Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Perizinan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu
c. Pengawas
:
Kepala seksi penyelengaraan perizianan dan non perizinan I dan Kepala seksi penyelengaraan perizianan dan non perizinan I I
IKHTISAR JABATAN
Menerima, mencatat, menyimpan surat serta dokumen lainnya sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan tugas berjalan lancar
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SLTA, DIII komputer
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat perizinan, Diklat pelayanan dan fron office
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Menguasai peraturan tentang perizinana, pelayanan dan SOP
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menerima, mencatat, dan menyortir permohonan perizinan yang masuk, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudah kanpencarian 990 0.79
- Menerima dan memeriksa berkas permohonan perizinan dari fron office Dokumen 900 0.5 450 0.36
- Mencatat berkas permohonan perizinan dari fron office Dokumen 900 0.1 90 0.07
- Menyortir permohonan perizinan yang masuk, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pencarian Dokumen 900 0.5 450 0.36
2. Memberi lembar pengantar pada surat permohonan izin yang masuk, sesuai dengan prosedurdan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pengendalian 450 0.36
- Mengetik permintaan surat rekomendasi ke OPD teknis pada surat permohonan izin yang masuk, sesuai dengan prosedurdan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pengendalian Dokumen 900 0.5 450 0.36
3. Mendokumentasikan surat perizinan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi 297 0.24
- Memilah surat perizanan yang selesai di peroses sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi Dokumen 900 0.08 72 0.06
- Mencatat surat perizanan yang selesai di peroses sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi Dokumen 900 0.25 225 0.18
4. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan proseduryang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 134 0.11
- Menyusun rekap laporan pelaksanaan kegiatan Laporan 48 2 96 0.08
- Menyusun rekap laporan bulanan Laporan 12 2 24 0.02
- Menyusun rekap laporan tahunan Laporan 1 14 14 0.01
5. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan olehpimpinan baik tertulis maupun lisan 42 0.03
- Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Menyiapkan bahan pelaksanaan tugas kedinasan Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Melaksanakan tugas kedinasan sesuai arahan dan aturan Dokumen 12 2 24 0.02
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kedinasan Laporan 12 0.5 6 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1913 1.53
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Tupoksi Menjalankan tugas
2. Naskah dinas Penyelengaraan admninstrasi
3. Surat masuk/permohonan izin pemeriksaan dokumen
4. Materi arahan Melaksanakan tugas kedinasan lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. JUKNI dan SOP Pelaksanaan tugas
2. Komputer/Laptop Pengetikan/pengimputan data
3. Printer Pencetakan hasil pekerjaan
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Rencana operasional kegiatan secara efektif dan efisien
2. Memeriksa Dokumen permohonan izin yang masuk
3. Mencatat Dokumen permohonan izin yang masuk
4. Mengagendakan Dokumen permohonan izin yang masuk
 
WEWENANG
1. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
2. Memeriksa kelengkapan permohonan
3. Meminta persyaratan awal yang belum lengkap
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan II Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan pelaksanaan perintah tugas
2. Pengadministrasi Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan
2. Suhu sedang
3. Udara sejuk
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer dan berkomunikasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
45 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
160
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar