Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koordinasi dan penyusunan laporan di bidang Realisasi laporan Penerimaan Retribusi Daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal Diploma III di bidang Akuntansi /Manajemen/Administrasi /Teknik Informatika/ Manajemen Teknik Informatika/bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pra Jabatan
2). Teknis
:
Diklat terkait bendahara penerima, diklat penatausahaan keuangan
c. Pengalaman Kerja
:
Menjadi pelaksana di keuangan
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami administrasi keuangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 300 0.24
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuanga, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Petunjuk kerja 24 0.5 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan Pemahaman tugas 24 5 120 0.10
- Melaksanakan tugas yang diberikan kegiatan 24 5 120 0.10
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas laporan 24 2 48 0.04
2. Menyiapkan bahan-bahan di bidang penerimaan retribusi daerah dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 102.8 0.08
- Menerima setoran PAD dari penagih retribusi setoran PAD 192 0.15 28.8 0.02
- Membuat BKU data 192 0.05 9.6 0.01
- Mengentri data penerimaan retribusi berdasarkan setoran yang di berikan oleh penagih retribusi kedalam sistem yang telah tersedia data 48 0.3 14.4 0.01
- Menyediakan blanko retribusi untuk digunakan oleh penagih retribusi blanko retribusi 12 2 24 0.02
- Membuat surat permintaan penambahan dan pengembalian karcis RPH surat permintaan 4 2 8 0.01
- Membuat surat permintaan penambahan STS surat permintaan 3 2 6 0.00
- Membuat rekap data rekapitulasi harian PAD dokumen 12 1 12 0.01
3. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 408 0.33
- Mengantarkan laporan bulanan ke BPKD laporan 12 2 24 0.02
- Menyetor PAD ke Kas Daerah melalui Bank yang sudah ditunjuk setoran PAD 192 2 384 0.31
4. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 74 0.06
- Membuat konsep laporan pertanggungjawaban PAD konsep laporan 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Konsultasi 12 1 12 0.01
- Memfinalisasi laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan laporan 12 3 36 0.03
- Membuat berita acara laporan stock opname karcis RPH laporan 1 2 2 0.00
5. Menerima, mencatat, dan menyortir STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku 450 0.36
- Menerima, Mencatat dan Mengtrikan ke System STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah dokumen 450 1 450 0.36
6. Menglompokan surat atau dokumen Penerimaan menurut jenis dan sifatnya 237 0.19
- Menglompokan dokumen STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah menurut jenis dan sifatnya dokumen 450 0.5 225 0.18
- Koordinasi dan sinkronisasi Laporan Penerimaan ke BPKD dokumen 12 1 12 0.01
7. Mendokumentasikan STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah 450 0.36
- Mengarsip STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah dokumen 450 0.5 225 0.18
- Memilah STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah dokumen 450 0.5 225 0.18
8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggung jawaban 6 0.00
- Melaporkan hasil pengetikan Laporan Penerimaan setiap bulan dokumen 12 0.5 6 0.00
9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 300 0.24
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuanga, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Petunjuk kerja 24 0.5 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan Pemahaman tugas 24 5 120 0.10
- Melaksanakan tugas yang diberikan kegiatan 24 5 120 0.10
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas laporan 24 2 48 0.04
10. Menyiapkan bahan-bahan di bidang penerimaan retribusi daerah dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 102.8 0.08
- Menerima setoran PAD dari penagih retribusi setoran PAD 192 0.15 28.8 0.02
- Membuat BKU data 192 0.05 9.6 0.01
- Mengentri data penerimaan retribusi berdasarkan setoran yang di berikan oleh penagih retribusi kedalam sistem yang telah tersedia data 48 0.3 14.4 0.01
- Menyediakan blanko retribusi untuk digunakan oleh penagih retribusi blanko retribusi 12 2 24 0.02
- Membuat surat permintaan penambahan dan pengembalian karcis RPH surat permintaan 4 2 8 0.01
- Membuat surat permintaan penambahan STS surat permintaan 3 2 6 0.00
- Membuat rekap data rekapitulasi harian PAD dokumen 12 1 12 0.01
11. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 408 0.33
- Mengantarkan laporan bulanan ke BPKD laporan 12 2 24 0.02
- Menyetor PAD ke Kas Daerah melalui Bank yang sudah ditunjuk setoran PAD 192 2 384 0.31
12. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 74 0.06
- Membuat konsep laporan pertanggungjawaban PAD konsep laporan 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Konsultasi 12 1 12 0.01
- Memfinalisasi laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan laporan 12 3 36 0.03
- Membuat berita acara laporan stock opname karcis RPH laporan 1 2 2 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2912.6 2.33
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan, Modul yang berhubungan dengan Administrasi Keuangan Legalitas pelaksanaan tugas
2. SOP Acuan dalam pelaksanaan tugas
3. Surat Keputusan Dasar Pelaksanaan Tugas
4. Lembaran Disposisi atasan Dasar Pelaksanaan Tugas
5. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Perangkat Keras (Komputer, Server, Printer) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
2. Perangkat Lunak (Software) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
3. Jaringan Komunikasi Data Sarana Pengiriman Data
4. Filing kabinet Tempat penyimpanan dokumen penting
5. Alat komunikasi /telpon Sarana komunikasi untuk berhubungan
TANGGUNG JAWAB
1. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggung jawaban
2. Membuat dokumentasi STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah
3. Mencatat STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku
4. Melaksanakan pengelompokan surat atau dokumen Penerimaan menurut jenis dan sifatnya
 
WEWENANG
1. Mengurus, memproses, mengadministrasikan penerimaan
2. Melaporkan hasil penerimaan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
2. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
3. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
4. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
5. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
6. Bendahara Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
7. Verifikator Data Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
8. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
9. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
10. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
11. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
12. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
13. Bendahara Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
14. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
15. Verifikator Data Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
16. Penyusun Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
17. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
18. Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota arahan tugas
19. Pengurus Barang Sekretariat Daerah Kota koordinasi tugas
20. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
21. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
22. Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
23. Penagih Retribusi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Dapat mengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
21 s.d 50 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar