Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi TPA
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Beracun dan Berbahaya dan Pengendalian Pencemaran
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mencatat, menyimpan surat serta dokumen lainnya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan tugas berjalan lancar
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SLTA/DI/ D-2(Diploma-Dua)/D-3(Diploma-Tiga) di Bidang manajemen perkantoran/Administrasi perkantoran/tataper-kantoran atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
diklat LPJ
2). Teknis
:
- Diklat Administrasi Perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Pejabat pelaksana pada Dinas Perumahan,Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup ±1 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Melakukan kegiatan pe- ngelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koor- dinasi dan penyusunan administrasi di TPA
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. menerima, mencatat, dan menyortir surat masuk, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pencarian 192 0.15
- menerima, mencatat, dan menyortir surat masuk dan keluar yang berkaitan dengan bidang kerja operasional di TPA kegiatan 1 96 96 0.08
- mengarsipkan surat masuk dan keluar yang berkaitan dengan bidang kerja operasional di TPA kegiatan 1 96 96 0.08
2. memberi lembar pengantar pada surat, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pengendalian 96 0.08
- memberi lembar pengantar pada surat, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pengendalian kegiatan 1 96 96 0.08
3. mengelompokkan surat atau dokumen menurut jenis dan sifatnya, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pendistribusian 288 0.23
- Mengarsipkan surat dan dokumen yang berkaitan dengan data pekerja kebersihan kegiatan 1 96 96 0.08
- Mengarsipkan surat dan dokumen yang berkaitan dengan pendistribusian BBM di Seksi Pengelolaan persampahan kegiatan 1 96 96 0.08
- Mengarsipkan surat dan dokumen yang berkaitan dengan sarana/ prasarana persampahan kegiatan 1 96 96 0.08
4. mendokumentasikan surat sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi 84 0.07
- melakukan pencatatan/notulensi terhadap setiap kegiatan rapat pada seksi pengelolaan persampahan kegiatan 1 36 36 0.03
- menghimpun seluruh dokumen laporan hasil pekerjaan/pelaksanaan kegiatan dari para pengawas dan pengelola pada seksi pengelolaan persampahan yang telah diperiksa dan ditindaklanjuti oleh kasi kegiatan 1 48 48 0.04
5. melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 24 0.02
- Melaporkan hasil pekerjaan pengadministrasian di seksi operasional persampahan kepada Kasi laporan 1 24 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 684 0.55
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan, Dokumen yang berhubungan dengan Analisa Pengelolaan Limbah B3 Legalitas pelaksanaan tugas
2. SOP Dasar Pelaksanaan Tugas
3. Surat Keputusan Dasar Pelaksanaan Tugas
4. Lembaran Disposisi atasan Dasar Pelaksanaan Tugas
5. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. PerangkatKeras (Komputer, Server, Printer), PerangkatLunak (Software) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
2. Jaringan Komunikasi Data Sarana Pengiriman data
3. Filling Kabinet Tempat Penyimpanan Dokumen Penting
4. Alat Komunikasi Sarana Komunikasi
5. Kamera Dokumentasi
TANGGUNG JAWAB
1. Mengelola Kelancaran tugas pengadministrasi TPA
2. Mengelola Kebenaran isi laporan tahunan pengadministrasi TPA
 
WEWENANG
Melakukan pengadministrasian dokumen dan arsip terkait seluruh kegiatan di TPA
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Menerima Perintah/ instruksi dan Konsultasi kerja
2. Kepala seksi dan Kasubag Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Konsultasi kerja
3. Pejabat Pelaksana Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Konsultasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam dan luar ruangan
2. Suhu Semua Kondisi
3. Udara Semua Kondisi
4. Keadaan Ruangan Semua Kondisi
5. Letak 1 lantai, strategis
6. Penerangan Semua Kondisi
7. Suara Semua Kondisi
8. Keadaan Tempat Kerja Semua Kondisi
9. Getaran Semua Kondisi
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. cidera fisik ringan turun ke lapangan
2. stres banyaknya tuntutan pekerjaan
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer, berkomunikasi,
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mengangkat
Membawa
Menyimpan imbangan/ mengatur imbangan
Menjangkau
Memegang
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Melihat berbagai warna
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
min. 25 th
Tinggi Badan (cm)
:
min. 150 cm
Berat Badan (kg)
:
ideal
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
B2, Menjalankan - mengontrol mesin
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
B6, Memasukkan, mengeluarkan barang ke/dari mesin
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar