Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Data Keamanan dan Ketertiban
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Penegakan Peraturan Daerah
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Penegakan Peraturan Daerah
IKHTISAR JABATAN
Menerima dan mengolah obyek kerja yang dilengkapi hasil laporan responden sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-3 (Diploma-Tiga) di bidang Manajemen/ Administrasi/ ilmu pemerintahan/ Teknik Informatika/Manaje-men Teknik Informati-ka atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Latihan Pra Jabatan (LPJ)
2). Teknis
:
Diklat Teknis Tata Kearsipan, Diklat Teknis Administrasi Perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Staf pada Penegakan Peraturan Daerah minimal 2 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Mengetahui tentang Tupoksi Seksi Penegakan Peraturan Daerah
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan untuk pelaksanaan kegiatan pengelolaan data keamanan dan ketertiban 10 0.01
- Mempelajari dan memahami peraturan tentang pengelola data keamanan dan ketertiban Kegiatan 1 2 2 0.00
- Menyiapkan bahan untuk pelaksanaan kegiatan pengelolaan data keamanan dan ketertiban Kegiatan 1 4 4 0.00
- pelaksanaan kegiatan pengelolaan data keamanan dan ketertiban Kegiatan 1 4 4 0.00
2. Memantau dan menganalisis perkembangan situasi sosial budaya khusus perkembangan isu dalam rangka memelihara stabilitas daerah 98 0.08
- Mempelajari ilmu tentang sosial budaya dan segala hal yang terkait Kegiatan 1 2 2 0.00
- Melakukan Pemantauan perkembangan situasi sosial budaya khusus perkembangan isu dalam rangka memelihara stabilitas daerah Secara Langsung Kegiatan 1 24 24 0.02
- Melakukan Pemantauan perkembangan situasi sosial budaya khusus perkembangan isu dalam rangka memelihara stabilitas daerah Melalui Media cetak dan Elektronik Kegiatan 1 24 24 0.02
- Melakukan analisis terhadap Pantauan yang dilakukan Kegiatan 1 24 24 0.02
- Membuat Laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Atasan Kegiatan 1 24 24 0.02
3. Melakukan observasi lapangan untuk mencari informasi yang akurat 750 0.60
- Melakukan persiapan mental dan peralatan pendukung Kegiatan 50 5 250 0.20
- Melakukan observasi lapangan untuk mencari informasi yang akurat dengan cara penyamaran Kegiatan 50 5 250 0.20
- Melakukan observasi lapangan untuk mencari informasi yang akurat dengan cara wawancara Kegiatan 50 5 250 0.20
4. Memantau, memonitor dan menganalisis pelaksanaan kunjungan pejabat instansi pemerintah, swasta dan luar negeri ke Kota Padang Panjang 408 0.33
- melakukan persiapan data dan perlengkapan Kegiatan 34 4 136 0.11
- Memantau, memonitor dan menganalisis pelaksanaan kunjungan pejabat instansi pemerintah, swasta dan luar negeri ke Kota Padang Panjang Kegiatan 34 4 136 0.11
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan Laporan 34 4 136 0.11
5. Memantau, memonitor dan menganalisis Keberadaan dan pergerakan Organisasi masyarakat 2304 1.84
- Melakukan persiapan data dan peralatan Kegiatan 24 24 576 0.46
- Melakukan pemantauan/memonitor Keberadaan dan pergerakan Organisasi masyarakat Kegiatan 24 24 576 0.46
- Melakukan analisis tentang Keberadaan dan pergerakan Organisasi masyarakat Kegiatan 24 24 576 0.46
- Melaporkan hasil pekerjaan kepada Atasan Kegiatan 24 24 576 0.46
6. Mengetik ROK, KAK, dan PRA RKA 15 0.01
- Mengetik ROK, KAK, dan PRA RKA dokumen 3 5 15 0.01
7. Menghimpun dan mengarsipkan Surat Pernyataan, atau Surat Teguran 100 0.08
- Menghimpun dan mengarsipkan Surat Pernyataan, atau Surat Teguran kegiatan 100 1 100 0.08
8. Melengkapi segala administrasi Kegiatan 450 0.36
- Mengetik SK Kegiatan dokumen 2 5 10 0.01
- Membuat undangan, daftar hadir, dll dokumen 50 2 100 0.08
- Mengetik Surat Perintah Tugas dokumen 60 1 60 0.05
- Melengkapi bahan/data laporan Kegiatan kegiatan 60 1 60 0.05
- Mengetik laporan Kegiatan dokumen 60 1 60 0.05
- Membantu menyelesaikan pertanggungjawaban keuangan Kegiatan dokumen 5 20 100 0.08
- Mengarsipkan laporan Kegiatan kegiatan 60 1 60 0.05
9. Mengikuti operasi penegakan Perda 240 0.19
- Mengikuti operasi penegakan Perda kegiatan 60 4 240 0.19
10. Mengetik laporan kegiatan bulanan dan tahunan 78 0.06
- Mengetik laporan kegiatan bulanan dan tahunan dokumen 13 6 78 0.06
11. Menyiapkan bahan/data untuk mengonsep surat keluar 125 0.10
- Menyiapkan bahan/data untuk mengonsep surat keluar kegiatan 25 5 125 0.10
12. Mengetik surat keluar 50 0.04
- Mengetik surat keluar dokumen 50 1 50 0.04
13. Menghimpun dan mengarsipkan surat keluar 50 0.04
- Menghimpun dan mengarsipkan surat keluar kegiatan 50 1 50 0.04
14. Membuat Laporan SPIP 15 0.01
- Membuat Laporan SPIP dokumen 1 15 15 0.01
15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya 125 0.10
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya kegiatan 25 5 125 0.10
Jumlah Kebutuhan Pegawai 4818 3.85
4 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Lembaran Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
2. Materi peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan pelaksanaan program dan kegiatan seksi Penegakan Perda Legalitas pelaksanaan tugas
3. Data-data terkait Dasar Pelaksanaan Tugas
4. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
5. Standar Operasional prosedur Dasar Pelaksanaan Tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Perangkat Keras (Komputer, Printer) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
2. Perangkat Lunak (Software) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
3. Jaringan/koneksi internet Sarana komunikasi dengan instansi bidang perhubungan pada level yang sama maupun level yang lebih tinggi (antar kabupaten kota, provinsi maupun tingkat pusat)
4. Alat Komunikasi berupa telpon, HT, HP, faximile Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan stakeholder dalam pelaksanaan tugas
5. Kendaraan Dinas Sarana transportasi dalam pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Melaksanakan tanggung jawab terhadap data yang berhubungan dengan Seksi Penegakan Peraturan Daerah
2. Melaksanakan Melaksanakan tanggung jawab terhadap kebenaran, ketepatan dan kecepatan pelaksanaan tugas
 
WEWENANG
1. Menentukan prioritas pekerjaan
2. Membuat Laporan pelaksanaan tugas kepada pimpinan
3. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan
4. Mengumpulkan kelengkapan data dan informasi yang diperlukan dari berbagai pihak
5. Menelaah, menganalisa, mengevaluasi dan menyususn bahan laporan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi Kerja, menerima Instruksi tugas dan laporan hasil pelaksanaan tugas
2. Kepala Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi Kerja dan menerima instruksi tugas
3. Kepala Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi Kerja
4. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik koordinasi Kerja
5. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik koordinasi Kerja
6. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Kordinasi Intelijen
7. Analis Polisi Pamong Praja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
8. Petugas Keamanan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
9. Komandan Petugas Keamanan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
10. Kepala Seksi Operasional Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan dan nyaman
2. Suhu Normal
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Strategis
6. Penerangan Memadai
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman dan Bersih
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu banyak mempelajari dokumen/surat-surat dan lama di depan layar komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer, berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 25 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
Minimal 160 cm
Berat Badan (kg)
:
Minimal 55 kg
Postur Badan
:
Sehat
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B2, Menjalankan - mengontrol mesin
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar