Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program pelayanan pencatatan sipil dalam arti melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan penerbitan dokumen pencatatan sipil.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV
2). Teknis
:
Diklat/Bimtek Pelayanan Pencatatan Sipil
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam jabatan pelaksana paling singkat 4 tahun atau JF yang setingkat dengan jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan Peundang-undangan tentang pelayanan pencatatan sipil
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun rencana, program kerja, dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil berpedoman kepada rencana strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 93 0.07
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
- menyusun konsep dokumen perencanaan dokumen 3 3 9 0.01
2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan pelayanan pencatatan sipil 84 0.07
- mempelajari Rencana Strategis Dinas yang berkaitan dengan Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari tugas pokok dan fungsi Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil dokumen 6 4 24 0.02
- mempelajari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dokumen 6 4 24 0.02
- melakukan koordinasi dengan atasan langsung dan subag perencanaan dokumen 6 2 12 0.01
3. Membina dan melakukan pengawasan mobilitas penduduk 32 0.03
- menyiapkan format pembinaan dan pengawasan kegiatan 4 1 4 0.00
- melakukan rapat persiapan kegiatan 4 3 12 0.01
- memonitor kegiatan 4 4 16 0.01
4. Mendistribusikan blangko-blangko dokumen Akta Pencatatan Sipil ke Kecamatan dan Kelurahan 14 0.01
- memerintahkan dan memberi arahan kepada bawahan tentang tata cara pendistribusian blanko-blanko pendistribusian 1 3 3 0.00
- mengawasi pendistribusian blanko ke kelurahan dan kecamatan pendistribusian 1 7 7 0.01
- menerima laporan hasil pendistribusian dari bawahan pendistribusian 1 4 4 0.00
5. Melaksanakan pelayanan dan penerbitan dokumen Akta Pencatatan Sipil 1217.5 0.97
- Pelayanan Akta Kelahiran akta 4500 0.25 1125 0.90
- Pelayanan Akta Kematian akta 350 0.25 87.5 0.07
- Pelayanan Akta Perkawinan akta 10 0.25 2.5 0.00
- Pelayanan Akta Perceraian akta 5 0.25 1.25 0.00
- Pelayanan Akta Pengakuan Anak akta 5 0.25 1.25 0.00
6. Membuat laporan Pelayanan Pencatatan Sipil 84 0.07
- membuat laporan Pelayanan Pencatatan Sipil laporan 12 7 84 0.07
7. Merencanakan, melaksanakan dan membuat laporan serta mengevaluasi kegiatan sosialisasi lingkup seksi Pelayanan Pencatatan Sipil 112 0.09
- merencanakan pelaksanaan sosialisasi sosialisasi 2 21 42 0.03
- melaksanakan sosialisasi sosialisasi 2 14 28 0.02
- membuat laporan sosialisasi sosialisasi 2 14 28 0.02
- mengevaluasi pelaksanaan sosialisasi sosialisasi 2 7 14 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1636.5 1.31
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Pedoman kerja
2. Hasil Inventarisasi masalah Pembagian tugas kepada bawahan
3. Jadwal dan Rencana Kegiatan Penyusunan rencana kerja seksi Identitas Kependudukan
4. SOP Pelayanan pendaftaran identitas kependudukan
5. Pelayanan Akta Capil Menyelia pelaksanaan pelayanan capil
6. Permasalahan formulir isian Capil Monitoring formulir-formulir capil
7. Laporan pelaksanaan tugas kepada pimpinan Kesempurnaan kerja serta masukan untuk pimpinan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana operasional bidang Menyusun rencana kegiatan bidang
2. Disposisi pimpinan Melaksanakan program dan evaluasi program
3. SOP dan Juknis Memeriksa hasil kerja bawahan
4. Rencana Kegiatan Seksi Melaksanakan program dan evaluasi program
5. Hasil Rapat Melaksanakan program dan evaluasi program
6. Permasalahan Akta Pemberian monitoring dan evaluasi terhadap akta
7. Hasil Rapat Melaksanakan evaluasi tugas bawahan
8. Rencana kegiatan dan laporan pertanggungjawaban Melaporkan pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Kebenaran rencana kerja
2. Memeriksa ketepatan dan kelayakan pembagian tugas kepada bawahan.
3. Memeriksa kelancaran tugas staf
4. Melayani hasil kerja bawahan
 
WEWENANG
1. Menyusun dan menyiapkan konsep rencana di lingkungan Seksi Pelayanan capil
2. Memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas para bawahan.
3. Memberi paraf sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap persetujuan konsep dokumen/surat yang diajukan pada bawahan untuk ditanda tangani atasan.
4. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan.
5. Berkoordinasi dengan unit kerja untuk kelancaran kerja
6. Mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan.
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
2. Kepala Seksi Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
3. Kepala Seksi Pendokumentasian Dokumen Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
4. Pengadministrasi Akta Kelahiran dan Kematian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi tugas
5. Pengadministrasi Akta Perkawinan, Perceraian, Pengakuan , Pengangkatan dan Pengesahan Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Membagi tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar