Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Aparatur dan Kinerja
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Organisasi
c. Pengawas
:
IKHTISAR JABATAN
Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas bidang aparatur kinerja
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Manajemen/Ilmu Pemerintahan/ Jurusan yang relevan dengan Jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV; Diklat SAKIP; Diklat LAKIP; Diklat Manajemen ASN; Diklat evaluasi Kinerja
2). Teknis
:
Diklat Akuntabilitas Kinerja
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Pengetahuan bidang akuntabilitas kinerja, bidang SAKIP, bidang LAKIP
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Subbagian Aparatur dan Kinerja berdasarkan rencana operasional Bagian Organisasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas berdasarkan rencana operasional organisasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas 17.6 0.01
- Menelaah Rencana Kerja Tahunan Dokumen Rencana Operasional Subbag Pengembangan Ki 2 2.2 4.4 0.00
- Mengkonsultasikan rencana kerja dengan atasan untuk mendapatkan pengarahan Dokumen Rencana Operasional Subbag Pengembangan Ki 2 2.2 4.4 0.00
- Menyusun konsep rencana kerja kegiatan Dokumen Rencana Operasional Subbag Pengembangan Ki 2 2.2 4.4 0.00
- Membubuhkan paraf pada konsep perumusan rencana kinerja Dokumen Rencana Operasional Subbag Pengembangan Ki 1 2.2 2.2 0.00
- Memfinalisasi konsep perumusan rencana kerja kepada atasan Dokumen Rencana Operasional Subbag Pengembangan Ki 1 2.2 2.2 0.00
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing - masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Subbag Pengembangan Kinerja 120 0.10
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas - tugas yang harus dilaksanakan para pelaksana Dokumen jadwal dan pembagian tugas 40 1 40 0.03
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing - masing staf/pelaksana Dokumen jadwal dan pembagian tugas 40 1 40 0.03
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen jadwal dan pembagian tugas 40 1 40 0.03
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Subbag Pengembangan Kinerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 120 0.10
- Menjabarkan/memaparkan rencana kegiatan menjadi tugas - tugas yang harus dilaksanakan para staf/pelaksana Dokumen Notulen Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
- Menghimpun saran dan masukan dari masing - masing staf/pelaksana Dokumen Notulen Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing - masing staf/pelaksana Dokumen Notulen Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen Notulen Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Aparatur dan Kinerja berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 240 0.19
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan para staf/pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksana Tugas 24 2 48 0.04
- Mengawasi seluruh staf/pelaksana dengan berpedoman pada standar kualitas dan kuantitas kinerja Pejabat struktural dan staf/pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksana Tugas 24 2 48 0.04
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ada Dokumen Notulensi Arahan Pelaksana Tugas 24 2 48 0.04
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen Notulensi Arahan Pelaksana Tugas 24 2 48 0.04
- Memberi arahan terkait koreksi hasil kerja seluruh staf/pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksana Tugas 24 2 48 0.04
5. Memproses admnistrasi pembinaan dan pengembangan kepegawaian di lingkungan Sekretariat Daerah berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan kualitas aparatur 75 0.06
- Menerima/menginventarisir usul KP, KGB, dan pengajuan cuti Dokumen Kepegawaian 10 1 10 0.01
- Menyiapkan data - data pendukung untuk proses pengusulan KP, KGB dan cuti Dokumen Kepegawaian 10 1 10 0.01
- Memproses usul KP, KGB, dan pengajuan cuti Dokumen Kepegawaian 15 1 15 0.01
- Memberikan instruksi untuk pemrosesan kenaikan pangkat otomatis, pengajuan KGB dan Cuti Dokumen Kepegawaian 10 1 10 0.01
- Mendistribusikan/menyerahkan hasil dari proses Dokumen Kepegawaian 10 1 10 0.01
- Merekap data Dokumen Kepegawaian 10 1 10 0.01
- Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan Dokumen Kepegawaian 10 1 10 0.01
6. Menyusun dan mengelola administrasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kota Padang Panjang berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk mengukur kinerja pemerintah daerah 144 0.12
- Mempelajari/menelaah dan menganalisa laporan Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 24 1.5 36 0.03
- Menyusun konsep rencana kerja Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 24 1.5 36 0.03
- Mengkonsultasikan konsep Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 24 1.5 36 0.03
- Memfinalisasi konsep perumusan rencana kerja Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 24 1.5 36 0.03
7. Memfasilitasi dan memantau administrasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah bagi perangkat daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pengukuran kinerja pemerintah daerah 190 0.15
- Membentuk tim pelaksana sinergitas SAKIP Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 20 2 40 0.03
- Mengumpulkan data Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 20 2 40 0.03
- Mengolah data untuk merumuskan sinergitas Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 20 2 40 0.03
- Memperbaiki hasil olahan data berdasarkan masukan dari anggota tim Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 20 2 40 0.03
- Menyampaikan laporan hasil kegiatan kepada Kepala Bagian Dokumen Laporan Kegiatan Bidang Akuntabilitas Kine 15 2 30 0.02
8. Melaksanakan SOP, SPIP, Standar Pelayanan dan SKM sesuai bidang tugasnya untuk pedoman pelaksanaan tugas 5 0.00
- Mengumpulkan data pengolahan Dokumen 1 1 1 0.00
- Mengolah data pengolahan Dokumen 1 1 1 0.00
- Menganalisa data pengolahan Dokumen 1 1 1 0.00
- Memverifikasi hasil olahan data Dokumen 1 1 1 0.00
- Menyampaikan hasil olahan data pengolahan untuk memperoleh masukan tindak lanjut dan persetujuan pengesahannya Dokumen 1 1 1 0.00
9. Menyampaikan laporan hasil kegiatan Sub Aparatur dan Kinerja sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 60 0.05
- Menganalisis Laporan yang diterima dari staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan Akuntabilitas Kinerja dan 1 12 12 0.01
- Membahas bahan laporan dengan staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan Akuntabilitas Kinerja dan 1 12 12 0.01
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen Laporan Kegiatan Akuntabilitas Kinerja dan 1 12 12 0.01
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Bagian Organisasi Dokumen Laporan Kegiatan Akuntabilitas Kinerja dan 1 12 12 0.01
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Organisasi Dokumen Laporan Kegiatan Akuntabilitas Kinerja dan 1 12 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 971.6 0.78
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Bagian Organisasi Penyusunan rencana kegiatan subbag pengembangan kinerja
2. Beban Kerja Unit Pembagian tugas bawahan
3. Tugas Bawahan Pembimbingan tugas bawahan
4. Rencana Kerja Sub Bagian Aparatur dan Kinerja Sebagai dasar pelaksanaan tugas
5. Rencana Kerja Sub Bagian Aparatur dan Kinerja Sebagai dasar pelaksanaan tugas
6. Hasil tugas bawahan Pemeriksaan hasil tugas bawahan
7. Laporan hasil evaluasi Pengevaluasi Kegiatan
8. Hasil capaian tugas Penyusunan Laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Menyusun rencana kegiatan Subbag Pengembangan Kinerja
2. Uraian tugas bawahan Membagi tugas bawahan
3. Petunjuk teknis Membimbing bawahan
4. Peraturan Perundang - undangan Sebagai dasar pelaksanaan tugas
5. Peraturan Perundang - undangan Sebagai dasar pelaksanaan tugas
6. Kerangka acuan kerja Pengevaluasian tugas bawahan
7. Kerangka acuan kerja Menganalisa laporan
8. Rencana operasional Subbag Pengembangan Kinerja Mengevaluasi pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Ketersediaannya rencana kerja
2. Memeriksa Ketersediaan pembagian tugas
3. Memeriksa Ketersediaannya pedoman operasional
4. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
5. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
6. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
7. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
8. Memfasilitasi Kelengkapan sarana dan prasarana kerja
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi, data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan
4. Mengoreksi kinerja bawahan
5. Mengoreksi kinerja bawahan
6. Mengoreksi laporan bawahan
7. Mengoreksi laporan bawahan
8. Menilai kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota untuk menerima perintah/ disposisi dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas
2. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota untuk menerima perintah/ disposisi dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas
3. Kepala Sub Bagian Tata Laksana Bagian Organisasi Koordinasi
4. Kepala Sub Bagian Kelembagaan Bagian Organisasi Koordinasi
5. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Bagian Organisasi Memberi arahan
6. Pengelola Kepegawaian Bagian Organisasi Memberi arahan
7. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Organisasi Perangkat Daerah Konsultasi dan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Membawa
Memegang
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Penyesuaian lensa mata
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar