Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Verifikator Data Laporan Keuangan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, dan Evalap
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan verifikasi terhadap dokumen laporan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal Diploma III di bidang Akuntasi/ Manajeman/ Administrasi Perkantoran/bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pra Jabatan
2). Teknis
:
Diklat Penatausahaan Keuangan, Diklat Pengadaan Barang/Jasa
c. Pengalaman Kerja
:
Menjadi pelaksana di keuangan
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami administrasi, pembuatan laporan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mempelajari pedoman penyelenggaraan verifikasi dan perhitungan guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas 120 0.10
- Mempelajari pedoman penyelenggaraan verifikasi dan perhitungan guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kegiatan 12 10 120 0.10
2. Melakukan verifikasi terhadap laporan pertanggung jawaban bendahara penerimaan 236 0.19
- Mencocokkan tanda bukti pembayaran dengan bukti Surat Tanda Setoran yang dibayarkan ke Bank kegiatan 400 0.5 200 0.16
- Memeriksa kebenaran laporan pertangungjawaban administratif bulanan kegiatan 12 2 24 0.02
- Melaporkan hasil verifikasi kepada Kasubag Keuangan laporan 12 1 12 0.01
3. Melakukan verifiksasi terhadap laporan pertanggung jawaban bendahara pengeluaran 660 0.53
- Mencocokkan Buku Kas Umum dengan rincian objek pengeluaran kegiatan 12 6 72 0.06
- Mencocokkan rincian objek pengeluaran dengan kwitansi dan memeriksa keabsahan kwitansi kegiatan 12 24 288 0.23
- Memeriksa kelengkapan bukti pendukung kwitansi kegiatan 12 24 288 0.23
- Melaporkan hasil verifikasi kepada Kasubag Keuangan kegiatan 12 1 12 0.01
4. Memeriksa dan mencocokkan dana yang dikeluarkan melalui LS dengan anggaran yang tersedian di DPA dan Anggaran Kas 156 0.12
- Mencocokkan SPP dengan kelengkapan pengajuan dana langsung dari rekanan atau bendahara pengeluaran kegiatan 60 1 60 0.05
- Memeriksa perhitungan dana yang dikeluarkan dengan kontrak, DPA dan Anggaran Kas yang tersedia kegiatan 60 1 60 0.05
- Memeriksa SPM kegiatan 60 0.5 30 0.02
- Melaporkan hasil verifikasi kepada Kasubag Keuangan laporan 12 0.5 6 0.00
5. Melakukan verifikasi terhadap laporan pertanggungjawaban bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran yang telah diperbaiki 6 0.00
- Melakukan verifikasi terhadap laporan pertanggungjawaban bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran yang telah diperbaiki kegiatan 12 0.5 6 0.00
6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 156 0.12
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Konsep laporan 12 5 60 0.05
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Konsultasi 12 3 36 0.03
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan laporan 12 5 60 0.05
7. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 300 0.24
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Petunjuk kerja 24 0.5 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan Pemahaman tugas 24 5 120 0.10
- Melaksanakan tugas yang diberikan kegiatan 24 5 120 0.10
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas laporan 24 2 48 0.04
8. Menerima dan menyortir bukti-bukti pengeluaran dan penerimaan serta buku kas untuk disusun sesuai dengan mata anggaran agar mempermudah dalam peneriksaan / penelitian 65 0.05
- Menerima dan menyortir bukti pengeluaran dokumen 13 5 65 0.05
9. Meneliti kecocokan bukti-bukti pengeluaran dan penerimaan dengan laporan realisasi keuangan dan Buku Kas agar diketahui apakah telah sesuai dengan peruntukannya 672.5 0.54
- Meneliti SPJ Rutin dokumen 1105 0.5 552.5 0.44
- Meneliti SPJ kegiatan fisik dokumen 120 1 120 0.10
10. Melakukan pemeriksaan terhadap alat-alat bukti apakah telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku 250 0.20
- Memeriksa Alat -alat bukti untuk mendukung pengadministrasian dokumen 500 0.5 250 0.20
11. Melaporkan hasil temuan pemeriksaan kepada atasan untuk memperoleh tindak lanjut sebagai bahan laporan pimpinan 180 0.14
- Melaporkan hasil temuan kepada atasan kegiatan 1 180 180 0.14
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2801.5 2.23
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan, Modul yang berhubungan dengan Verifikator Keuangan Legalitas pelaksanaan tugas
2. SOP, APBD, APBDP Dasar Pelaksanaan Tugas
3. Surat Keputusan, Dokumen SPJ Keuangan Dasar Pelaksanaan Tugas
4. Lembaran Disposisi atasan Dasar Pelaksanaan Tugas
5. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Perangkat Keras (Komputer, Server, Printer) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
2. Perangkat Lunak (Software) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
3. Jaringan Komunikasi Data Sarana Pengiriman Data
4. Filing kabinet Tempat penyimpanan dokumen penting
5. Alat komunikasi /telpon Sarana komunikasi untuk berhubungan
TANGGUNG JAWAB
1. Menganalisis kebenaran data verifikasi keuangan
2. Menganalisis kebenaran isi laporan keuangan
3. Melaksanakan tugas verifikasi keuangan
 
WEWENANG
1. Memeriksa dan Verifikasi Dokumen/SPJ Keuangan
2. Membuat Laporan Keuangan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
2. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
3. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
4. Bendahara Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
5. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
6. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
7. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
8. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
9. Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota arahan tugas
10. Bendahara Sekretariat Daerah Kota koordinasi tugas
11. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Meminta arahan
12. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Meminta arahan
13. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer, mengolah data, berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
21 s.d 50 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar