiatan dokumen 2 10 20 0.02
- Menyampaikan rekapitulasi rencana kegiatan kepada pimpinan kali 2 3 6 0.00
6. Mencatat perkembangan dan permasalahan data bahan perencanaan program secara periodik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui langkah pemecahannya 91 0.07
- Mencatat perkembangan data bahan perencanaan program dokumen 2 10 20 0.02
- Mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam pengumpulan dan pengolahan data dokumen 2 25 50 0.04
- Mengkonsultasikan perkembangan dan permasalahan kepada pimpinan untuk mendapat arahan kali 2 3 6 0.00
- Mengetahui solusi/ cara untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi kali 2 7.5 15 0.01
7. Mengolah dan menyajikan data bahan perencanaan program dalam bentuk yang telah ditetapkan sebagai bahan proses lebih lanjut 134 0.11
- Mempelajari surat masuk/ disposisi pimpinan dan peraturan yang terkait kali 2 2 4 0.00
- Mengolah dan menyajikan data bahan perencanaan program dokumen 2 15 30 0.02
- Membuat konsep perencanaan program Badan dokumen 2 15 30 0.02
- Mengkonsultasikan konsep yang dibuat kepada pimpinan kali 4 2.5 10 0.01
- Memfinalisasi konsep dokumen 2 30 60 0.05
8. Mendokumentasikan semua data/bahan/ surat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar apabila sewaktu-waktu diperlukan lagi data tersebut mudah dicari. 90 0.07
- Mengumpulkan arsip-arsip/dokumen/surat yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas kali 4 15 60 0.05
- Menyiapkan map folder, otner, boks arsip dan rak arsip kali 6 1 6 0.00
- Menyimpan arsip kali 24 1 24 0.02
9. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan secara tertulis dan lisan kepada atasan sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban. 94 0.08
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas dokumen 2 2 4 0.00
- Mengumpulkan arsip-arsip / dokumen pelaksanaan diklat sebagai bahan lampiran dalam Laporan dokumen 2 15 30 0.02
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas. dokumen 2 30 60 0.05
10. Melaksanakan tugas-tugas lain lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan 63 0.05
- Menerima Disposisi terkait pelaksanaan tugas Kegiatan 1 3 3 0.00
- menyiapkan bahan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas Dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan tugas sesuai dengan disposisi yang diberikan Kegiatan 1 12 12 0.01
- Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan Laporan 1 24 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 961 0.77
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Sebagai dasar Pelaksanaan Kegiatan
2. Disposisi/perintah atasan Pedoman dan petunjuk
3. Data bahan perencanaan Penyusunan rekap bahan
4. Surat Masuk dan Keluar Pendokumentasian
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer, Printer, USB, ATK, Jaringan internet dan alat komunikasi internet dan alat komunikasi Alat penunjang pekerjaan
TANGGUNG JAWAB
1. Menghimpun Dokumen bahan perencanaan dari OPD
2. Menginventarisasi Dokumen bahan perencanaan dari OPD
3. Mengagendakan Surat Masuk dan Keluar Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan
4. Memeriksa Dokumen bahan perencanaan dari OPD
 
WEWENANG
Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan di Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Pelaporan pelaksanaan tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Dingin dengan perubahan
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di sudut ruangan
6. Penerangan Terang
7. Suara Jelas
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 23 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar