Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Lingkungan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Pembinaan dan Penegakan Hukum Lingkungan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan Kegiatan pengelolaan Lingkungan yang meliputi penyusunan program, pengendalian dan pengkoordinasian serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Diploma Tiga
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pra Jabatan
2). Teknis
:
- Teknik Sampling - Kursus Dasar Amdal - Diklat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan - Diklat Penyelesaian Sengketa LH - Diklat Audit Lingkungan
c. Pengalaman Kerja
:
Fungsional Umum Dinas Perkim-LH
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 16 0.01
- Mengetik konsep rencana Anggaran Kegiatan dan perubahannya Dokumen 2 2 4 0.00
- Mengetik konsep Rencana Anggaran Kas (RAK) dan perubahannya Dokumen 2 2 4 0.00
- Mengetik konsep Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) dan perubahannya Dokumen 2 2 4 0.00
- Mengetik Kerangka Acuan Kerja Dokumen 2 2 4 0.00
2. Memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal 1391 1.11
- Melakukan pemantauan objek dan kegiatan terhadap penerima izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Laporan 107 13 1391 1.11
3. Mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya 214 0.17
- Melakukan pengendalian pengelolaan lingkungan Laporan 107 2 214 0.17
4. Mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 214 0.17
- Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain terhadap pengelolaan lingkungan Kegiatan 107 2 214 0.17
5. Mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan 214 0.17
- Melakukan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanaan kegaiatnpengelolaan lingkungan Laporan 107 2 214 0.17
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2049 1.63
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Materi Peraturan perundang-undangn, juknis Penyiapan bahan perumusan kebijakan; juknis pengaduan, pengawasn izin
2. Materi Renstra, Renja, Rencana operasional Bidang Penyusunan rencana kegiatan
3. Materi Petunjuk teknis, aplikasi program komputer, ATK Pengembangan system informasi pengaduan, sengketa LH
4. Data penerima izin dan materi izin lingkungan, Surat tugas Pengawasan pentaatan kewajiban pemegang izin
5. Data hasil pengawasan Penyiapan tindak lanjut hasil pengawasan
6. Laporan/surat pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan dari pemilik usaha/kegiatan/OPD teknis Pengawasan tindak lanjut hasil pengawasan
7. Materi Rencana kegiatan, juknis, SOP Melaksanakan SPIP dan SOP
8. Hasil pelaksanaan tugas, ATK Pelaporan pelaksanaan tugas
9. Disposisi atasan, pelaksanaan tugas dan tugas lain
10. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan, juknis Pedoman dalam penyusunan konsep kebijakan dan pelaksanaan tugas
2. Renstra, Renja, Rencana operasional Bidang Pedoman dalam menetapkan prioritas kegiatan
3. Komputer, aplikasi program, ATK Pengelolaan system informasi
4. Izin PPLH, Izin lingkungan Pedoman dalam penyusunan jadwal pengawasan
5. Data dan fakta dari pengawasan Penyusunan tindak lanjut
6. Laporan/surat pemrakarsa usaha/kegiatan atau OPD Evaluasi tingkat pentaatan terhadap rekomendasi tindak lanjut pengawasan
7. Rencana kegiatan, computer, ATK, Tinta Penyusunan laporan
8. Dokumen Anggaran, Kerangka Acuan Kegiatan, lembaran SOP Penyiapan dokumen pelaksanaan SPIP, dan penerapan SOP
9. Surat tugas Pelaksanaan tugas lain
10. Sound sistem Untuk rapat dan briefing
11. Kamera Dokumentasi
TANGGUNG JAWAB
Melaksanakan Menyajikan data secara valid dan up to date
 
WEWENANG
Meminta data kepada usaha dan kegiatan penerima izin lingkungan dan izin perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pembinaan dan Penegakan Hukum Lingkungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Laporan
2. Penyuluh Lingkungan Hidup Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Koordinasi
3. Pengawas Fisik Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi
4. Pengadministrasi Umum Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan dan Luar Ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Stres Berbaur dengan hukum, Sering bergerak
2. Cedera fisik Kecelakaan kerja, Tindak kekerasan/ketidaksenangan para pihak yang menjadi obyek pengawasan atau keracunan limbah B3
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer, berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Menyimpan imbangan/ mengatur imbangan
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B3, Mengemudikan/ menjalankan mesin
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar