Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Data Bantuan Sosial
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin
c. Pengawas
:
Kepala seksi penanganan fakir miskin
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pengelolaan data bantuan sosial
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SLTA
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
1. Diklat Pemberdayaan Fakir Miskin. 2. Diklat Pendataan dan Informasi Kesejahteraan Sosial.
2). Teknis
:
1. Bimbingan Teknis Pemetaan PMKS. 2. Bimbingan Teknis Pendataan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. 3. Bimbingan Teknis Pendampingan dan Pemberdayaan Keluarga Miskin.
c. Pengalaman Kerja
:
-Bidang pendataan dan pengolahan data
d. Pengetahuan Kerja
:
- memahami pengelolaan dan pengolahan data
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyiapkan bahan bahan di bidang PENGELOLA DATA BANTUAN SOSIAL dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 4294.2 3.44
- Mengumpulkan data dan bahan permasalahan Pengelola data bantuan sosial dari refrensi/internet dokumen 5 1 5 0.00
- Mengumpulkan data dan bahan permasalahan Pengelola dari lapangan/ data dari OPD terkait dokumen 5 1 5 0.00
- Menganalisa dan menelaah peraturan, pedoman, modul, bahan kerja laporan pengelola data bantuantuan sosial frekuensi 5 1 5 0.00
- (DATA PMKS) Menghimpun data PMKS dari kelurahan melalui PSM serta memilah data PMKS yang telah diberikan penanganan/bantuan dokumen 12 0.5 6 0.00
- Menghimpun data bulanan dari TKSK dokumen 24 0.5 12 0.01
- mengetik rekapan bulanan laporan data PMKS Dokumen 12 4 48 0.04
- memilah data PMKS yang telah diberikan penanganan/bantuan frekuensi 12 2 24 0.02
- (DTKS) Menyusun Prelist Awal (Data DTKS yang disahkan sebelumnya oleh Kementerian Sosial RI) yang didownload pada aplikasi SIKS-NG Online yang telah di setujui oleh Pusdatin Kessos, setelah mengupload Berita Acara Serah Terima BNBA DTKS yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Sosial Dokumen 32 1 32 0.03
- Membantu pelaksanaan Bimbingan Teknis kepada Petugas Pengumpul Data DTKS (PSM dan TKSK) dan operator entry DTKS Kelurahan dan Kota Padang Panjang, yang akan melaksanakan pendataan di lapangan frekuensi 2 5 10 0.01
- Mengetik BNBA beserta Berita Acara DTKS diserahkan kepada kelurahan beserta Form Verifikasi dan Validasi DTKS dokumen 32 0.5 16 0.01
- Mendampingi Pihak kelurahan menyusun Prelist Akhir untuk pendataan ke lapangan oleh PSM dan TKSK frekuensi 32 1 32 0.03
- Mendampingi PSM dan TKSK melakukan kunjungan ke rumah tangga sesuai dengan Prelist yang telah di susun dan melakukan wawancara dengan masyarakat yang telah di tetapkan berdasarkan prelist dan usulan baru dari kelurahan dengan meminta izin terlebih dahulu kepada RT setempat untuk melakukan pendataan masyarakatnya frekuensi 50 0.5 25 0.02
- Memverifikasi Form yang telah diisi dan ditanda tangani oleh masyarakat dan dilengkapi dengan fotocopy KK masyarakat dokumen 2907 0.1 290.7 0.23
- Mendampingi Kasi Penanganan fakir miskin Musyawarah ke kelurahan bersama RT, Lurah, LPM, Tokoh Masyarakat untuk memastikan masyarakat tersebut berhak masuk DTKS beserta usulan baru, yang telah disepakati setelah dilaksanakannya pendataan. Setelah dilaksanakan muskel dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara dan Absen Hadir yang akan di Upload pada SIKS-NG Offline frekuensi 32 2 64 0.05
- Mendampingi Operator Kelurahan melakukan Entri dan Update data sesuai dengan Form hasil Pencacahan yang telah dilaksanakan oleh PSM. frekuensi 32 2 64 0.05
- Memverifikasi hasil entri data sebelum melakukan Export Data, dan mencocokan dengan Hasil Muskel frekuensi 32 0.5 16 0.01
- Memproses Import pada Aplikasi Online data di kirim ke Pusdatin Kesos Kemensos RI yang di periksa keabsahan NIK dan Nama seluruh anggota keluarga. frekuensi 32 0.5 16 0.01
- Mendampingi revisi data usulan apabila Nama dan NIK tidak valid maka akan diperbaiki kembali oleh Operator kelurahan. frekuensi 32 0.5 16 0.01
- Mendampingi Operator Kelurahan melakukan Export ulang frekuensi 32 0.5 16 0.01
- Melakukan import ulang usulan data DTKS frekuensi 32 0.5 16 0.01
- Mengupload surat Pengesahan DTKS yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Sosial dan Walikota. Dokumen 2 0.15 0.3 0.00
- BANTUAN SOSIAL PROGRAM SEMBAKO BPNT) Menyusun prelist awal Data penerima Bantuan Sosial Tunai program BPNT/Sembako pada aplikasi SIKS NG Offline. Dokumen 32 1 32 0.03
- Memverifikasi dan validasi Perbaikan Data Penerima BPNT/Sembako melalui Muskel yang di hadiri oleh Aparat kelurahan, Pendamping Sosial, Tokoh Masyrakat dan perwakilan KPM. Dalam Muskel ini KPM dapat di ganti atau di non aktifkan sesuai dengan hasil muskel Dokumen 1511 0.15 226.65 0.18
- Mengentri sesuai dengan hasil muskel pada apliaksi SIKS NG Offline tersebut baik Perbaikan data maupun Usulan Baru. Dokumen 1511 0.15 226.65 0.18
- Melakukan upload Berita acara musdes yang telah di scan pada aplikasi SIKS NG Offline tersebut Dokumen 32 0.15 4.8 0.00
- Melakukan export Data dokumen 32 0.5 16 0.01
- Memonitoring impor data pemeriksaan pusdatin kemensos melakukan pemeriksaan data Valid dan Invalid. frekuensi 200 0.5 100 0.08
- Mengupload surat beserta lampiran pengesahan frekuensi 2 0.15 0.3 0.00
- (PROGRAM PBI-JK) Menyusun Prelist Awal (Data PBI-JK yang disahkan sebelumnya oleh Kementerian Sosial RI) yang didownload pada aplikasi SIKS-NG Online yang telah di setujui oleh Pusdatin Kessos, setelah mengupload Berita Acara Serah Terima BNBA PBI-JK yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Sosial Dokumen 192 1 192 0.15
- Mengetik BNBA beserta Berita Acara PBI-JK diserahkan kepada kelurahan beserta Form Verifikasi dan Validasi PBI-JK dokumen 13000 0.05 650 0.52
- Mendampingi PSM dan TKSK Memverifikasi dan validasi per rumah tangga dan jiwa sesuai dengan alamat frekuensi 2900 0.05 145 0.12
- Memverifikasi hasil entri hasil data PBI-JK yang telah di Verval oleh PSM dan TKSK frekuensi 13000 0.05 650 0.52
- Mengentry Data PBI-JK berdasarkan status kebeeradaan Rumah Tangga frekuensi 13000 0.05 650 0.52
- Mengirim entryan data ke Pusdatin Kemensos frekuensi 13000 0.05 650 0.52
- Menyiapkan dan Mengupload Berita Acara serah terima data PBI-JK frekuensi 12 0.15 1.8 0.00
- Memproses permohonan rekomendasi bagi warga yang mengurus usulan JKSS, JKMPP dan PBI-JK dokumen 200 0.15 30 0.02
2. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal. 116 0.09
- Mengikuti koordinasi dengan PSM,TKSK dan Kelurahan dalam rangka penyusunan Data dan Penanganan PMKS frekuensi 4 4 16 0.01
- Mengikuti koordinasi dengan PSM,TKSK, Kelurahan dan pihak-pihak terkait dalam rangka penyusunan Data dan Penanganan DTKS frekuensi 4 4 16 0.01
- Mengikuti koordinasi dengan PSM,TKSK, Kelurahan dan pihak-pihak terkait dalam rangka pengusulan/penyusunan KPM penerima program SEMBAKO frekuensi 4 4 16 0.01
- Mengikuti koordinasi dengan PSM,TKSK, Kelurahan dan pihak-pihak terkait dalam rangka pengusulan/penyusunan data untuk program Penerima Jaminan Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK) frekuensi 4 4 16 0.01
- Mengikuti rapat koordinasi dengan Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota frekuensi 4 4 16 0.01
- Melakukan koordinasi dan konsultasi dengan OPD terkait dengan data kependudukan frekuensi 12 2 24 0.02
- Mengikuti Koordinasi dengan OPD terkait tentang akses data penerima bantuan yang berbasis DTKS dan PMKS frekuensi 4 3 12 0.01
3. Menyusun laporan Pengelola data bantuan sosial secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya. 950 0.76
- Menyusun laporan DTKS dokumen 2 25 50 0.04
- Menyusun Laporan penyaluran kepada KPM penerima program sembako dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan penerima bantuan Iuaran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dokumen 12 30 360 0.29
- Menyusun laporan Penanganan PMKS dokumen 12 30 360 0.29
Jumlah Kebutuhan Pegawai 5360.2 4.29
4 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Dokumen kerja pengelola data bantuan sosial sebagai dasar
2. Dokumen kerja pengelola data bantuan sosial Sebagai dasar
3. Dokumen kerja pengelola data bantuan sosial Sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
2. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
3. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Mengelola -Keabsahan data untuk pelaksanaan tugas
2. Menyusun Kesesuaian bahan sesuai prosedur untuk kelancaran pelaksanaan telaah
3. Menyusun Ketepatan dalam hasil telaah untuk agar tercapai sasaran yang diharapkan
 
WEWENANG
1. Memilah bahan kerja yang sesuai dan tidak sesuai
2. Mengolah bahan kerja agar sesuai dengan rencana kerja
3. Mengelola data sebagai bahan kerja
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta arahan
2. Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta arahan
3. Penyuluh Penanganan Masalah Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
4. Analis Masalah Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan rapi dan bersih
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan Lampu Listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan menyusun data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 50 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
150
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
sedang
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O3, Menyelia

Kembali ke daftar