Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
tugas menlaksanakan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi pengelolaan komunikasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah di daerah.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
sarjana
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
- Diklatpim IV - Diklat Pengelolaan Teknologi Informasi - Diklat Keamanan Informasi - Diklat Perencanaan
2). Teknis
:
Menguasai Manajemen pengelolaan komunikasi publik
c. Pengalaman Kerja
:
- memiliki pengalaman jabatan pelaksana atau jabatan fungsional yang setingkat dengan jabatan pelaksana dalam bidang informasi publik dan media paling singkat 4 (empat) tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai dan memahami Manajemen pengelolaan komunikasi publik
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. merencanakan kegiatan pada Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik berdasarkan program kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas 0 0.00
2. membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik 48 0.04
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan dokumen 3 3 9 0.01
- memaparkan rencana kegiatan seksi pembinaan dan pengawasan kearsipan dokumen 3 3 9 0.01
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan laporan 12 0.5 6 0.00
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan dokumen 12 1 12 0.01
3. membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 48 0.04
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesulitan yang di alamai oleh bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Menganalisis permasalahan bersama dengan atasan untuk menentukan solusi terbaik dokumen 6 2 12 0.01
- Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang di alami dokumen 6 2 12 0.01
4. memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 72 0.06
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Menentukan standar kualistias dan /atau kuantitas hasil kerja dokumen 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan laporan 12 1 12 0.01
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis laporan 12 1 12 0.01
- Memberikan arahan terkait koreksi pada hasil kerja bawahan dokumen 12 2 24 0.02
5. melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis di Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik berdasarkan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas 120 0.10
- Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pengelolaan komunikasi publik sebagai pedoman dan landasan kerja dokumen 6 8 48 0.04
- merencanakan kegiatan dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi Seksi pengelolaan komunikasi publik berpedoman kepada Renstra Dinas Kominfo dokumen 6 12 72 0.06
6. melaksanakan pemantauan isu publik melalui berbagai aspek media serta melaksanakan penjajakan opini, pengaduan masyarakat dan penjaringan aspirasi publik serta partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai media pelayanan publik 192 0.15
- mencari informasi mengenai isu publik melalui berbagai aspek media bahan 12 4 48 0.04
- melakukan penjajakan opini terhadap isu publik melalui berbagai aspek media kegiatan 12 6 72 0.06
- menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi publik serta partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai media pelayanan publik laporan 12 6 72 0.06
7. melakukan pembinaan dan pengembangan komunikasi publik, melalui pemberdayaan kelompok dan organisasi masyarakat serta pemanfaatan media tradisional berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai sarana komunikasi publik 114 0.09
- menyiapkan bahan dan melaksanakan diseminasi informasi publik melalui media tradisional, dan kelompok informasi masyarakat bahan 6 5 30 0.02
- menghimpun kelompok masyarakat yang bisa menjadi media dalam penyebaran informasi sebagai sarana komunikasi publik dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan pembinaan dan pengembangan komunikasi publik kepda kelompok penyebaran informasi yang tergabung dalam kelompok media tradisional kegiatan 12 5 60 0.05
8. melakukan pemberdayaan serta koordinasi kelompok/komunitas komunikasi pemerintah dan lintas sektoral dalam peningkatan kualitas dan kuantitas komunikasi publik berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pelaksanaan tugas 204 0.16
- menyiapkan bahan kesepakatan dan kerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan penyebarluasan informasi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dokumen 12 6 72 0.06
- menyiapkan bahan pelaksanaan pendataan, pemberdayaan kelompok-kelompok informasi masyarakat laporan 12 6 72 0.06
- melakukan pembinaan terhadap kelompok/komunitas komunikasi pemerintah dan lintas sektoral dalam peningkatan kualitas dan kuantitas komunikasi publik berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku kegiatan 12 5 60 0.05
9. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 96 0.08
- melaksanakan dan mempedomani Sistem Pengendalian Intern Pemerintah kegiatan 12 4 48 0.04
- melaksankaan dan mempedomani Standar Operasional Prosedur SOP 6 4 24 0.02
- melaksanakan dan mempedomani Standar Pelayanan Publik SPP 6 4 24 0.02
10. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan pelaksanaan tugas berdasarkan ketentuan yang berlaku 250 0.20
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan staf bidang kearsipan konsep 35 2 70 0.06
- Menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja hasil kerja 30 2 60 0.05
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan hasil kerja 30 1 30 0.02
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis data koreksi 30 2 60 0.05
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan hasil kerja 30 1 30 0.02
11. melaporkan hasil kegiatan Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 10 0.01
- Menganalisis laporan yang diterima dari bawahan dokumen 1 2 2 0.00
- Membahas bahan laporan dengan bawahan dokumen 1 2 2 0.00
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas laporan 1 2 2 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan laporan 1 2 2 0.00
- memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas laporan 1 2 2 0.00
12. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan 138 0.11
- Menelaah ,mempelajari dan menindaklanjuti perintah yang diberikan oleh atasan baik lisan ataupun tulisan laporan 6 3 18 0.01
- Mengikuti rapat koordinasi dalam dan luar daerah laporan 6 6 36 0.03
- Mengikuti rapat koordinasi antar OPD dilingkup pemerintahan Kota Padang Panjang laporan 12 4 48 0.04
- melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan laporan 6 2 12 0.01
- Menjalankan tugas kegiatan 6 2 12 0.01
- Mempelajari tugas kegiatan 6 2 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1292 1.04
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan terkait dengan Pengelolaan Komunikasi Publik Dasar Hukum pelaksanaan tugas
2. RPJM, Renstra Kemenkominfo, Renstra BPS, RPJMD Provinsi, RPJMD Kota, Renstra Dinas, Renja Dinas Pedoman Pelaksanaan tugas
3. Hasil Koordinasi dengan KL dan OPD terkait Pedoman Pelaksanaan tugas dalam pengelolaan komunikasi publik
4. Disposisi Atasan Pedoman Pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. RPJMD Kota, Renstra Dinas, Renja Dinas, DPA Dinas, SOP pedoman kerja
2. komupter /leptop Sarana kerja
3. peralatan studio sarana prasarana penyampaian informasi secara luas
4. Jaringan internet/intranet Menunjang pelaksanaan tugas
5. kendaraan roda empat sarana prasarana mobilitas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan tanggungjawab seluruh kegiatan Seksi Infrastruktur Teknologi dan Persandian
2. Melaksanakan pembinaan kepada bawahan
3. Melaksanakan Ketepatan pembagian tugas kepada bawahan
 
WEWENANG
1. Meminta bahan laporan kepada seluruh staf Seksi pengelolaan komunikasi publik
2. Memberi tugas kepada seluruh staf Seksi pengelolaan komunikasi publik
3. menegur bawahan yang tidak disiplin
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Memberikan data dan laporan
2. Kepala Seksi Dokumentasi dan Hubungan Media Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerja sama
3. Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerja sama
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam dan di luar ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan nyaman
5. Letak datar
6. Penerangan cukup listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja nyaman
9. Getaran tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. pisikis tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. kelelahan beban kerja yang beragam dan membutuhkan pioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
terampil dalam komunikasi dan komputer, mampu menganalisis dan mengevaluasi, serta mampu menyusun data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
S, Performing under Stress (PUS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mengangkat
Membawa
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Penyesuaian lensa mata
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
50
Tinggi Badan (cm)
:
155
Berat Badan (kg)
:
70
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
menarik dan tampan
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar