Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengolah Data Tata Organisasi dan Tata Laksana
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Organisasi
c. Pengawas
:
Sub Bagian Tata Laksana
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan Pengelolaan data dan penyusunan laporan di bidang sistem dan prosedur kerja, sistem administrasi umum dan tata laksana pelayanan publik
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-III Hubungan Masyarakat; D-III Administrasi; D-III Komunikasi; D-III Ekonomi; D-III Teknik Informatika; D-III Komputer
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Bimtek SOP
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Organisasi dan Tata Laksana
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koordinasi dan penyusunan laporan di bidang tata naskah 82 0.07
- Menyiapkan bahan rapat evaluasi kinerja OPD Bahan rapat 12 1 12 0.01
- Melakukan koordinasi pembinaan SOP dan mengevaluasi setiap SOP yang ada Koordinasi dan evaluasi 24 1 24 0.02
- Menyiapkan bahan untuk monitoring pelayanan publik Bahan monitoring 1 1 1 0.00
- Penyusunan laporan monitoring pelayanan publik Laporan 1 1 1 0.00
- Melakukan koordinasi penyusunan SPM Koordinasi 6 1 6 0.00
- Menyiapkan bahan dalam rangka survey kepuasan masyarakat serta menyusun laporan SKM Bahan dan laporan SKM 24 1 24 0.02
- Menyiapkan bahan dalam penyusunan TND Kota Padang Panjang Bahan TND 1 1 1 0.00
- Menyiapkan bahan dalam rangka monitoring penerapan reformasi birokrasi Bahan monitoring RB 1 1 1 0.00
- Melaporkan pelaksanaan tugas Laporan 12 1 12 0.01
2. Menyiapkan bahan bahan di bidang tata laksana, dan pelayanan publik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 144 0.12
- Mempelajari dan menelaah konsep program kerja, bahan dan alat pengelola data. Dokumen Tata Laksana, SOP, dan Pelayanan Publik 24 1 24 0.02
- Mengetik konsep program kerja dan menyerahkannya kepada Kasubag. Dokumen Tata Laksana, SOP, dan Pelayanan Publik 24 1 24 0.02
- Menyiapkan bahan penyusunan SOP, IKM/SKM, dan pembinaan pelayanan publik berupa kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data. Dokumen Tata Laksana, SOP, dan Pelayanan Publik 24 1 24 0.02
- Menyusun jadwal untuk persiapan, pelaksanaan pengumpulan data, pengolahan data indeks dan penyusunan pelaporan, SOP dan pembinaan pelayanan publik, IKM/SKM dalam rangka penilaian. Dokumen Tata Laksana, SOP, dan Pelayanan Publik 24 1 24 0.02
- Mengumpulkan data untuk memperoleh data yang akurat dan objektif Dokumen Tata Laksana, SOP, dan Pelayanan Publik 24 1 24 0.02
- Mengolah data IKM/SKM, SOP, dan Pelayanan Publik Dokumen Tata Laksana, SOP, dan Pelayanan Publik 24 1 24 0.02
3. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal. 120 0.10
- Mengetik surat tugas tim penyusunan standar pelayanan publik, SOP, SKM, dan pembinaan pelayanan publik. Dokumen 24 1 24 0.02
- Melakukan identifikasi prosedur pelayanan yang dibakukan, SOP, SKM serta pelayanan publik Dokumen 24 1 24 0.02
- Menyusun dan mengetik aturan pakaian dinas, pola jam kerja, serta aturan dibidang ketata laksanaan Dokumen 24 1 24 0.02
- Memeriksa hasil olahan pembahasan standar pelayanan, aturan ketata laksanaan, SKM, serta SOP untuk memastikan kelengkapan, kebenaran, dan kesesuaian. Dokumen 24 1 24 0.02
- Menyerahkan rancangan dokumen standar pelayanan, SOP pelayanan kepada kepala OPD untuk diterapkan pada masing-masing OPD Dokumen 24 1 24 0.02
4. Menyusun laporan SOP, SKM, dan pelayanan publik secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya. 192 0.15
- Mengetik surat tugas tim penyusun IKM/SKM, SP, SOP, dan Pembinaan Pelayanan Publik Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Mengidentifikasi data pendukung laporan SOP, SP, dan pelayanan publik Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Memverifikasi standar teknis SOP, SP yang menjadi acuan untuk pelaksanaan tugas Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Memperbaiki data hasil verifikasi dan dikoreksi oleh Kasubag Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Memfinalisasi laporan SOP, SP, dan Pelayanan Publik, serta SKM KAsubag Tata Laksana Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Mengetik surat pengantar penyerahan hasil verifikasi dokumen Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kasubag tata laksana Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
- Menyerahkan dan menggandakan dokumen yang telah mendapat validasi dan pengesahan oleh Kabag Organisasi Dokumen IKM/SKM 24 1 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 538 0.44
0 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. dokumen rencana kerja terkait bidang tata laksana dan pelayanan publik Sebagai dasar
2. dokumen rencana kerja terkait bidang tata laksana dan pelayanan publik Sebagai dasar
3. dokumen rencana kerja terkait bidang tata laksana dan pelayanan publik Sebagai dasar
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
2. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
3. Peraturan perundang-undangan/SOP/TUPOKSI Sebagai pedoman
TANGGUNG JAWAB
1. Ketersediaannya dokumen masing-masing pegawai
2. Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan/SOP
 
WEWENANG
Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pelaksanaan tugas
2. Fungsional Umum Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar