Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Perekonomian
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Merencanakan program kerja, membagi tugas, memberi petunjuk, memeriksa pekerjaan bawahan dalam menyiapkan bahan petunjuk dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, program kerja dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan Sub Bagian Pengembangan Ekonomi Daerah, berdasarkan ketentuan yang berlaku agar tugas Sub Bagian Pengembangan Ekonomi Daerah, terselenggara dengan baik sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana Ekonomi
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Administrasi Umum, Diklat Pim Tk.IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Administrasi Umum, Pengembangan Ekonomi Daerah, Bappeda
d. Pengetahuan Kerja
:
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. merencanakan kegiatan pada sub bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah berdasarkan program kerja Bagian Perekonomian sebagai pedoman pelaksanaan tugas 205 0.16
- Mengumpulkan bahan yang terkait dengan pengembangan ekonomi daerah dokumen 15 5 75 0.06
- Mempelajari bahan yang terkait pengembangan ekonomi daerah dokumen 15 5 75 0.06
- Mendiskusikan bahan perencanaan sub pengembangan daerah kali 15 3 45 0.04
- Membuat Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) kali 2 5 10 0.01
2. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas sub bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah 157 0.13
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Kegiatan 5 5 25 0.02
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan Kegiatan 5 3 15 0.01
- Menentukan target waktu penyelesaian. Rencana 5 3 15 0.01
- Memberikan arahan kepada bawahan terhadap permasalahan yang dihadapi untuk menghindari penyimpangan/kesalahan. kegiatan 24 3 72 0.06
- Menilai hasil kerja yang telah di laksanakan sesuai dengan target awal dokumen 3 5 15 0.01
- mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan sesuai dengan prosedur yang berlaku dokumen 3 5 15 0.01
3. membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan sub bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan dengan tertib dan lancar 60 0.05
- Memberikan arahan kepada bawahan terhadap permasalahan yang dihadapi untuk menghindari penyimpangan/kesalahan. kegiatan 30 1 30 0.02
- Menilai hasil kerja yang telah di laksanakan sesuai dengan target awal dokumen 3 5 15 0.01
- mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan sesuai dengan prosedur yang berlaku dokumen 3 5 15 0.01
4. memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan subbagian Bina Pegembangan Ekonomi Daerah berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlakuagarterhindar dari kesalahan 40 0.03
- Menilai hasil kerja yang telah di laksanakan sesuai dengan target awal dokumen 4 5 20 0.02
- mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan sesuai dengan prosedur yang berlaku dokumen 4 5 20 0.02
5. melaksanakan kegiatan sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah meliputi kegiatan monitoring dan evaluasi yang berkaitan dengan urusan Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, Tenaga Kerja, lingkungan hidupserta Pariwisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai dasar pelaksanaan tugas 105 0.08
- mengumpulkan bahan urusan Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, Tenaga Kerja, lingkungan hidupserta Pariwisata dokumen 12 5 60 0.05
- mendiskusikan bahan urusan Penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, Tenaga Kerja, lingkungan hidupserta Pariwisata dokumen 12 2 24 0.02
- menyusun rencana, program kerja dan anggaran (RKA, ROK, KAK, rincian triwulan) dokumen 8 2 16 0.01
- melaporkan hasil pelaksanaan dokumen 1 5 5 0.00
6. memfasilitasi, Evaluasi dan Pelaporan Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi daerah sesuai dengan rencana teknis kebijakan daerah untuk bahan perumusan kebijakan yang lebih tinggi 185 0.15
- mengumpulkan bahan permasalahan Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi daerah dokumen 12 5 60 0.05
- menyiapkan bahan petunjuk penyelesaian masalahnya Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi daerah dokumen 12 5 60 0.05
- mendiskusikan permasalahan dan petunjuk penyelesaian Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi daerah kali 12 5 60 0.05
- melaporkan hasil rapat / membuat laporan hasil diskusi Sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi daerah dokumen 1 5 5 0.00
7. melaksanakan standar Operasional Prosedur (SOP), Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Standar Pelayanan Publik (SP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) sesuai bidang tugasnya untuk pedoman pelaksanaan kegiatan; 80 0.06
- menyusun standar operasional prosedur dokumen 4 10 40 0.03
- menyusun standar pelayanan publik dokumen 4 10 40 0.03
8. menyampaikan laporan hasil kegiatan sub Bagian Bina Pengembangan Ekonomi Daerah sesuai dengan tugas yang telah dilaksankan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 50 0.04
- Menyiapkan laporan hasil pelaksanaan kegiatan dokumen 3 5 15 0.01
- membuat laporan pelaksanaan tugas dokumen 3 5 15 0.01
- Menganalisis laporan dokumen 3 5 15 0.01
- menyampaikan laporan pelaksanaan tugas ke atasan dengan cara mendiskusikan evaluasi pelaksanaannnya dokumen 1 5 5 0.00
9. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya 275 0.22
- Melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait dokumen 45 5 225 0.18
- Melaksanakan perjalanan dinas terkait dengan pelaksanaan tugas dokumen 10 5 50 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1157 0.92
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Renstra Bagian Pedoman dalam penyusunan
2. Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
3. Peraturan yang berhubungan dengan opd terkait Pelaksanaan tugas
4. Dokumen Anggaran Proses administrsi keuangan
5. Tugas pokok dan fungsi Pengkoordinasian urusan kebijakan
6. Rencana kegiatan Pengaturan pelaksanaan tugas
7. Peraturan dan Juknis Pengkoordinasian pernyusunan pedoman dan petunjuk teknis
8. Laporan pelaksanaan kegiatan Pelaksanaan evaluasi kegiatan
9. Data, laporan Mengkoordinir pelaksanaan penyusunan buku laporan
10. Laporan, ide atau saran Saran atau usulan bagi pimpinan dalam mengambil keputusan
11. Rencana dan realisasi kegiatan Pelaksanaan, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Bagian Perekonomian
12. Perintah Pimpinan Pelaksanaan tugas lain-lain
13. Surat Masuk Pelaksanaan tugas lain-lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Lembaran Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
2. Peraturan yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi daerah dan Juknis Legalitas pelaksanaan tugas
3. Komputer / laptop dan printer Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
4. Filing kabinet Tempat penyimpanan dokumen penting
5. Alat komunikasi /telpon Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan mitra kerja
6. Kalkulator Alat untuk menghitung data
7. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
8. Rencana kegiatan Melaporkan pelaksanan tugas Sub Bagian pengembangan ekonomi daerah
9. Surat Perintah Tugas Melaksanakan tugas-tugas lain
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Pembinaan bawahan di lingkungan Kepala Sub Bagian Pengembangan Ekonomi Daerah
2. Memeriksa Kebenaran penyediaan dan penggunaan perlengkapan dan ATK
3. Memeriksa Kebenaran isi Laporan kegiatan Kepala Sub Bagian Pengembangan Ekonomi Daerah
4. Memeriksa Kebenaran dan ketepatan penyusunan rencana kerja
5. Memeriksa Ketepatan dan kelayakan pembagian tugas kepada bawahan.
6. Memeriksa Kebenaran hasil kerja bawahan
7. Memeriksa Kebenaran dan ketepatan pemberian saran.
8. Menjalankan Keserasian dalam suasana kerja
9. Melaksanakan Ketepatan dan kebenaran meneliti dan mengoreksi hasil kerja serta memaraf konsep yang diajukan para bawahan
 
WEWENANG
1. Memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas bawahan Memberi penugasan kepada bawahan
2. Mengatur pengunaan ATK
3. Menyusun dan menyiapkan konsep rencana kegiatan
4. Memberi paraf sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap persetujuan konsep dokumen/surat yang diajukan pada bawahan untuk ditanda tangani atasan
5. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan.
6. Berkoordinasi dengan unit kerja untuk kelancaran kerja
7. Mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Bina Produksi Daerah Sekretariat Daerah Kota koordinasi dalam kerja
2. Kepala Sub Bagian Kelembagaan Sekretariat Daerah Kota koordinasi dalam kerja
3. Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata koordinasi dalam kerja
4. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu koordinasi dalam kerja
5. Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu koordinasi dalam kerja
6. Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi dalam kerja
7. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi dalam kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk dan membungkuk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik, mengoperasikan komputer, mengolah data, berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
25
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
55
Postur Badan
:
sedang
Penampilan
:
Baik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar