Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Sistem Informasi
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Direktur RSUD
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Tata Usaha
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian PEP dan RM
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan analisis dan penelaahan dalam rangka penyusunan rekomendasi di bidang sistem informasi
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata-Satu)/ D-4 (Diploma-Empat) bidang Teknik Informatika/Manajemen Informatika atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
dklat LPJ
2). Teknis
:
diklat analis sistem informasi
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
sistem analisis informasi, sistem informasi manajemen
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan dokumen Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan, dan Rekam Medik sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. 363 0.29
- Rencana Kerja dokumen 1 1 1 0.00
- Rencana Kerja Anggaran dokumen 1 1 1 0.00
- Laporan Kegiatan dokumen 35 2 70 0.06
- Analisa Terhadap Sistem dokumen 6 20 120 0.10
- Analisa Kebutuhan RSUD dokumen 5 10 50 0.04
- Merancang Desain Sistem Aplikasi dokumen 3 25 75 0.06
- Monitoring Aplikasi SIMRS dokumen 6 2 12 0.01
- Riset Teknologi SIMRS dokumen 1 10 10 0.01
- Kegiatan Bimtek dokumen 2 4 8 0.01
- Membuat laporan tugas kedinasan dokumen 4 1 4 0.00
- Analisa Jaringan dokumen 12 1 12 0.01
2. Mengklasifikasikan bahan dokumen Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan, dan Rekam Medik sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas 365 0.29
- Rencana Kerja dokumen 1 1 1 0.00
- Rencana Kerja Anggaran dokumen 1 1 1 0.00
- Laporan Kegiatan dokumen 35 2 70 0.06
- Analisa Terhadap Sistem dokumen 6 20 120 0.10
- Analisa Kebutuhan RSUD dokumen 5 10 50 0.04
- Merancang Desain Sistem Aplikasi dokumen 3 25 75 0.06
- Monitoring Aplikasi SIMRS dokumen 6 2 12 0.01
- Riset Teknologi SIMRS dokumen 1 10 10 0.01
- Kegiatan Bimtek dokumen 2 5 10 0.01
- Membuat laporan tugas kedinasan dokumen 4 1 4 0.00
- Analisa Jaringan dokumen 12 1 12 0.01
3. Menelaah bahan dokumen Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan, dan Rekam Medikberdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan 438 0.35
- Rencana Kerja dokumen 1 5 5 0.00
- Rencana Kerja Anggaran dokumen 1 5 5 0.00
- Laporan Kegiatan dokumen 35 5 175 0.14
- Analisa Terhadap Sistem dokumen 6 15 90 0.07
- Analisa Kebutuhan RSUD dokumen 5 5 25 0.02
- Merancang Desain Sistem Aplikasi dokumen 3 30 90 0.07
- Monitoring Aplikasi SIMRS dokumen 6 5 30 0.02
- Riset Teknologi SIMRS dokumen 1 2 2 0.00
- Kegiatan Bimtek dokumen 2 1 2 0.00
- Membuat laporan tugas kedinasan dokumen 4 2 8 0.01
- Analisa Jaringan dokumen 12 0.5 6 0.00
4. Menyimpulkan hasil kerja dokumen Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan, dan Rekam Medik untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil kesimpulan dapat bermanfaat 355 0.28
- Rencana Kerja dokumen 1 1 1 0.00
- Rencana Kerja Anggaran dokumen 1 1 1 0.00
- Laporan Kegiatan dokumen 35 2 70 0.06
- Analisa Terhadap Sistem dokumen 6 25 150 0.12
- Analisa Kebutuhan RSUD dokumen 5 2 10 0.01
- Merancang Desain Sistem Aplikasi dokumen 3 25 75 0.06
- Monitoring Aplikasi SIMRS dokumen 6 2 12 0.01
- Riset Teknologi SIMRS dokumen 1 2 2 0.00
- Kegiatan Bimtek dokumen 2 1 2 0.00
- Membuat laporan tugas kedinasan dokumen 4 2 8 0.01
- Analisa Jaringan dokumen 12 2 24 0.02
5. Menyusun rekomendasi Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan, dan Rekam Medik berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit 10 0.01
- Menyusun rekomendasi Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan, dan Rekam Medik berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit dokumen 2 5 10 0.01
6. Mengumpulkan bahan dokumen analisis sitem informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. 96 0.08
- Mengumpulkan peraturan dan dasar hukum SOP dokumen 6 4 24 0.02
- Mengumpulkan bahan dokumen analisis sitem informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. bahan 12 6 72 0.06
7. Mengklasifikasikan bahan dokumen analisis sistem informasi sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas; 272 0.22
- Mempelajari, menganalisa serta menelaah bahan-bahan analisa sistem informasi agar memperlancar pelaksanaan tugas dokumen 12 6 72 0.06
- Mempelajari bahan, peaturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan perkerjaan dokumen 4 2 8 0.01
- Menganalisa serta menelaah setiap dokumen yang berkaitan dengan bahan analisa sistem informasi agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dokumen 24 4 96 0.08
- Mengklasifikasikan bahan dokumen analisis sistem informasi sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas; dokumen 24 4 96 0.08
8. Menelaah bahan dokumen analisis sistem informasi berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan; 312 0.25
- Mengadakan penelitian berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan kegiatan 12 8 96 0.08
- Mengidentifikasi bahan-bahan atau fakta-fakta yang berkaitan dengan sistem informasi dan jaringan sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas dokumen 24 6 144 0.12
- Menganalisa setiap sistem informasi sebelum dan sesudah di proses laporan 12 5 60 0.05
- Melakukan koordinasi dengan atasan kegiatan 12 1 12 0.01
9. Menyimpulkan hasil kerja dokumen analisi sistem informasi untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil kesimpulan dapat bermanfaat. 96 0.08
- Menyimpulkan hasil kerja dokumen analisi sistem informasi untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil kesimpulan dapat bermanfaat. dokumen 12 8 96 0.08
10. Menyusun rekomendasi analisis sistem informasi berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit 144 0.12
- Menyusun rekomendasi analisis sistem informasi berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit laporan 12 12 144 0.12
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2451 1.97
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. peraturan perundang-undangan Sebagai dasar
2. dokumen salinan peraturan Sebagai dasar
3. surat keputusan Sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan tugas yang diberikan
2. Menganalisis data
3. Mengumpulkan data
 
WEWENANG
ketersediaan data dan laporan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Menerima petunjuk dan arahan kerja
2. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, Pelaporan dan Rekam Medik Rumah Sakit Umum Daerah Menerima petunjuk dan arahan kerja
3. Kepala Bidang E-Government dan Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika laporan, arahan dan koordinasi
4. Kepala Seksi Layanan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika laporan, arahan dan koordinasi
5. Pengelola Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika kerjasama dan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
kemampuan menganalisa data dan mengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
S, Bakat Pandang Ruang
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
min 25 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
ideal
Berat Badan (kg)
:
ideal
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
baik dan rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar