Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Barang Milik Daerah
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Pengawas
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan tugas dan mengelola barang dengan cara menyusun program ,mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan pekerjaan dinas dapat berjalan dengan baik dan lancar.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SLTA/DI/ D-2 (Diploma-Dua)/D-3 (Diploma-Tiga) bidang Manajemen Perkantoran/ Administrasi perkantoran/ Tata Perkantoran atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat /LPJ
2). Teknis
:
Diklat Pengelolaan Barang Milik Daerah, Aset dan Diklat Barang dan Jasa
c. Pengalaman Kerja
:
1 Tahun dibagian Administrasi Umum dan Kepegawaian serta bagian perlengkapan
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami peraturan - peraturan tentang teknis pengelolaan barang,peraturan bidang kepegawaian,administrasi perkantoran dan pembuatan konsep
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Membuat Kartu Inventaris Barang dan Buku Induk Inventaris 84 0.07
- Menghimpun data pembelian peralatan dan perlengkapan kantor yang termasuk aset setiap satu semester Kegiatan 2 2 4 0.00
- Melaksanakan input data pembelian peralatan dan perlengkapan kantor yang termasuk aset ke aplikasi SIMDA setiap satu semester Kegiatan 2 5 10 0.01
- Menyajikan data aset dalam bentuk dokumen dan membukukan data aset tiap tahunnya dokumen 14 5 70 0.06
2. Membuat Surat Penunjukan Pemakaian Barang Inventaris 75 0.06
- Menghimpun data ASN pemakai barang inventaris terutama kendaraan dinas dan laptop Kegiatan 1 5 5 0.00
- Membuat surat penetapan pemakai barang inventaris untuk ditandatangani kepala dinas Dokumen 35 2 70 0.06
3. Membuat kodefikasi dan penomoran barang inventaris 20 0.02
- Mencetak nomor dan kode lokasi barang inventaris Kegiatan 2 5 10 0.01
- Menempelkan barcode ke barang inventaris Kegiatan 2 5 10 0.01
4. Membuat Kartu Inventaris Ruangan 112 0.09
- Mendata barang inventaris di setiap ruangan Ruangan 28 2 56 0.04
- Melakukan pencatatan barang inventaris di setiap ruangan kedalam kartu inventaris ruangan Dokumen 28 2 56 0.04
5. Membuat laporan mutasi barang 112 0.09
- Menghitung data penambahan dan pengurangan aset setiap bulan Kegiatan 14 4 56 0.04
- Memasukkan data penambahan dan pengurangan aset ke dalam laporan Mutasi Barang Dokumen 14 4 56 0.04
6. Membuat laporan penerimaan barang 112 0.09
- Menghimpun data pembelian peralatan dan perlengkapan kantor yang termasuk aset setiap satu bulan Kegiatan 14 4 56 0.04
- Memasukkan data pembelian peralatan dan perlengkapan kantor yang termasuk aset ke dalam laporan penerimaan barang Dokumen 14 4 56 0.04
7. Melakukan pencatatan pemeliharaan barang milik daerah 112 0.09
- Menghimpun data barang milik daerah yang dipeliharan setiap bulannya Kegiatan 14 3 42 0.03
- Mencatat pemeliharaan barang ke dalam buku pemeliharaan Dokumen 14 5 70 0.06
8. Membuat Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) 14 0.01
- Mencatat kebutuhan barang inventaris yang diperlukan seluruh bidang tiap tahunnya Kegiatan 2 4 8 0.01
- Memasukan data kebutuhan barang inventaris kedalam format laporan rencana kebutuhan barang unit Kegiatan 2 2 4 0.00
- Menyerahkan data kepada pimpinan sebagai bahan penyusunan RKA Dokumen 2 1 2 0.00
9. Membuat Rencana Tahunan Pemeliharaan Barang Unit (RTPBU) 14 0.01
- Mengecek dan mencatat barang inventaris yang mengalami kerusakan Kegiatan 2 4 8 0.01
- Memasukkan data barang inventaris ke dalam format laporan rencana pemeliharaan kebutuhan barang unit Kegiatan 2 2 4 0.00
- Menyerahkan data kepada pimpinan sebagai bahan penyusunan RKA Dokumen 2 1 2 0.00
10. Membuat Usulan Penghapusan Barang 6 0.00
- Mendata dan mencatat barang inventaris yang sudah rusak berat Kegiatan 1 4 4 0.00
- Memasukkan data barang inventaris yang rusak berat ke dalam format laporan usulan penghapusan barang untuk diserahkan ke Kasubag Umum dan kepegawaian Dokumen 1 2 2 0.00
11. Melaksanakan rekonsiliasi Asset dalam rangka penyusunan laporan barang milik daerah 28 0.02
- Menghimpun data penambahan dan pengurangan asset setiap satu semester Kegiatan 2 2 4 0.00
- Memasukkan data penambahan dan pengurangan asset ke dalam format dan menghitung kapitalisasi asset Dokumen 2 4 8 0.01
- Menghitung data Penyusutan asset Dokumen 2 4 8 0.01
- Menyerahkan data kapitalisasi dan penyusutan asset ke Bidang BMD BPKD untuk kemudian di lakukan rekonsiliasi asset dan penyesuaian data asset di aplikasi Dokumen 2 4 8 0.01
12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh atasan baik lisan maupun tertulis untuk kelancaran pelaksanaan tugas 30 0.02
- Menerima perintah atasan Kegiatan 10 1 10 0.01
- Meminta petunjuk dan melaksanakan perintah Kegiatan 10 2 20 0.02
13. Melaksanakan stock opname barang persediaan 22 0.02
- Mendata stock barang persediaan setiap semester Kegiatan 2 5 10 0.01
- Melakukan pencatatan stock opname barang persediaan Laporan 2 5 10 0.01
- Membuat berita acara stock opname barang persediaan Dokumen 2 1 2 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 741 0.59
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Surat masuk dan disposisi pimpinan / atasan langsung Penyusunan rencana kegiatan bahan dan alat perlengkapan barang
2. Surat masuk dan disposisi pimpinan / atasan langsung Pengecekan barang sesuai dengan bidang tugasnya
3. Surat masuk dan disposisi pimpinan / atasan langsung Pengelolaan barang
4. Rencana dan Realisasi Kegiatan Pengevaluasian secara berkala
5. Surat Pendokumentasian surat
6. Rencana dan Realisasi Kegiatan Pelaporan Pelaksanaan Kegiatan
7. SOP dan Juknis Pelaksanaan tugas lain - lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Juknis Menyusun rencana kegiatan bahan dan alat perlengkapan barang
2. Juknis Melakukan pengecekan barang sesuai dengan bidang tugasnya
3. Juknis / Peraturan Mengelola barang
4. Juknis / Peraturan Melakukan evaluasi secara berkala
5. Juknis / Peraturan Mendokumentasikan surat
6. Rencana Kegiatan Melaporkan pelaksanaan tugas
7. SOP/Juknis/Peraturan Melaksanakan tugas lain - lain
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan tugas dengan baik dan lancar
2. Melaksanakan ketepatan sistem pengelolaan barang
3. Melaksanakan ketertiban administrasi pelaksanaan kegiatan
 
WEWENANG
1. Melaksanakan pengelolaan barang
2. Menolak memberikan informasi yang bersifat rahasia
3. Membantu kelancaran pelaksanaan tugas / kegiatan di Subbagian Umum dan Kepegawaian
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
2. Kepala Sub Bidang Penatausahaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi dan koordinasi kerja
3. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil koordinasi kerja
4. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan Pertanggungjawaban
5. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi
6. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi
7. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
8. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Meminta Arahan
9. Pengadministrasi Umum Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
10. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
11. Pengelola Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
12. Ajudan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
13. Pengemudi VIP Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
14. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Konsultasi
15. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta arahan dan bimbingan
16. Pengadministrasian Umum Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
17. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
18. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
19. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
21. Pengadministrasian Umum Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
22. Pengadministrasian Umum Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
23. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
24. Pengelola Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
25. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
26. Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
27. Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
28. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
29. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Ruangan Kantor
2. Suhu Normal
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Bersih dan Rapi
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tidak Bising
8. Keadaan Tempat Kerja Suana Nyaman
9. Getaran Tidak Ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk dan membungkuk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Dapat mengoperasikan komputer dan membuat konsep kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Pengamatan secara mendalam
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
39 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
165
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
Sedang
Penampilan
:
Sederhana
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar