Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan
IKHTISAR JABATAN
Mengumpulkan, Menyusun, menyelenggarakan kerjasama antar OPD terkait pengelolaan data, menganalisis dan menyajikan data sebagai bahan penyusunan perencanaan pembangunan daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Sistem Informasi/Statistik
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Prajab, Diklat PIM
2). Teknis
:
DiklatMonitoring, Data dan Informasi, RencanaPembangunan Daerah, DiklatDokumenPerencanaan Pembangunan Daerah, Diklat SAKIPdan DiklatPengadaanBarang dan Jasa
c. Pengalaman Kerja
:
Minimal 1 tahun di bidangData dan Informasidan PPK Kegiatan
d. Pengetahuan Kerja
:
Tentang perencanaan, evaluasi, statistik
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bidang Pemerintahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 336 0.27
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan kali 48 2 96 0.08
- Mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh bawahan kali 48 1 48 0.04
- Menganalisis permasalahan bersama atasan untuk menentukan solusi terbaik kali 144 1 144 0.12
- Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang dialami kali 48 1 48 0.04
2. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 360 0.29
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan kali 48 1 48 0.04
- Menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja kali 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan kali 12 1 12 0.01
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen 240 1 240 0.19
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan Kali 48 1 48 0.04
3. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 309 0.25
- Menyusun Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Standar Operasional Prosedur sesuai dengan bidang tugas subbid pemerintahan Dokumen 2 25 50 0.04
- Mempelajari dan menganalisis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik Kali 3 2 6 0.00
- Mengkonsultasikan Konsep Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Standar Operasional Prosedur Kali 2 3 6 0.00
- Finalisasi Sistem Pemerintah dan Standar Operasional Prosedur Dokumen 2 2 4 0.00
- menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik dalam setiap pelaksanaan kegiatan Kali 1 240 240 0.19
- Melaporkan hasil pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik kepada atasan Kali 3 1 3 0.00
4. Melaporkan hasil kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 17 0.01
- Menyusun konsep laporan hasil pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan Dokumen 1 5 5 0.00
- Mengumpulkan data dukung laporan hasil kegiatan Dokumen 10 0.5 5 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Kali 1 2 2 0.00
- Memfinalisasi laporan hasil kegiatan Dokumen 1 5 5 0.00
5. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 192 0.15
- Mempelajari tugas Kali 48 1 48 0.04
- Menjalankan tugas Kali 48 2 96 0.08
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan kali 48 1 48 0.04
6. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan sesuai dengan program kerja Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas 83.2 0.07
- Menyiapkan bahan literatur, mencari referensi di internet untuk di baca dan dipelajari Dokumen 8 1 8 0.01
- Mempelajari Peraturan Perundang-undangan dan literatur lainnya yang terkait dalam penyusunan rencana kerja Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan. Dokumen 8 1 8 0.01
- Membuat konsep rencana kerja kegiatan sub bidang Data dan Informasi pembangunan Dokumen 16 1 16 0.01
- Membuat rencana kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi pembangunan Dokumen 16 1 16 0.01
- Menkonsultasikan konsep rencana kegiatan Sub Bidang data dan Informasi Pembangunan kepada atasan untuk mendapatkan arahan Kali 32 1 32 0.03
- Memfinalisasi dan menetapkan konsep rencana kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan Dokumen 32 0.1 3.2 0.00
7. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan 300 0.24
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Kali 48 2 96 0.08
- Memaparkan rencana kegiatan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan kepada bawahan Kali 48 2 96 0.08
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan Dokumen 48 1 48 0.04
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Kali 48 1 48 0.04
- Menentukan target waktu penyelesaian Kali 12 1 12 0.01
8. mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang 84 0.07
- menyesuaikan pelaksanaan kegiatan dengan rencana kegiatan kali 6 12 72 0.06
- menghimpun saran dan masukan dari atasan dan bawahan mengenai pelaksanaan kegiatan di lingkungan Data dan Informasi Pembangunan kali 1 2 2 0.00
- mengidentifikasi permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan kali 1 5 5 0.00
- mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan atasan kali 1 2 2 0.00
- memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya kali 1 3 3 0.00
9. Melaksanakan analisis data dan informasi dan menyelenggaraan kerjasama antar perangkat daerah dan instansi sesuai aturan yang berlaku untuk pengelolaan data-data yang terkait dengan perencanaan pembangunan 83 0.07
- Menentukan konsep kegiatan yang akan dilaksanakan Kegiatan 1 2 2 0.00
- Mempelajari DPA dan ketersediaan anggaran kegiatan Dokumen 1 2 2 0.00
- Menganalisa bahan evaluasi sebagai perencanaan kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan persiapan, pelaksanaan rapat forum satu data Dokumen 1 2 2 0.00
- Rapat koordinasi intern untuk menentukan para pihak yang akan terlibat serta jadwal persiapan dan pelaksanaan kegiatan Kali 1 1 1 0.00
- Membuat SK Tim Forum Data sampai ditandatangani Dokumen 2 1 2 0.00
- Membuat presentasi bahan rapat forum satu data Dokumen 4 3 12 0.01
- Melengkapi dokumen administrasi yang dibutuhkan untuk rapat forum data Dokumen 24 1 24 0.02
- Mengadakan rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Kali 4 2 8 0.01
- Melaksanakan rapat pembentukan forum data dan rapat koordinasikegiatan pengelolaan data melalui forum data tingkat kota Kali 4 4 16 0.01
- Membuat notulen rapat hasil forum satu data Notulen 4 1 4 0.00
- Mendiskusikan hasil pelaksanaan kegiatan kepada atasan Kali 4 1 4 0.00
- Melakukan konsultasi dengan atasan tentang laporan akhir kegiatan forum satu data kepada Walikota Kali 2 1 2 0.00
- Membuat surat pengantar laporan final forum satu data Surat 1 1 1 0.00
- Menyerahkan laporan final forum satu data berupa buku tentang elemen data pembangunan daerah Laporan 1 2 2 0.00
10. Melaksanakan dan menyelenggarakan kebijakan teknis pendataan perencanaan pembangunan sesuai dengan aturan yang berlaku sebagai bahan dalam penyusunan pembangunan daerah 437.25 0.35
- Menentukan konsep kegiatan yang akan dilaksanakan Dokumen 1 2 2 0.00
- Mempelajari DPA dan ketersediaan anggaran kegiatan Kali 1 2 2 0.00
- Menganalisa bahan evaluasi sebagai perencanaan kegiatan Dokumen 24 1 24 0.02
- Menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan Dokumen 1 2 2 0.00
- Menganalisa kriteria kebutuhan penggunaan data dan informasi untuk dijadikan acuan pemilihan elemen data Dokumen 1 1 1 0.00
- Melakukan koordinasi dengan atasan terkait kriteria acuan pemilihan elemen data Kali 1 2 2 0.00
- Menentukan sumber elemen data yang akan dihimpun Dokumen 96 0.25 24 0.02
- Membuat format laporan elemen data pembangunan daerah yang akan di input Dokumen 1 2 2 0.00
- Menentukan jenis kriteria pada setiap elemen data pembangunan yang dihimpun Indikator 2400 0.01 24 0.02
- Melakukan koordinasi dengan atasan mengenai pihak-pihak yang akan terlibat pada kegiatan pengelola data pembangunan daerah Kali 1 1 1 0.00
- Membentuk Tim melalui SK Kepala Badan Dokumen 1 3 3 0.00
- Melakukan konsultasi dengan atasan mengenai persiapan rapat dengan tim pengelola elemen data pembangunan daerah Kali 4 1 4 0.00
- Membuat presentasi bahan rapat Dokumen 4 3 12 0.01
- Melengkapi administrasi yang dibutuhkan untuk rapat Dokumen 12 1 12 0.01
- Melakukan rapat koordinasi penyusunan dan pengelolaan data pembangunan Kali 4 4 16 0.01
- Menganalisa permasalahan terkait hasil entry elemen data yang telah dihimpun dari OPD Dokumen 24 5.25 126 0.10
- Melakukan koordinasi dengan OPD terkait perihal elemen data yang telah di analisa Kali 24 4 96 0.08
- Melakukan konsultasi dengan atasan terkait elemen data yang telah di analisa Kali 2 4 8 0.01
- Memfinalisasi data Dokumen 24 2 48 0.04
- Menyusun narasi buku elemen data pembangunan daerah Buku 1 26.25 26.25 0.02
- Melaporkan hasil rencana aksi pengelolaan dan penyajian data pembangunan daerah Dokumen 1 2 2 0.00
11. Menyusun, mengelola dan menyajikan data pembangunan daerah sebagai bahan penyusunan rencana pembangunan daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku 593 0.47
- Menentukan konsep kegiatan yang akan dilaksanakan Kegiatan 1 2 2 0.00
- Mempelajari DPA dan ketersediaan anggaran kegiatan Dokumen 2 1 2 0.00
- Menganalisa bahan evaluasi sebagai perencanaan kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan Dokumen 1 2 2 0.00
- Membuat analisa kebutuhan SI Perencanaan Dokumen 6 15.75 94.5 0.08
- Membuat rancang bangun aplikasi Dokumen 6 21 126 0.10
- Melakukan rapat koordinasi dengan atasan terkait alur program aplikasi Kali 4 6 24 0.02
- Melakukan arahan terkait pengerjaan modul aplikasi dengan programmer Kali 48 1 48 0.04
- Monitoring pekerjaan programmer Kali 271 0.5 135.5 0.11
- Mendokumentasikan rancangan pengembangan sistem berupa buku panduan Dokumen 6 15.75 94.5 0.08
- Melakukan Testing aplikasi Kali 12 2 24 0.02
- Melaporkan hasil akhir pengembangan aplikasi kepada atasan dan pembahasan jadwal sosialisasi modul musrenbang Kali 1 6 6 0.00
- Membuat surat permintaan personil ke OPD terkait bimtek modul aplikasi musrenbang Dokumen 2 2 4 0.00
- Membuat presentasi bahan rapat Dokumen 1 3 3 0.00
- Melengkapi kelengkapan administrasi yang dibutuhkan Dokumen 6 2 12 0.01
- Melaksanakan Bimtek Aplikasi Kali 2 5.25 10.5 0.01
- Membuat notulen Notulen 2 1 2 0.00
- Melaporkan hasil pekerjaan kepada atasan Laporan 1 2 2 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2794.45 2.24
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Regulasi tentang data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Sebagai dasar Pelaksanaan Kegiatan
2. Disposisi/perintah atasan Petunjuk kerja
3. Renstra, Renja OPD (Serta Perubahan), Laporan Evaluasi, Buku Padang Panjang Dalam Angka Bahan acuan pengisian elemen data SIPD
4. Sistem Infomasi Perencanaan Sebelumnya Bahan pembanding untuk pembuatan Sistem Informasi terbaru
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Seperangkat komputer Untuk menyelesaikan tugas kedinasan
2. ATK Untuk menunjang pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan program dan kegiatan
2. Memeriksa kualitas dan kelengkapan elemen data yang di entry OPD
3. Melaksanakan bimtek aplikasi
4. Memfasilitasi rapat forum satu data sebagai Sekretariat Forum Satu Data
5. Membuat Aplikasi perencanaan
 
WEWENANG
1. Merencanakan dan menjadwalkan pekerjaan yang berorientasi pada output yaitu penyusunan prediksi makro ekonomi daerah, buku profil daerah, informasi pengelolaan data, informasi publik yang dimuat dalam website pemerintah daerah dan fasilitasi forum data daerah
2. Menyesuaikan kelas pegawai atau prosedur kerja jabatan pelaksana di bawahnya
3. Menyempurnakan metode dan prosedur kerja yang digunakan dalam pekerjaan data dan informasi pembangunan
4. Mengawasi pengembangan data, estimasi, statistik, saran, dan informasi lain dalam sub Bidang Data dan Informasi yang berguna untuk Kepala Bidang dan Kepala Badan dalam menentukan tujuan dan sasaran yang diutamaka
5. Memutuskan metodologi yang digunakan untuk menyelesaikan kegiatan dalam data dan informasi pembangunan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
2. Analis Data dan Informasi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
3. Pengelola Data Pelaksanaan Program dan Anggaran Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan semi tertutup
2. Suhu Dingin dengan perubahan
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Jelas
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 25 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
Sedang
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O2, Mengajar
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar