Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Bidang Pendapatan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pendapatan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Memimpin, mengkoordinasikan, dan menyusun bahan kebijakan terkait pengelolaan pendapatan asli daerah sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapai tujuan Badan Pengelola Keuangan Daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim Tk. IV, III
2). Teknis
:
Kursus keuangan daerah, kursus perencanaan, kursus administrasi perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman pada Jabatan pengawas paling singkat 3 (tiga) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pengawas sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun program kerja dibidang Pendapatan berdasarkan sasaran dan program kerja tahunan Badan yang telah ditertapkan sebagai pedoman untuk pelaksanaan tugas. 0 0.00
- Menelaah rencana kerja, program kerja dan kegiatan bidang Pendapatan 0 0.00
- Menyusun konsep program kerja bersama tim perumus bidang Pendapatan 0 0.00
- Mempresentasikan hasil penyusunan konsep program kerja kepeda Kepala BPKD 0 0.00
- Membubuhkan paraf pada konsep perumusan program kerja 0 0.00
- memfinalisasi konsep program kerja kepada Kepala BPKD 0 0.00
2. membagi tugas kepada bawahan di lingkup Bidang Pendapatan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien 246 0.20
- menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tigas yang harus dilaksanakan kepala sub bagian pada bidang pendapatan 6 5 30 0.02
- memaparkan rencana kegiatan bidang pendapatan 6 5 30 0.02
- menghimpun saran dan masukan dari kepala sub bidang 12 5 60 0.05
- memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada Kepala sub bidang 6 20 120 0.10
- menentukan target waktu penyelesaian 6 1 6 0.00
3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkup Bidang Pendapatan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas 0 0.00
- mejabarkan rencana kegiatan menjadi tugas tugas yang harus dilaksanakan pada kasubid 0 0.00
- memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada para kasubid 0 0.00
- menentukan target waktu penyelesaian 0 0.00
4. mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Bidang Pendapatan dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang 0 0.00
- menetukan target kerja sesuai dengan rencana kegaitan bidang 0 0.00
- mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan kepala sub bidang 0 0.00
- mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegaitan dengan kepala sub bidang 0 0.00
- memberikan langkah langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan kepada kepala sub bidang 0 0.00
5. membuat laporan pelaksanaan tugas Bidang sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 0 0.00
- menganalisa laporan yang diterima dari kasubid 0 0.00
- membahas bahan laporan dengan kasubid 0 0.00
- membuat konsep laporan pelaksanaan tugas 0 0.00
- mengkonsultasikan konsep laporan kepada kepala Badan 0 0.00
6. Menyusun bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait 144 0.12
- menelaah bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait frekwensi 12 4 48 0.04
- meberikan masukan terkait bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait kepada bawahan frekwensi 12 4 48 0.04
- mendiskusikan bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan umum dan hubungan kerja dengan instansi dan unit kerja terkait frekwensi 12 4 48 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 390 0.32
0 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Program renstra SKPD Pedoman dalam penyusunan rencana
2. beban tugas pembagian tugas kepada bawahan
3. SOP tugas pengarahan tugas bawahan
4. program dan kegiatan penetapan prioritas kerja
5. naskah dinas dan dokumen dinas penyelenggaraan administrasi umum dan kepegawaian
6. dokumen pelaksanaan anggaran proses penatausahaan keuangan
7. tata naskah dinas pelaksanaan urusan kearsipan, tatalaksana kantor
8. tugas pokok dan fungsi pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan
9. laporan pelaksanaan tugas bawahan bahan evaluasi, pelaporan tugas kepada atasan
10. materi arahan atasan melaksnakan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP membagi tugas kepada bawahan
2. SOP dan Juknis memberi petunjuk tugas kepada bawahan
3. peraturan memeriksa konsep dan pekerjaan bawahan
4. Rencana kegaitan melaksanakan evaluasi hasil kerja bawahan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa kelancaran pelaksanaan rencana operasional dan kegiatan secara efektif dan efisien
2. Memeriksa pelaksanaan rencana dan program kerja bawahan
3. Memeriksa ketepatan, kebenaran dan keamanan hasil kerja
4. Memeriksa ketepatan dan kebenaran penyusunan lapororan kegiatan, keuangan dan SPJ
 
WEWENANG
1. melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait pelaksanaan kerja
2. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
3. memberikan paraf sesuai ketentuan pada setiap konsep dokumen
4. membina bawahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
5. meminta pertanggungjawabana dan laporan pelaksanaan tugas bawahan
6. mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi dan pelaporan tugas
2. Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi kerja
3. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah kordinasi kerja
4. Kepala Sub Bidang Penagihan dan Keberatan Badan Pengelola Keuangan Daerah perintah kerja
5. Kepala Sub Bidang Penetapan dan Pembukuan Badan Pengelola Keuangan Daerah perintah kerja
6. Kepala Sub Bidang Pendapatan dan Pendaftaran Badan Pengelola Keuangan Daerah perintah kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam dan luar ruangan
2. Suhu dingin dan panas
3. Udara sejuk dan panas
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang dan bising
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
2. kelelahan fisik terlalu lama duduk dan membungkuk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
mengoperasikan komputer dan berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
45
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
Hubungan dengan Orang
:
O5, Mempengaruhi

Kembali ke daftar