Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Memimpin, mengkoordinasikan, dan menyusun bahan kebijakan terkait Akuntansi yang meliputi akuntansi, verifikasi dan pelaporan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai tujuan Badan Pengelola Keuangan Daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Bidang ilmu ekonomi, pemerintahan, hukum, sosial, manajemen atau bidang lain yang relevan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim Tk. IV, III
2). Teknis
:
Kursus keuangan daerah, kursus perencanaan, kursus administrasi perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Jabatan Kasubag pada bidang akuntasi atau sub bagian lain yang relevan minimal 4 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
pengetahunan teknis dibidang akuntansi dan perbendaharaan daerah
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun program kerja dibidang Akuntansi dan Pelaporan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditertapkan sebagai pedoman untuk pelaksanaan tugas. 175 0.14
- Menelaah rencana kerja, program kerja dan kegiatan bidang Akuntansi dan Pelaporan dokumen 5 5 25 0.02
- Menyusun konsep program kerja bersama tim perumus bidang Akuntansi dan Pelaporan dokumen 5 10 50 0.04
- Mempresentasikan hasil penyusunan konsep program kerja kepeda Kepala BPKD dokumen 5 5 25 0.02
- Mempresentasikan hasil penyusunan konsep program kerja kepeda Kepala BPKD dokumen 5 5 25 0.02
- Memfinalisasi konsep program kerja kepada Kepala BPKD dokumen 5 10 50 0.04
2. membagi tugas kepada bawahan di lingkup Bidang Akuntansi dan Pelaporan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien 310 0.25
- menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan kepala sub bagian pada Bidang Akuntansi dan Pelaporan dokumen 5 5 25 0.02
- memaparkan rencana kegiatan bidang Akuntansi dan pelaporan frekwensi 5 5 25 0.02
- menghimpun saran dan masukan dari kepala sub bidang frekwensi 12 5 60 0.05
- memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala sub bidang frekwensi 5 20 100 0.08
- menentukan target waktu penyelesaian frekwensi 5 20 100 0.08
3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkup Bidang Akuntasi dan Pelaporan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas 432 0.35
- mejabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan pada kasubid frekwensi 36 5 180 0.14
- memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada para kasubid frekwensi 36 5 180 0.14
- menentukan target waktu penyelesaian frekwensi 36 2 72 0.06
4. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Bidang Akuntasi dan Pelaporan dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang 396 0.32
- menetukan target kerja sesuai dengan rencana kegiatan bidang dokumen 36 2 72 0.06
- mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan kepala sub bidang frekwensi 36 4 144 0.12
- mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegaitan dengan kepala sub bidang frekwensi 36 2 72 0.06
- memberikan langkah langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan kepada kepala sub bidang frekwensi 36 3 108 0.09
5. membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 84 0.07
- menganalisa laporan yang diterima dari kasubid dokumen 24 1 24 0.02
- membahas bahan laporan dengan kasubid dokumen 24 1 24 0.02
- membuat konsep laporan pelaksanaan tugas dokumen 12 2 24 0.02
- mengkonsultasikan konsep laporan kepada kepala Badan dokumen 12 1 12 0.01
6. Menyusun bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan efektif dan efisien 144 0.12
- menelaah bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait frekwensi 12 4 48 0.04
- memberikan masukan bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait frekwensi 12 4 48 0.04
- mendiskusikan bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait dengan atasan frekwensi 12 4 48 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1541 1.25
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Program renstra SKPD Pedoman dalam penyusunan rencana
2. beban tugas pembagian tugas kepada bawahan
3. tugas pengarahan tugas bawahan
4. program dan kegaitan penetapan prioritas kerja
5. naskah dinas dan dokumen dinas penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian
6. dokumen pelaksanaan anggaran proses penatausahaan keuangan
7. pelaksanaan kegaitan BPKD pelaksnaaan urusan kearsipan, tatalaksana kantor dan hubungan masyarakat
8. tugas pokok dan fungsi pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan
9. laporan pelaksanaan tugas bawahan bahan evaluasi, pelaporan tugas kepada atasan
10. materi arahan atasan melaksnakan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan SOPD membagi tugas kepada bawahan
2. SOP dan Juknis memberi petunjuk tugas kepada bawahan
3. peraturan memeriksa konsep dan pekerjaan bawahan
4. Rencana kegaitan melaksanakan evaluasi hasil kerja bawahan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa kelancaran pelaksanaan rencana operasional dan kegiatan secara efektif dan efisien
2. Memeriksa pelaksanaan rencana dan program kerja bawahan
3. Memeriksa ketepatan, kebenaran dan keamanan hasil kerja
4. Memeriksa ketepatan dan kebenaran penyusunan lapororan kegiatan, keuangan dan SPJ
 
WEWENANG
1. melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait pelaksanaan kerja
2. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
3. memberikan paraf sesuai ketentuan pada setiap konsep dokumen
4. membina bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
5. meminta pertanggungjawabana dan laporan pelaksanaan tugas bawahan
6. mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi dan pelaporan tugas
2. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi kerja
3. Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi kerja
4. Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi kerja
5. Kepala Sub Bagian Verifikasi dan Akuntansi Badan Pengelola Keuangan Daerah perintah kerja
6. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam dan luar ruangan
2. Suhu dingin
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
2. kelelahan fisik terlalu lama duduk dan membungkuk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
mengoperasikan komputer dan berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Berbicara
Mendengar
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
35
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O3, Menyelia

Kembali ke daftar