Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan dalam arti mengumpulkan, menghimpun, menginventarisasi data dari masing-masing bidang, perencanaan, dokumentasi kegiatan penanggulangan bencana dan kesatuan bangsa dan politik, koordinasi penyusunan program, penyajian data, informasi, sinkronisasi dan analisis data, menyiapkan perumusan program rencana penanggulangan bencana dan kesatuan bangsa dan politik, pembinaan pelaksanaan program, melaksanakan monitoring dan evaluasi dan pembuatan laporan dengan baik dan benar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 bidang ilmu Ekonomi/Manajemen, Teknik Informatika, Sistem Informasi
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim Tk.IV
2). Teknis
:
Administrasi Umum, Pelatihan Keuangan dan Perencanaan
c. Pengalaman Kerja
:
Pernah menjadi pejabat pelaksana di lingkup Perencanaan evaluasi dan pelaporan, keuangan
d. Pengetahuan Kerja
:
Administrasi, perencanaan, pengevaluasian, pelaporan, Keuangan, analisis
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyelenggarakan program perencanaan, evaluasi dan pelaporan dalam arti mengumpulkan, menghimpun, menginventarisasi data dari masing-masing bidang, perencanaan, dokumentasi kegiatan penanggulangan bencana dan kesatuan bangsa dan politik, koordinasi penyusunan program, penyajian data, informasi, sinkronisasi dan analisis data, menyiapkan perumusan program rencana penanggulangan bencana dan kesatuan bangsa dan politik, pembinaan pelaksanaan program, melaksanakan monitoring dan evaluasi dan pembuatan laporan dengan baik dan benar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan 1809 1.45
- Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan perencanaan, evaluasi dan pelaporan sebagai pedoman dan landasan kerja Program kerja 29 3 87 0.07
- Menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan urusan perencanaan, evaluasi dan pelaporan serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah Terbaginya tugas 12 14 168 0.13
- Menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas pokok dan fungsi Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan berpedoman kepada rencana strategis BPBD, Kesbangpol serta memfasilitasi penyusunan rencana dan program kerja Seksi lainnya Rencana kerja 29 3 87 0.07
- Mengkoordinasikan penyiapan bahan dan pembuatan laporan serta melaksanakan monitoring dan evaluasi Kegiatan 12 21 252 0.20
- Mengkoordinasikan, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah serta menyajikan data, informasi, sinkronisasi dan analisis data di bidang penanggulangan bencana, kesatuan bangsa dan politik Kegiatan 29 3 87 0.07
- Mengumpulkan, menghimpun, menginventarisasi, mengkoordinasikan, sinkronisasi dan analisis data serta menyiapkan bahan perumusan program rencana penanggulangan bencana, kesatuan bangsa dan politik pada masing-masing Bidang Kegiatan 29 12 348 0.28
- Mengumpulkan, menghimpun, menginventarisasi, mengkoordinasikan, sinkronisasi dan analisis data serta membuat rencana strategis BPBD, Kesbangpol Kegiatan 29 8 232 0.19
- Mengumpulkan, menghimpun, menginventarisasi, mengkoordinasikan, sinkronisasi dan analisis data serta membuat rencana strategis BPBD, Kesbangpol Kegiatan 29 12 348 0.28
- Mengumpulkan, menghimpun, mengkoordinasikan dan membuat bahan laporan kegiatan berkala, kemajuan pelaksanaan kegiatan dan laporan lain yang bersifat insidentil Kegiatan 29 1 29 0.02
- Melaksanakan inventarisasi dan dokumentasi kegiatan penanggulangan bencana dan kesatuan bangsa dan politik Kegiatan 29 1 29 0.02
- Melaksanakan pengawasan dan evaluasi administrasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana dan kesatuan bangsa dan politik Kegiatan 29 1 29 0.02
- Membuat laporan kegiatan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Kegiatan 29 1 29 0.02
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya Kegiatan 12 7 84 0.07
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1809 1.45
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   32 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
2. Materi peraturan yang berhubungan dengan KasubagPerencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Legalitas pelaksanaan tugas
3. Surat Tugas Dasar Pelaksanaan Tugas
4. Lembaran Disposisi atasan Dasar Pelaksanaan Tugas
5. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Eksternal Harddisk Sarana Penyimpanan Data
2. Buku peraturan yang berhubungan dengan bagian Umum dan Kepegawaian Legalitas pelaksanaan tugas
3. Perangkat Keras (Komputer, Server, Printer) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
4. Perangkat Lunak (Software) Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
5. Jaringan Komunikasi Data Sarana Pengiriman Data
6. Filing kabinet Tempat penyimpanan dokumen penting
7. Alat komunikasi /telpon Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan pengguna data
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Keakuratan data perencanaan dan pelaporan kinerja
2. Memeriksa Kelengkapan peralatan kerja di lingkup Sub Bagian
3. Memeriksa Keakuratan dan ketepatan isi dan waktu pelaporan
4. Membuat Kesesuaian pelaksanaan perencanaan dan pelaporan terhadap peraturan
5. Melaksanakan Keharmonisan hubungan kerja di lingkup sub bagian dan unit organisasi lain
6. Melaksanakan Kelancaran tugas Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
7. Memeriksa Ketepatan pencapaian kinerja dan pelaksanaan kegiatan di lingkup sub bagian
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja, permintaan perlengkapan dan pemeliharaan peralatan kerja yang tidak sesuai ketentuan
2. Melakukan pemeliharaan perangkat kerja yang digunakan di lingkup Sub Bagian
3. Menyebarluaskan informasi terkait pelayanan di lingkup sub bagian
4. Menetapkan prosedur perencanaan pelaporan kinerja dinas
5. Menegur bawahan yang tidak disiplin
6. Memberi penugasan kepada bawahan
7. Meminta bahan laporan pada bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah koordinasi
2. Kepala Sub Bagian Keuangan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah koordinasi
3. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja dan laporan pelaksanaan tugas
4. Pengelola Program dan Kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja dan laporan pelaksanaan tugas
5. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja dan laporan pelaksanaan tugas
6. Pengelola Program dan Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja dan laporan pelaksanaan tugas
7. Kepala Sub Bagian Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
8. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
9. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Minta arahan
10. Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Minta arahan
11. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
12. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
13. Kepala Seksi Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
14. Kepala Seksi Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
15. Kepala Seksi Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
16. Kepala Seksi Pemasaran dan Kemitraan Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
17. Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
18. Inspektur Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Laporan Pelaksanaan Tugas
19. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi Tugas
20. Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi Tugas
21. Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi Tugas
22. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah
23. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Konsultasi
24. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Konsultasi
25. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Konsultasi
26. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
27. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
28. Kepala Seksi Advokasi dan Fasilitasi Pengarusutamaan Gender Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
29. Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan, Sosial Masyarakat, dan Restorasi Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
30. Kepala Seksi Pendampingan, Bantuan Stimulasi dan Penataan Lingkungan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
31. Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
32. Kepala Seksi Penanganan Masalah Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
33. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
34. Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
35. Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
36. Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
37. Kepala Seksi Keluarga Berencana, Advokasi, dan Penggerakan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
38. Kepala Seksi Keluarga Berencana, Advokasi, dan Penggerakan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
39. Kepala Seksi Pengendalian Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
40. Kepala Bidang Penanganan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinas
41. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Memberi Perintah
42. Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
43. Kepala Seksi Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Dingin
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu lama menatap layar komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk dan membungkuk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengetik
Mengoperasikan komputer
mengolah data
Menganalisis data
Berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
P, Dealing with People (DEPL)
S, Performing under Stress (PUS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Membungkuk
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
50
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar