Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Pembangunan Manusia
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Merencanakan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan program kerja Bidang Pembangunan Manusia Sosial Budaya dan Pemerintah sebagai pedoman tugas
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklatpim
2). Teknis
:
Diklat teknis
c. Pengalaman Kerja
:
minimal 5 tahun menjadi Fungsional umum di golongan III, mengikuti bimtek, diklat PIM 4
d. Pengetahuan Kerja
:
Manajerial
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan program kerja Bidang Pembangunan Manusia Sosial Budaya dan Pemerintah sebagai pedoman tugas 50 0.04
- Menelaah program kerja Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 10 1 10 0.01
- Menyusun konsep rencana kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 10 2 20 0.02
- Mengkonsultasi konsep rencana kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan kali 10 1 10 0.01
- Memfinalisasi dan menetapkan konsep rencana kegiatan di Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai arahan atasan Dokumen 10 1 10 0.01
2. Membagi tugas kepada bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan beban kerja dan tanggung jawabnya masing masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas 360 0.29
- Membuat Konsep Rencana Kerja Dokumen 15 4 60 0.05
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan bawahan kali 48 2 96 0.08
- Memaparkan rencana kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia kali 48 2 96 0.08
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan kali 48 1 48 0.04
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan kali 48 1 48 0.04
- Menentukan target waktu penyelesaian kali 12 1 12 0.01
3. Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 336 0.27
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan kali 48 2 96 0.08
- Mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh bawahan kali 48 2 96 0.08
- Mengalisis permasalahan bersama dengan atasan untuk menentukan solusi terbaik kali 48 2 96 0.08
- Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang dialami Kali 48 1 48 0.04
4. Memerikasa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 180 0.14
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan kegiatan 48 1 48 0.04
- Menentukan standar kualitas dan kuantitas hasil kerja Dokumen 2 12 24 0.02
- Mengidentifikasikan kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan kegiatan 2 12 24 0.02
- membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan Dokumen 12 5 60 0.05
5. Melaksnakan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan 369 0.30
- Mengumpulkan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan Pembangunan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 1 3 0.00
- Mengkaji Data Kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 1 3 0.00
- Menganalisa pelaksanaan perencanaan pembangunan Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 24 72 0.06
- Menyusun laporan pelaksanaan perencanaan pembagunan Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 24 72 0.06
- Memverifikasi hasil laporan pelaksanaan perencanaan pembangunan Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 24 72 0.06
- Menyampaikan hasil laporan pelaksanaan perencanaan pembangunan Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 1 3 0.00
- Memantau pelaksanaan kegiatan pelaksanaan perencanaan pembagunan Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 24 72 0.06
- Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelaksanaan perencanaan pembangunan Daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 24 72 0.06
6. Mempersiapkan analisis dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan Kementrian Lembaga dan Propinasi serta kebijakan daerah lainnya di Sub Bidang Pembangunan Manusia berdasarkan tugas dan fungsi agar penyusunan perencanaan lebih terarah 1004 0.80
- Mempelajari dan menganalisa peraturan pemerintah terkait pelaksanaan kegiatan Dokumen 5 2 10 0.01
- menyusun konsep rencana kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 2 5 10 0.01
- Membuat Konsep surat menyurat terkait dengan rencana kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 2 5 10 0.01
- Menyusun dan membuat Konsep Rancangan SK yang terkait dengan Kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 2 5 10 0.01
- Finalisasi SK yang terkait dengan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 2 5 10 0.01
- Mengongsep dan membuat undangan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 2 5 10 0.01
- Melaksanakan rapat rapat kegiatan Sub. Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 32 5 160 0.13
- Menghimpunn dan mengumpulkan Bahan rapat dari TIM terkait kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 7 25 175 0.14
- Membuat Laporan hasil rapat pelaksanaan kegiatan Dokumen 32 2 64 0.05
- Mengumpulkan data dan dokumentasi terkait dengan pelaporan kegiatan Dokumen 7 25 175 0.14
- Koordinasi dengan OPD terkait tentang pembuatan laporan Dokumen 24 5 120 0.10
- Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Dokumen 2 50 100 0.08
- mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Bidang Dokumen 2 5 10 0.01
- Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan kegiatan Dokumen 2 5 10 0.01
- Proses Editing dan Cetak Laporan Kegiatan Dokumen 2 60 120 0.10
- Melaporkan hasil kegiatan kepada atasan Dokumen 2 5 10 0.01
7. Mempersiapkan analisis dan perumusan serta memfasilitasi perencanaan bidang Pembangunan Manusia berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pertimbangan teknis kebijakan strategi Daerah 1165 0.93
- Menerima Dokumen perencanaan dari kepala Bidang Dokumen 3 1 3 0.00
- Mempelajari Dokumen perencanaan Dokumen 3 180 540 0.43
- menganalisa Dokumen perencanaan Dokumen 3 180 540 0.43
- Fasilitasi OPD terkai tentang dokumen perencanaan Dokumen 3 26 78 0.06
- Melaporkan hasil kegiatan kepada atasan langsung Dokumen 4 1 4 0.00
8. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia dengan cara menindentifikasi hambatan yang ada dalam rangka oerbaikan kinerja dimasa mendatang 66 0.05
- Menyesuaikan pelaksanaan kegiatan dengan rencana kegiatan Dokumen 3 5 15 0.01
- Mengumpulkan bahan pelaksanaan kegiataan dari bawahan kali 3 5 15 0.01
- Mengidentifikasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia Dokumen 3 5 15 0.01
- Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan atasan Kali 6 2 12 0.01
- Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan Kali 3 3 9 0.01
9. Melaksanakan Sistem Pengendalian intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 86 0.07
- Mempelajari dan menganalisa SPIP, SOP dan SPP kali 2 10 20 0.02
- Menyusun dan Mengonsep SPIP, SOP kali 2 3 6 0.00
- Mengonsultasikan konsep SPIP, SOP dengan atasan kali 2 2 4 0.00
- Finalisasi SPIP, SOP kali 2 25 50 0.04
- Melaporkan hasil SPIP, SOP, SPP kepada atasan kali 2 1 2 0.00
- Menerapkan SPIP dan SOP kali 2 2 4 0.00
10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai hasil identifikasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tugas untuk perbaikan kinerja di masa akan datang 384 0.31
- Menentukan target kerja sesuai dengan rencana kegiatan kali 48 2 96 0.08
- Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan kali 48 2 96 0.08
- Menginventasikan permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia dan Analisis Beban Kerja (ABK) kali 48 2 96 0.08
- Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan kali 24 2 48 0.04
- Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan kali 24 2 48 0.04
11. Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggung jawaban dan rencana kerja yang akan datang 192 0.15
- Menganalisis laporan yang diterima dari bawahan Dokumen 2 24 48 0.04
- Membahas bahan laporan dengan bawahan Dokumen 2 12 24 0.02
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen 2 24 48 0.04
- Mengkonsultasikan konseo laporan kepada atasan Dokumen 2 12 24 0.02
- Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas Dokumen 2 24 48 0.04
12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis 192 0.15
- Mempelajari tugas kali 48 1 48 0.04
- Menjalankan Tugas kali 48 2 96 0.08
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan kali 48 1 48 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 4384 3.5
4 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. DPA, Visi Misi, RPJMD, SPKD, Standar Biaya Merencanakan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan program kerja Bidang Pembangunan Manusia Sosial Budaya dan Pemerintah sebagai pedoman tugas
2. Peraturan daerah, peraturan walikota, SK Kegiatan, tupoksi Membagi tugas kepada bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan beban kerja dan tanggung jawabnya masing masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas
3. SK jabatan, SK kegaitan, SOP Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
4. Peraturan Daerah, Permendagri Memerikasa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan
5. RKPD, DPA, SK Walikota, Data BPS Melaksnakan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan
6. Peraturan pemerintah, SK TKPK, SK Kegaitan, SK Tim, Permendagri Mempersiapkan analisis dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan Kementrian Lembaga dan Propinasi serta kebijakan daerah lainnya di Sub Bidang Pembangunan Manusia berdasarkan tugas dan fungsi agar penyusunan perencanaan lebih terarah
7. RKPD, Renja, DPA, SK kegiatan, SPKD Mempersiapkan analisis dan perumusan serta memfasilitasi perencanaan bidang Pembangunan Manusia berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pertimbangan teknis kebijakan strategi Daerah
8. Renja, SPA, SK kegiatan Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia dengan cara menindentifikasi hambatan yang ada dalam rangka oerbaikan kinerja dimasa mendatang
9. SIPD, SOP, SPP Melaksanakan Sistem Pengendalian intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
10. Renja, SK Kegaitan, DPA Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai hasil identifikasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tugas untuk perbaikan kinerja di masa akan datang
11. Permendagri, Peraturan Pemerintah, SK Walikota, SK Kegiatan, DPA Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggung jawaban dan rencana kerja yang akan datang
12. Permendagri, Peraturan daerah, Peraturan walikota, SK kegiatan Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Permendagri, UU tentang pemerintahan, Peraturan Pemerintah, Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, SK Walikota, Perangkat Komputer, Harddisk, ATK Merencanakan kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan program kerja Bidang Pembangunan Manusia Sosial Budaya dan Pemerintah sebagai pedoman tugas
2. Renja, DPA, SK Walikota, Perangkat komputer, Hardisk dan ATK Membagi tugas kepada bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan beban kerja dan tanggung jawabnya masing masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas
3. Surat keputusan walikota, SK kegiatan, Tupoksi, ATK, File data Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
4. SK walikota tentang uraian tugas, SK kegiatan, ATK, file data Memerikasa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan
5. UU yang terkait, data, perangkat komputer, ATK, file data Melaksanakan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah Sub Bidang Pembangunan Manusia berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan
6. Undang-undang terkait, peraturan pemerintah, SK Walikota, SK kegiatan, SK tim, Data, perangkat komputer, ATK Mempersiapkan analisis dan koordinasi pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi kegiatan Kementrian Lembaga dan Propinasi serta kebijakan daerah lainnya di Sub Bidang Pembangunan Manusia berdasarkan tugas dan fungsi agar penyusunan perencanaan lebih terarah
7. Renja, dokumen, data, perangkat komputer, ATK, RKPD, file data Mempersiapkan analisis dan perumusan serta memfasilitasi perencanaan bidang Pembangunan Manusia berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pertimbangan teknis kebijakan strategi Daerah
8. Renja, DPA, SK kegiatan, perangkat komputer, ATK, Dokumentasi Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia dengan cara menindentifikasi hambatan yang ada dalam rangka oerbaikan kinerja dimasa mendatang
9. SPIP, SOP, Data, Perangkat komputer, ATK Melaksanakan Sistem Pengendalian intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas
10. Dokumen, Data, perangkat komputer, ATK/file data Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai hasil identifikasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan tugas untuk perbaikan kinerja di masa akan datang
11. Data, dokumen, perangkat komputer, ATK/file data Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bidang Pembangunan Manusia sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggung jawaban dan rencana kerja yang akan datang
12. Peraturan yang terkait, SK walikota, SK kegaitan, standa biaya, file data Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Program dan Kegiatan Sub Bidang Pembangunan Manusia
2. Melaksanakan Pengawasan internal Sub Bidang Pembangunan Manusia
3. Melaksanakan pembinaan seluruh pegawai dan penerapan disiplin kerja sub Bidang Pembangunan Manusia
4. Menganalisis Ketepatan, kebenaran dan kelayakan penggunaan bahan kerja
5. Memeriksa ketepatan, kebenaran penggunaan perangkat kerja
 
WEWENANG
1. Menentukan prioritas pekerjaan
2. Meminta kelengkapan data dan informasi kepada unit kerja yang relevan
3. Memaraf durat dan dokumen dinas sesuai dengan ketentuan
4. Membimbing dan menegur bawahan
5. Menilai sasaran kerja pegawai
6. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada kepala Badan
7. Membuat laporan pelaksanaan tugas
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pembangunan Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
2. Analis Perencanaan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
3. Pengelola Program dan Kegiatan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
4. Pengadministrasian Umum Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah -
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan
2. Suhu dingin
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan baik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
2. kelelahan fisik intensitas kerja lebih
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Manajerial
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
S, Bakat Pandang Ruang
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Penyesuaian lensa mata
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
48
Tinggi Badan (cm)
:
158
Berat Badan (kg)
:
70
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
menarik, sederhana
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B0, Memasang mesin
B2, Menjalankan - mengontrol mesin
B3, Mengemudikan/ menjalankan mesin
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O3, Menyelia
O4, Menghibur
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar