Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin
c. Pengawas
:
Kepala seksi Advokasi dan Pengarusutamaan Gender
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan analisis dan pènelaahan pemberdayaanperempuan dan anak dalam rangka penyusunan rekomendasi kebijakan di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata-Satu)/D-4 (Diploma-Empat) bidang Psikologi/Kesejahteraan Sosial atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Diklat Pemberdayaan Perempuan dan Anak
c. Pengalaman Kerja
:
bekerja pada bidang yang relevan dengan bidang yang diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
pemberdayaan perempuan dan anak
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Mengumpulkan bahan dokumen di Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan gender sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk keperluan penyelesaian pekerjaan. 192 0.15
- Menerima bahan kerja Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dari kepala seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Mempelajari dan menelaah bahan kerja Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Mengetik bahan kerja Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- menyerahkan bahan data Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan menyerahkannya kepada kepala seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
2. Mengklasifikasikan bahan dokumen di Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan gender sesuai dengan obyek kerja dalam seksinya agar memperlancar pelaksanaan tugas; 144 0.12
- Menerima bahan data pemberdayaan perempuan dan anak dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Mengklasifikasi bahan data pemberdayaan perempuan dan anak sesuai dengan bidang tugasnya dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Menyerahkan bahan data pemberdayaan perempuan dan anak sesuai dengan bidang tugasnya kepada Kepala Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender / Pengawas dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
3. Menelaah bahan dokumen di Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender berdasarkan permasalahan obyek kerja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan; 144 0.12
- Membaca peraturan, pedoman dan modul bahan kerja di bidang Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Menganalisa dan Menelaah peraturan, pedoman dan modul bahan kerja bidang Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Menelaah permasalahan bidang Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
4. Menyusun laporan secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya 144 0.12
- membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada kepala seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas Kepada kepala seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
5. Melaksanakan tugas kedinasan kain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 192 0.15
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan gender dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Mempelajari Tugas yang diberikan dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Menjalankan tugas yang di berikan dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dokumen rencana kerja 4 12 48 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 816 0.66
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. dokumen rencana kerja terkait pengumpulan bahan dokumen pada seksi advokasi dan pengarusutamaan gender Sebagai dasar
2. dokumen rencana kerja terkait klasifikasikan bahan dokumen pada seksi advokasi dan pengarusutamaan gender Sebagai dasar
3. dokumen rencana kerja terkait Menelaah bahan dokumen pada seksi advokasi dan pengarusutamaan gender Sebagai dasar
4. dokumen rencana kerja terkait penyusunan laporan secara berkala pada seksi advokasi dan pengarusutamaan gender Sebagai dasar
5. dokumen rencana kerja terkait pelaksanaan tugas kedinasan lain yang di perintah atasan baik secara tertulis maupun lisan Sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
2. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
3. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
4. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
5. Peraturan Perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Ketersediaanya rencana kerja
2. Menyusun kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
 
WEWENANG
Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta Arahan
2. Kepala Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta Arahan
3. Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta Arahan
4. Kepala Seksi Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta Arahan
5. Analis Perlindungan Perempuan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
6. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta Arahan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan Lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
36 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160 cm
Berat Badan (kg)
:
68 kg
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar