Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan, Kepala Sub Bidang Data dan Informasi Pembangunan
IKHTISAR JABATAN
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan sesuai dengan program kerja Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas 2. Menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian dan evaluasi perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai bahan dalam perumusan kebijakan perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah 3. Menyusun dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan dengan hasil pelaksanaan pembangunan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan kebijakan daerah 4. Menyusun dan melaksanakan pengendalian melalui pemantauan dan supervisi terhadap dokumen perencanaan yang sesuai dengan perencanaan pembangunan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pemantauan pelaksanaan pembangunan daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SI
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklatpim
2). Teknis
:
Diklat teknis
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional umum
d. Pengetahuan Kerja
:
Juklak dan juknis penyusunan laporan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan sesuai dengan program kerja Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas 108 0.09
- Menyiapkan bahan literatur, mencari referensi di internet untuk di baca dan dipelajari Dokumen 7 1 7 0.01
- Mempelajari Peraturan Perundang-undangan dan literatur lainnya yang terkait dalam penyusunan rencana kerja Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan. Dokumen 7 1 7 0.01
- Menelaah program kerja Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan sistem Informasi khususnya Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Kegiatan 14 1 14 0.01
- Menyusun konsep rencana kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Dokumen 16 1 16 0.01
- Menkonsultasikan konsep rencana kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan kepada atasan untuk mendapatkan arahan Kali 32 1 32 0.03
- Memfinalisasi dan menetapkan konsep rencana kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Dokumen 32 1 32 0.03
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan 300 0.24
- menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Kali 48 2 96 0.08
- memaparkan rencana kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan kepada bawahan Kali 48 2 96 0.08
- menghimpun saran dan masukan dari bawahan Dokumen 48 1 48 0.04
- memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Kali 48 1 48 0.04
- menentukan target waktu penyelesaian Kali 12 1 12 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 336 0.27
- menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan Kali 48 2 96 0.08
- mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh bawahan kali 48 1 48 0.04
- menganalisis permasalahan bersama atasan untuk menentukan solusi terbaik Kali 144 1 144 0.12
- memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang dialami Kali 48 1 48 0.04
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 360 0.29
- menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan Kali 48 1 48 0.04
- menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja Kali 12 1 12 0.01
- mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan Kali 12 1 12 0.01
- membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen 240 1 240 0.19
- memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan Kali 48 1 48 0.04
5. Menyiapkan bahan pelaksanaan pengendalian dan evaluasi perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai bahan dalam perumusan kebijakan perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah 104.96 0.08
- Menyusun target waktu kegiatan dari persiapan bahan sampai finalisasi laporan Dokumen 1 1 1 0.00
- Mengumpulkan regulasi yang menjadi acuan penyusunan laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan daerah baik yang bersumber dari APBD maupun APBN Dokumen 1 1 1 0.00
- Mengumpulkan dan menganalisa laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan tahun sebelumnya serta peraturan perundangan yang berlaku sebagai bahan untuk menyusun bentuk/format laporan terbaru Dokumen 10 1 10 0.01
- Koordinasi dan arahan dari atasan mengenai bentuk laporan yang akan di bagikan ke OPD Kali 1 2 2 0.00
- Membuat bentuk/format laporan pengendalian dan laporan evaluasi perencanaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku Form 18 1 18 0.01
- Menyiapkan dan membagikan blanko laporan kepada OPD untuk diisi sesuai dengan capaian kinerja program dan kegiatan Laporan 456 0.16 72.96 0.06
6. Menyusun dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan dengan hasil pelaksanaan pembangunan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan kebijakan daerah 1353 1.08
- Menyusun jadwal pelaksanaan koordinasi kebijakan dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan Dokumen 1 2 2 0.00
- Mempelajari DPA dan ketersediaan anggaran kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Mengimpun bahan dan Menganalisa laporan evaluasi, peraturan dan undang-undang yang terkait untuk menentukan arah kegiatan Laporan 19 0.5 9.5 0.01
- Rapat koordinasi intern untuk menentukan para pihak yang akan terlibat pada kegiatan rapat 1 2 2 0.00
- Membuat SK Tim Penyusun dan Pengelola Lap Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan melalui SK Kepala BAPPEDA Dokumen 1 3 3 0.00
- Rapat intern dengan atasan, terkait persiapan rapat koordinasi penyusunan laporan pengendalian dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan rapat 24 0.5 12 0.01
- Menyiapkan administrasi dan bahan persentasi Dokumen 24 1 24 0.02
- melaksanakan rapat koordinasi penyusunan laporan pengendalian dan evaluasi dokumen perencanaan dengan tim dan OPD Kali 24 4 96 0.08
- Menghimpun bahan laporan dari OPD Laporan 456 0.16 72.96 0.06
- Mengolah dan menganalisa data dari OPD bersama Tim dengan membandingkan realisasi kegiatan dengan perencanaan Laporan 456 1 456 0.36
- Melakukan koordinasi dengan OPD mengenai hasil analisa laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan, apabila terjadi penyimpangan/ketidaksesuaian agar bisa diperbaiki/disempurnakan Kali 456 0.5 228 0.18
- Menganalisa kembali revisi/penyempurnaan laporan dari OPD tentang pelaksanaan kebijakan dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan Laporan 455 0.5 227.5 0.18
- Menyampaikan kepada atasan tentang hasil pengendalian dan evaluasi perencanaan yang telah di olah dan analisa Kali 19 0.16 3.04 0.00
- Menyusun dan finalisasi laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan Laporan 432 0.5 216 0.17
7. Menyusun dan melaksanakan pengendalian melalui pemantauan dan supervisi terhadap dokumen perencanaan yang sesuai dengan perencanaan pembangunan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pemantauan pelaksanaan pembangunan daerah 192.5 0.15
- Menyusun jadwal pelaksanaan koordinasi kebijakan dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan Dokumen 1 2 2 0.00
- Mempelajari DPA dan ketersediaan anggaran kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Menghimpun bahan dan menganalisa laporan evaluasi, peraturan dan undang-undang yang terkait untuk menentukan arah kegiatan Laporan 19 0.5 9.5 0.01
- Rapat koordinasi intern untuk menentukan para pihak yang akan terlibat pada kegiatan Rapat 1 1 1 0.00
- membentuk Tim melalui SK Kepala Bappeda tentang Pemantauan dan Supervisi Dokumen Perencanaan Dokumen 1 3 3 0.00
- mengadakan rapat persiapan pemantauan dan supervisi ke OPD serta rapat hasil pemantauan dan supervisi bersama Tim dan OPD terkait Kali 16 4 64 0.05
- menyiapkan bahan bahan yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan pemantauan dan supervisi Dokumen 16 0.5 8 0.01
- melaksanakan pemantauan dan supervisi bersama tim Kali 8 8 64 0.05
- Menghimpun, mengolah dan menganalisa hasil pemantauan dan supervisi bersama tim sebagai bahan tambahan untuk pelaporan pelaksanaan kebijakan dan evaluasi terhadap dokumen perencanaan Dokumen 8 1 8 0.01
- Menyusun laporan hasil pemantauan dan supervisi Laporan 8 2 16 0.01
- Rapat koordinasi dengan atasan tentang pelaksanaan kegiatan pemantauan dan supervisi Kali 8 1 8 0.01
- Memfinalisasi hasil laporan pemantauan dan supervisi Buku 8 1 8 0.01
8. Melakukan koordinasi dalam kegiatan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan dalam perumusan kebijakan daerah 159.5 0.13
- Menyusun jadwal pelaksanaan koordinasi kegiatan pengendalian dan evaluasi perencanaan dengan Propinsi dan Pemerintah Pusat Dokumen 1 2 2 0.00
- Mempelajari DPA dan ketersediaan anggaran kegiatan Dokumen 1 1 1 0.00
- Menghimpun bahan dan menganalisa laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah Laporan 19 0.5 9.5 0.01
- Mempersiapkan administrasi dan laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan untuk bahan konsultasi dan koordinasi ke Pusat dan Propinsi Dokumen 48 1 48 0.04
- Melakukan konsultasi dan koordinasi kegiatan penendalaian dan evaluasi Perencanaan ke Pemerintah Pusat dan Propinsi Kali 12 5.25 63 0.05
- menyusun hasil rapat koordinasi kegiatan pengendalaian dan evaluasi Perencanaan Dokumen 24 1 24 0.02
- Mendiskusikan dan menerima arahan dari hasil rapat koordinasi dengan atasan dalam kegiatan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah Kali 12 0.5 6 0.00
- Melaporkan hasil pelaksanaan pengendalian evaluasi perencanan pembangunan kepada atasan Laporan 12 0.5 6 0.00
9. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang 21 0.02
- menghimpun saran dan masukan dari atasan dan bawahan mengenai pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pemerintahan kali 6 2 12 0.01
- mengidentifikasi permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pemerintahan kali 1 2 2 0.00
- mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan atasan kali 1 5 5 0.00
- memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya kali 1 2 2 0.00
10. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 66 0.05
- menyusun Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Standar Operasional Prosedur sesuai dengan bidang tugas Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan. Dokumen 2 25 50 0.04
- mempelajari dan menganalisis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik Kali 3 2 6 0.00
- menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik dalam setiap pelaksanaan kegiatan Kali 2 3 6 0.00
- melaporkan hasil pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik kepada atasan Laporan 2 2 4 0.00
11. Melaporkan hasil kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 22 0.02
- menyusun konsep laporan hasil pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Pemerintahan dokumen 2 5 10 0.01
- mengumpulkan data dukung laporan hasil kegiatan dokumen 10 0.5 5 0.00
- mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Kali 1 2 2 0.00
- memfinalisasi laporan hasil kegiatan dokumen 1 5 5 0.00
12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 192 0.15
- mempelajari tugas Kali 48 1 48 0.04
- menjalankan tugas Kali 48 2 96 0.08
- melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan Kali 48 1 48 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 3214.96 2.57
3 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Regulasi tentang pengendalian dan evaluasi Petunjuk kerja
2. Disposisi/perintah atasan Petunjuk kerja
3. Kertas cetak Untuk membuat memo/ konsep surat
4. Konsep surat/ laporan/ memo Untuk diketik
5. Tinta Untuk mencetak konsep surat/ laporan/ memo
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Seperangkat komputer Untuk menyelesaikan tugas kedinasan
2. ATK Untuk menunjang pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Menyiapkan Format laporan pengendalian dan evaluasi APBD dan APBN
2. Menyampaikan Form laporan pengendalian dan evaluasiAPBN dan APBD ke OPD
3. Menghimpun Laporan pengendalian dan evaluasi dari OPD
4. Menganalisis Laporan pengendalian dan evaluasi dari OPD
5. Mengolah Laporan Akhir Evaluasi dan Pengendalian
6. Menyampaikan Laporan Akhir Evaluasi dan Pengendalian
 
WEWENANG
1. Menyelenggarakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi
2. Memverifikasi naskah dinas agar terpenuhinya format, sistematika laporan yang benar dan aspek legalitas dokumen kebijakan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
2. Pengelola Pengendalian Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
3. Pengevaluasi Program dan Kinerja Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
4. Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan tertutup
2. Suhu Dingin dengan perubahan
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di sudut ruangan
6. Penerangan Terang
7. Suara Jelas
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Melihat
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
46
Tinggi Badan (cm)
:
155
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
Ramping
Penampilan
:
Rapi dan Modis
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O2, Mengajar
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar