Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Pemanfaatan Ruang
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Tata Ruang
c. Pengawas
:
kasi pertanahan dan tata ruang
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan analisis dan penelaahan pemanfaatan ruang dalam rangka penyusunan rekomendasi kebijakan di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
"S-1 (Strata-Satu)/ D-4 (Diploma-Empat) di bidang Planologi /Perencanaan Wilayah atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Diklat pertanahan , diklat penataan ruang
c. Pengalaman Kerja
:
pelaksana pada seksi pertanahan dan tata ruang
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan pemanfaatan ruang sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. 200 0.16
- menerima permohonan rekomendasi pemanfaatan ruang untuk penerbitan rekomendasi AP/KRK berkas 120 1 120 0.10
- menerima permohonan rekomendasi pemanfaatan ruang untuk penerbitan rekomendasi informasi kesesuian ruang berkas 80 1 80 0.06
2. Mengklasifikasikan bahan pemanfaatan ruang sesuai dengan obyek kerja dalam bidangnya agar memperlancar pelaksanaan tugas; 200 0.16
- mengelompokkan kesesuian pemanfaatan ruang menurut peruntukkan ruang untuk penerbitan rekomendasi AP/KRK berdasarkan aturan yang berlaku berkas 120 1 120 0.10
- mengelompokkan kesesuian pemanfaatan ruang menurut peruntukkan ruang untuk penerbitan rekomendasi informasi kesesuian ruang berdasarkan aturan yang berlaku berkas 80 1 80 0.06
3. Menelaah bahan dokumen pemanfaatan ruang berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan; 800 0.64
- melakukan survey dan pengukuran lapangan serta mengolah data kesesuian ruang untuk menerbitkan rekomendasi AP/KRK berkas 120 4 480 0.38
- melakukan survey dan pengukuran lapangan serta mengolah data kesesuian ruang untuk menerbitkan rekomendasi informasi kesesuian ruang berkas 80 4 320 0.26
4. Menyimpulkan hasil kerja pemanfaatan ruang untuk disampaikan kepada pimpinan unit agar hasil kesimpulan dapat bermanfaat. 600 0.48
- resume hasil pengolahan data untuk menerbitkan rekomendasi AP/KRK berkas 120 3 360 0.29
- resume hasil pengolahan data untuk menerbitkan rekomendasi informasi kesesuian ruang berkas 80 3 240 0.19
5. Menyusun rekomendasi hasil pemanfaatan ruang berdasarkan pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatannya untuk disampaikan kepada pimpinan unit 200 0.16
- menyiapkan dokumen rekomendasi untuk menerbitkan AP/KRK berkas 120 1 120 0.10
- menyiapkan dokumen rekomendasi untuk menerbitkan informasi kesesuaian ruang berkas 80 1 80 0.06
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2000 1.6
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. dokumen rencana kerja terkait pemanfaatan ruang Sebagai dasar mengumpulkan bahan/ data
2. dokumen rencana kerja terkait pemanfaatan ruang Sebagai dasar mengklasidfikasi data
3. dokumen rencana kerja terkait pemanfaatan ruang Sebagai dasar menelaah dokumen
4. dokumen rencana kerja terkait pemanfaatan ruang Sebagai dasar menyusun resume kerja
5. dokumen rencana kerja terkait pemanfaatan ruang Sebagai dasar menyusun rekomendasi
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman untuk mengumpulkan bahan/data
2. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman untuk mengklasifikasi data
3. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman untuk menelaah dokumen
4. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman untukmenyusun resume kerja
5. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman untuk menyusun rekomendasi
TANGGUNG JAWAB
1. Menyusun Ketersediaan rencana kerja
2. Memeriksa kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
 
WEWENANG
Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Meminta arahan
2. Kasi Pertanahan dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Meminta arahan
3. Jabatan Pelasana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan/luar ruangan
2. Suhu Sejuk/panas
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan Terang dengan Lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
tidak ada syarat khusus
Tinggi Badan (cm)
:
tidak ada syarat khusus
Berat Badan (kg)
:
tidak ada syarat khusus
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar