Detail Jabatan
NAMA JABATAN
:
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan
KODE JABATAN
:
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan
c. Pengawas
:
Kasi.
IKHTISAR JABATAN
Memimpin, mengkoordinasikan, dan menyusun bahan kebijakan terkait kebijakan teknis dan melakukan pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan. sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai tujuan organisasi.
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim III
2). Teknis
:
Diklat Manajemen Sarana Prasarana Diklat Pengendalian Mutu Konstruksi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
c. Pengalaman Kerja
:
5 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Seksi Sarana Prasarana, Subag Perencanaan
TUGAS POKOK
No | Uraian Tugas | Hasil | Jumlah Hasil | Waktu Penyelesaian (Jam) | Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) | Kebutuhan Pegawai |
---|---|---|---|---|---|---|
1. | merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas penyelenggaraan program dan kegiatan, menjabarkan kebijakan teknis dan melakukan pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan | 1444 | 1.16 | |||
- | merencanakan operasional di lingkup Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai dengan program kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pedoman pelaksanaan tugas; | dokumen | 12 | 5 | 60 | 0.05 |
- | membagi tugas kepada bawahan di lingkup Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien; | dokumen | 12 | 5 | 60 | 0.05 |
- | memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkup Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas; | dokumen | 20 | 5 | 100 | 0.08 |
- | menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan; | dokumen | 24 | 3 | 72 | 0.06 |
- | menyelenggarakan, mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana PAUD, TK, dan SD sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mewujudkan visi misi dinas; | dokumen | 50 | 5 | 250 | 0.20 |
- | menyelenggarakan, mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana SMP, Kebudayaan dan Pendidikan Non Formal sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mewujudkan visi misi dinas; | dokumen | 50 | 5 | 250 | 0.20 |
- | menyelenggarakan, mengoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan Seksi Rehabilitasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mewujudkan visi misi dinas; | dokumen | 50 | 5 | 250 | 0.20 |
- | merancang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Sandar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan; | dokumen | 12 | 5 | 60 | 0.05 |
- | mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang; | dokumen | 24 | 5 | 120 | 0.10 |
- | membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan | dokumen | 30 | 5 | 150 | 0.12 |
- | melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan. | dokumen | 24 | 3 | 72 | 0.06 |
Jumlah Kebutuhan Pegawai | 1444 | 1.16
1 orang |
||||
Jumlah Pegawai yang Ada | 1 orang |
BAHAN KERJA
No | Bahan Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Peraturan perundang-undangan bidang keuangan | Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis |
2. | Renstra, Renja, Rencana operasional Sekretariat | Penyusunan rencana kerja dan Anggaran |
3. | Anggaran Kas | Proses penerbitan Surat Perintah Membayar berserta kelengkapannya |
PERANGKAT KERJA
No | Perangkat Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Uraian Tugas | Membagi tugas kepada bawahan |
2. | Rencana Operasional Sekretariat | Menyusun Rencana Kegiatan Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan |
TANGGUNG JAWAB
1. | Melaksanakan a. Ketepatan waktu penyusunan rencana aliran kas |
2. | Melayani b. Ketepatan dan kelayakan pembagian tugas kepada bawahan. |
WEWENANG
1. | Memberikan tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas para bawahan. |
2. | Merekomendasikan persetujuan rencana pencairan anggaran. |
KORELASI JABATAN
No | Jabatan | Unit Kerja/ Instansi | Dalam Hal |
---|---|---|---|
1. | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | meminta arahan |
2. | Kepala Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana SMP, Kebudayaan dan Pendidikan Non Formal | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | memberi arahan |
3. | Kepala Seksi Pembangunan Sarana dan Prasarana PAUD, TK dan SD | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | menberi arahan |
4. | Kepala Seksi Rehabilitasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | memberi arahan |
5. | Sekretaris | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | Koordinasi |
6. | Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | koordinasi |
7. | Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan PAUD dan Pendidikan Non Formal | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan | koordinasi |
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No | Aspek | Faktor |
---|---|---|
1. | Tempat Kerja | Di dalam ruangan |
2. | Suhu | Sejuk |
3. | Udara | Bersih |
4. | Keadaan Ruangan | Bersih |
5. | Letak | Datar |
6. | Penerangan | Baik |
7. | Suara | Standar |
8. | Keadaan Tempat Kerja | Bersih |
9. | Getaran | Standar |
RESIKO BAHAYA
No | Fisik/ Mental | Penyebab |
---|---|---|
1. | .. |
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
menguasai aplikasi program computer, Ahli pengadaan Barang/Jasa, Kemampuan analisis dan evaluasi data
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berdiri
Berjalan
Duduk
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
50 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
tinggi
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B0, Memasang mesin
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati