Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengawas Fisik Pemukiman
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Pembinaan dan Penegakan Hukum Lingkungan
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mempelajari, dan mengawasi obyek kerja sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk diproses lebih lanjut.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata-Satu)/ D-4 (Diploma-Empat) di bidang Teknik Sipil/ Teknik Lingkungan atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Diklat pengawasan, kursus dasar AMDAL, Training Analis Lingkungan
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional Umum di Dinas Perkim min 3 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai tata cara pengawasan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menerima dan menginventarisasi data objek kerja sesuai prosedur untuk diproses lebih lanjut 400 0.32
- Menerima data usaha/kegiatan pembangunan perumahan yang memiliki izin usaha/kegiatan 100 2 200 0.16
- Menginventarisasi data usaha/kegiatan pembangunan perumahan yang memiliki izin untuk dilakukan pengawasan usaha/kegiatan 100 2 200 0.16
2. Mengklasifikasi data objek kerja sesuai dengan prosedur untuk kelancaran pelaksanaan pengawasan 200 0.16
- Melakukan pengklasifikasian data usaha/kegiatan sesuai prosedur untuk dilakukan pengawasan usaha/kegiatan 100 2 200 0.16
3. Mempelajari data objek kerja sesuai prosedur yang berlaku dalam rangka pelaksanaan pengawasan 300 0.24
- Mempelajari data usaha/kegiatan untuk dilakukan pengawasan Usaha/kegiatan 100 3 300 0.24
4. Mengidentifikasi data objek kerja sesuai prosedur dalam rangka pelaksanaan pengawasan 200 0.16
- Melakukan identifikasi data objek usaha/kegiatan dalam hal pelaksanaan pengawasan usaha/kegiatan 100 2 200 0.16
5. Mengawasi objek kerja sesuai prosedur dalam rangka tercapainya sasaran yang diharapkan 200 0.16
- Melakukan pengawasan terhadap usaha/kegiatan dalam rabgka pencapaian pelaksanaan tugas usaha/kegiatan 100 2 200 0.16
6. Mengevaluasi dan mengkonsultasikan permasalahan yang timbul dengan pejabat yang berwenang dan terkait sesuai prosedur agar tercapai sasaran yang diharapkan 400 0.32
- Melakukan evaluasi terhadap usaha/kegiatan atas permasalahan yang timbul laporan 100 2 200 0.16
- Melakukan konsultasi dengan pejabat yang berwenang atas permasalahan yang timbul laporan 100 2 200 0.16
7. Melaporkan pelaksanaan tugas sesuai prosedur sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 200 0.16
- Melakukan pembuatan laporan hasil pelaksanaan tugas terhadap usaha/kegiatan laporan 100 2 200 0.16
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1900 1.52
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Materi, juknis, referensi dasar pelaksanaan tugas
2. Lembar disposisi dasar pelaksanaan tugas
3. Surat tugas dasar pelaksanaan tugas
4. Data-data terkait dasar pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer Pedoman dalam penyusunan konsep kebijakan dan pelaksanaan tugas
2. Koneksi internet Pedoman dalam menetapkan prioritas kegiatan
3. Sacnner Pengelolaan system informasi
4. Kamera Pedoman dalam pelaksanakan kegiatan
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Melaksanakan Kerahasiaan dan keakuratan data
2. Melaksanakan Melaksanakan Kebenaran dan kelengkapan rencana kegiatan
3. Melaksanakan Melaksanakan Keharmonisan hubungan kerja di lingkup Seksi
4. Melaksanakan Melaksanakan Ketepatan dan kekeakuratan waktu dan isi pelaporan
5. Melaksanakan Melaksanakan Ketepatan dan kekeakuratan waktu dan isi pelaporan
6. Melaksanakan Melaksanakan Kelengkapan dan keamanan perangkat kerja
7. Melaksanakan Melaksanakan kebenaran penyediaan dan penggunaan perlengkapan dan ATK
8. Melaksanakan Melaksanakan kelancaran pelaksanaan pembangunan/pengembangan sarana prasarana
 
WEWENANG
1. memantau dan mengawasi pelaksanaan pengembangan sarana prasarana
2. melakukan pemeliharaan perangkat kerja
3. menyebarluaskan buku putih sanitasi dan strategi sanitasi kota
4. Menegur bawahan yang tidak disiplin
5. Memberi penugasan kepada bawahan
6. Mengatur pengunaan ATK
7. Meminta bahan laporan pada bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pengawasan, Pengendalian Kawasan Perumahan dan Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Konsultasi dan menerima perintah
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan dan Luar Ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mampu menggunakan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
22 sd. 58
Tinggi Badan (cm)
:
Proposional
Berat Badan (kg)
:
Proposional
Postur Badan
:
Proposional
Penampilan
:
Proposional
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar