Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Lurah Bukit Surungan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
-
b. Administrasi
:
Camat Padang Panjang Barat
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
memimpin dan menyusun rencana operasional kegiatan organisasi dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku sehingga tertib administrasi dalam plaksanaan kegitana secara tepat dan terpadu untuk kelancaran pelaksanaan tugas
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S I
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
Diklat Pim IV ; Diklat Pemerintahan Umum, Diklat kelembagaan masyarakat,SOP Pelayanan
c. Pengalaman Kerja
:
mengetahui manjemen pemerintahan dan pealayanan Publik
d. Pengetahuan Kerja
:
mengetahui manjemen pemerintahan dan pealayanan Publik
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Kelurahan Bukit Surungan sesuai dengan program kerja kecamatan Padang Panjang Barat sebagai pedoman pelaksanaan tugas; 10 0.01
- Mempelajari peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan tugas kegiatan 1 1 1 0.00
- Merencanakan kegiatan Kelurahan Bukit Surungan berdasarkan rencana operasional organisasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas Dokumen Rencana Operasional 2 3 6 0.00
- Melaporkan hasil perencanaan kepada Camat laporan 1 3 3 0.00
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas di Kelurahan BukSurungan 8 0.01
- Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas di Kelurahan Silaing Bawah kegiatan 1 3 3 0.00
- Melakukan Pengawasan terhadap tugas Bawahan kegiatan 1 5 5 0.00
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan Silaing Bawah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 9 0.01
- Mempelajari aturan dan prosedur terkait pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya kegiatan 1 3 3 0.00
- Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan Silaing Bawah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar kegiatan 1 3 3 0.00
- Melakukan Evaluasi terhadap pelaksanaan tugas bawahan di Kelurahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya kegiatan 1 3 3 0.00
4. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan kesekretariatan Kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 24 0.02
- Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan kesekretariatan Kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 1 12 12 0.01
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
5. menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan tata pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 420 0.34
- menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan tata pemerintahan, ketentraman dan ketertiban umum, di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 12 34 408 0.33
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
6. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 276 0.22
- Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 12 22 264 0.21
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
7. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan pelayanan dan sosial kemasyarakatan di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal 156 0.12
- Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan urusan pelayanan dan sosial kemasyarakatan di kelurahan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tercapainya kinerja yang optimal kegiatan 12 12 144 0.12
- Melakukan evaluasi kegiatan kegiatan 1 12 12 0.01
8. melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 144 0.12
- melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan kegiatan 12 12 144 0.12
9. memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 144 0.12
- memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di Kelurahan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan kegiatan 12 12 144 0.12
10. melaporkan hasil kegiatan di kelurahan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 144 0.12
- melaporkan hasil kegiatan di kelurahan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja kegiatan 12 12 144 0.12
11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan 144 0.12
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan kegiatan 12 12 144 0.12
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1479 1.21
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   6 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. DPA Pelaksanaan kegiatan
2. Rencana kerja pelaksanan kegiatan
3. Petujuk teknis kegiatan Petujuk Pelaksanaan tugas pada bawahan
4. beban kerja Pembagian tugas pada bawahan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. rencana kegiatan dasar pelaksanaan kegiatan
2. DPA dasar pelaksanaan kegiatan
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan kegiatan yg telak direncaakan
2. Memfasilitasi pelayanan publik
3. Melaksanakan sop /juknis
 
WEWENANG
1. menetapkan rencana operasional kegiatan
2. motivasi kepada bawahan
3. melaksanakan dan mengendalikan kegiatan
4. menjaga keharmonisan internal dan eksternal
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat koordinasi
2. Sekretaris Kelurahan Bukit Surungan koordinasi dan pelkasanaan tugas
3. Analis Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara Kelurahan Bukit Surungan Pelaksanan kegiatan
4. Kepala Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan Koordinasi
5. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
2. -
3. -
4. -
5. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer, Komunikasi, analisis dan evaluasi, Pemecahan masalah
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 58 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar