Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Data Penyajian dan Publikasi
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dan Pemanfaatan Data
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data
IKHTISAR JABATAN
5. Ikhtisar Jabatan : Melakukan penyiapan bahan dan penyusunan administrasi dalam penyajian data Kependudukan Serta Membuat Bahan Publikasi Data Dalam Bermacam Bentuk Media Penyajian.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Diploma III / IV / Sarjana S.1 di bidang Teknik Informatika / Ilmu Komputer / Design Grafis /Administrasi
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman yang relevan dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan Perundang-undangan tentang Pengadministrasi Data Penyajian dan Publikasi.
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Membantu menyusun administrasi rencana, program kerja, dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi pengadministrasian data penyajian dan publikasi 180 0.14
- menyiapkan bahan Rencana Kerja dan Rencana Strategis yang berkenaan dengan pengadministrasian data penyajian dan publikasi; dokumen 6 8 48 0.04
- mempelajari tugas pokok dan fungsi pengadministrasian data penyajian dan publikasi dokumen 6 8 48 0.04
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 8 48 0.04
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dokumen 6 4 24 0.02
- menyiapkan bahan konsep dokumen perencanaan berkenaan pengadministrasian data penyajian dan publikasi dokumen 4 3 12 0.01
2. Membantu atasan langsung menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pengadministrasian data penyajian dan publikasi. 248 0.20
- mempelajari tugas pokok dan fungsi pengadministrasian data penyajian dan publikasi dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dokumen 100 2 200 0.16
3. Membantu atasan langsung menyiapkan bahan kebijakan dan bahan petunjuk teknis yang berkaitan dengan tupoksi pada pengadministrasian data penyajian dan publikasi. 120 0.10
- mengumpulkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pengadministrasian data penyajian dan publikasi; dokumen 12 4 48 0.04
- menelaah dan menganalisa peraturan perundang-undangan sebagai dasar pelaksanaan tugas dokumen 12 6 72 0.06
4. Pengadministrasian data penyajian dan publikasi dalam berbagai konsep penyajian dan publikasi. 386 0.31
- berkoordinasi dengan atasan dokumen 100 3 300 0.24
- merancang penyajian data dan informasi dokumen 10 8 80 0.06
- memberikan saran dan masukan dalam penyajian data dan informasi dokumen 2 3 6 0.00
5. Membantu Menyiapkan pelaksanaan publikasi dan sosialisasi data dan informasi kependudukan 330 0.26
- mengetik laporan publikasi dan sosialisasi data dan informasi kependudukan dokumen 2 3 6 0.00
- melakukan persiapan pubikasi dan sosialisasi data dan informasi dokumen 4 4 16 0.01
- merancang penyajian data dan informasi dokumen 2 4 8 0.01
- melakukan koordinasi dengan atasan dan pihak terkait dokumen 100 3 300 0.24
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1264 1.01
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Data kependudukan Melakukan Pengadministrasian data penyajian dan merealisasikan konsep publikasi dari atasan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Undang-undang kependudukan Pedoman kerja
2. Renstra Dinas Pedoman kerja
3. Komputer/Laptop Administrasi bahan penyajian dan publikasi data
4. Juknis Petujuk teknis pelaksanaan tugas
5. SOP Pedoman pelaksanaan prosedur pekerjaan
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa keakuratan data kependudukan yang disajikan dan dilaporkan
2. Mengelola penyajian dan publikasi data secara berkala
3. Menyimpan kerahasiaan data penduduk
4. Menyusun administrasi Publikasi data dan informasi kepada masyarakat
5. Menyusun konsep penyajian data kependudukan
 
WEWENANG
1. menyiapkan bahan konsep rencana pengadministrasian data penyajian dan publikasi
2. membantu atasan dalam pelaksanaan tugas
3. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan.
4. koordinasi dan konsultasi dengan atasan.
5. koordinasi dengan unit lain jika dibutuhkan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan Koordinasi Kerja
2. Penyusun Analis Dampak Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar