Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Sekretaris Kecamatan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
-
b. Administrasi
:
Camat Padang Panjang Barat
c. Pengawas
:
pengawas
IKHTISAR JABATAN
merencanakan,melaksanakan ,mengendalikan,mengevaluasi dan melaporkan kegiatan urusan umum dan kepegawaian kecamatan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku sehingga tertib Administrasi dalam pelaksanaan Urusan Umum dan Kepegawaian dapat terlaksana secara tepat dan terpadu untuk kelancaran pelaksanaaan tugas
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S.1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
diklat pim IV
2). Teknis
:
bimtek teknis Umum dan kepegawaian, manajemen pemerintahan daerah, diklat pelayanan publik, LAKIP
c. Pengalaman Kerja
:
minimal 2 tahun pernah menduduki jabatan eselon IV
d. Pengetahuan Kerja
:
mengetahui Peraturan dan perundang-undang tentang kepegawaian dan sekretariatan dan tata naskah dinas, mengenal manajemen pemerintahan dan pembangunan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan kecamatan 44355 35.48
- merencanakan operasional dilingkungan sekretariat kecamatan sesuai dengan program kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas Dokumen 15 45 675 0.54
- membagi tugas kepada bahawan bersadasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas kesekretariatan Dokumen 12 540 6480 5.18
- memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas Dokumen 12 350 4200 3.36
- menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkup sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar mencapai target kinerja yang diharapkan Dokumen 24 250 6000 4.80
- merumuskan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan sub bagian umum dan kepegawaian sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas Dokumen 12 360 4320 3.46
- merumuskan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan sub bagian keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi dalam pelaksanaan tugas Dokumen 12 460 5520 4.42
- merancang sistem pengendalian interen pemerintah standar operasional prosedur, dan standar pelayanan publik sesuai dengan bidang tugas untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan Dokumen 12 450 5400 4.32
- mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup sekretariat dengan membandingkan rencana operasional dengan tugas tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja dimasa yang akan datang Dokumen 12 350 4200 3.36
- membuat laporan pelaksanaan tugas sekretariat sesuai dengan tugas yang dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntanbilitas kinerja, dan Dokumen 12 270 3240 2.59
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan Dokumen 12 360 4320 3.46
2. melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan kecamatan 1059 0.85
- merencanakan operasional dilingkungan sekretariat kecamatan sesuai dengan program kerja kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas dokumen 15 5 75 0.06
- membagi tugas kepada bahawan bersadasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas kesekretariatan dokumen 12 10 120 0.10
- memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 10 120 0.10
- menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkup sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar mencapai target kinerja yang diharapkan dokumen 24 4 96 0.08
- merumuskan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan sub bagian umum dan kepegawaian sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 10 120 0.10
- merumuskan kebijakan teknis dan bahan koordinasi yang berhubungan dengan sub bagian keuangan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 6 72 0.06
- merancang sistem pengendalian interen pemerintah standar operasional prosedur, dan standar pelayanan publik sesuai dengan bidang tugas untuk efektifitas pelaksanaan kegiatan dokumen 12 10 120 0.10
- mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkup sekretariat dengan membandingkan rencana operasional dengan tugas tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja dimasa yang akan datang dokumen 12 8 96 0.08
- membuat laporan pelaksanaan tugas sekretariat sesuai dengan tugas yang dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntanbilitas kinerja, dan dokumen 12 10 120 0.10
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tulisan dokumen 12 10 120 0.10
Jumlah Kebutuhan Pegawai 45414 36.33
36 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. regulasi,peraturan walikota,Peraturan Daerah dasar Pelaksanaan tugas
2. Beban Kerja Tugas yang harus dilaksanakan
3. Tugas Bimbingan Pelaksanaan Tugas ke Bawahan
4. Hasil Kerja Bawahan Pengoreksian hasil Kerja Bawahan
5. Rencana dan Realisasi kegiatan penyusunan rencana kegiatan SOPD
6. rencana kegiatan kecamatan pelaksanaan evaluasi di lingkungan SOPD
7. Perintah pimpinan Pelaksanaan tugas lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Kegiatan Menyusun Rencana kegiatan kecamatan
2. SOP dan SOTK Membagi Tugas Bawahan
3. SOP dan Juknis membimbing pelaksanaan Tugas bawahan
4. SOP dan Juknis Mengeroksi hasil Kerja Bawahan
5. Rencana Kegiatan Melaksanakan Evaluasi tugas
6. Surat Perintah/surat Tugas Melaksanakan tugas lain
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan renja.lakip KAK
2. Melaksanakan Koordinasi pada kegiatan kecamatan
3. Memeriksa tersedianya laporan yang akurat
4. Memfasilitasi tersedianya sarana prasarana kantor
5. Memeriksa penyusunan program dan kegiatan
 
WEWENANG
1. Merencanakan dan menjadwalkan pekerjaan yang berorientasi pada output
2. meminta laporan/tanggung jawab tugas bawahan
3. memberikan pelayanan bidang urusan Sekretariat dan kecamatan
4. mengunakan sarana prasarana kantor dengan tanggung jawab
5. menentukan tugas- tugas yang harus dikerjakan Bawahan
6. menetapkan rencana kerja Sub bagian Umum dan kepegawaian
7. menyempurnakan metode dan prosedur kerja yang digunakan
8. Menegur bawahan bila tidak sesuai ketentuan yang berlaku
9. Memotivasi bawahan atau pegawai lain untuk selalu bersemangat dalam bekerja
10. Menilai kinerja atasan,teman sejawat dan bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan pelaporan / koordinasi
2. Sekretaris Kelurahan kelurahan se kecamatan padang panjang barat penugasan / koordinasi
3. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi / konsultasi
4. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah koordinasi / konsultasi
5. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi / konsultasi
6. Kepala Seksi Operasional Persampahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi / konsultasi
7. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi / konsultasi
8. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan pelaporan / koordinasi
9. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi / konsultasi
10. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah koordinasi / konsultasi
11. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi / konsultasi
12. Kepala Seksi Operasional Persampahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi / konsultasi
13. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi / konsultasi
14. Sekretaris Kelurahan kelurahan se kecamatan padang panjang timur penugasan / koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam kantor
2. Suhu Dingin dan panas bergantian
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Menguasai pengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
P, Dealing with People (DEPL)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
30
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
baik
Penampilan
:
baik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O4, Menghibur
O5, Mempengaruhi
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar