Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Barang Milik Daerah
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan kegiatan pengelolaan barang milik daerah dengan cara melakukan inventarisasi dan penatausahaan yang baik
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal DIII Minimal di bidang yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ
2). Teknis
:
Bimtek BMD
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
pengetahuan dalam hal pengelolaan barang milik negara-daerah
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Membuat Kartu Inventaris Barang dan Buku Induk Inventaris 35 0.03
- Menghimpun data pembelian peralatan dan perlengkapan kantor yang termasuk aset setiap semester Dokumen 2 5 10 0.01
- Mengentri data aset ke aplikasi setiap semester Kegiatan 2 5 10 0.01
- Menyajikan data aset dalam bentuk dokumen dan membukukan data aset tiap tahunnya Dokumen 1 15 15 0.01
2. Membuat Kodefikasi dan Penomoran Barang Inventaris 601.5 0.48
- Mengumpulkan bahan untuk penomoran Barang Inventaris Dokumen 3 0.5 1.5 0.00
- Membuat barcode/ penomoran barang inventaris Dokumen 600 0.5 300 0.24
- Menempelkan barcode (penomoran) barang inventaris Dokumen 600 0.5 300 0.24
3. Membuat Kartu Inventaris Ruangan 213 0.17
- Mendata barang inventaris di tiap ruangan Barang 600 0.25 150 0.12
- Melakukan pencatatan barang inventaris di tiap ruangan kedalam kartu inventaris ruangan Ruangan 12 5 60 0.05
- Menempelkan kartu inventaris ruangan Dokumen 12 0.25 3 0.00
4. Membuat Berita Acara/ SK Pemegang Barang Inventaris 68.5 0.05
- Mendata PNS pemegang barang inventaris kegiatan 2 5 10 0.01
- Mengetik SK/ Berita Acara pemegang barang inventaris dan ditanda tangani Kepala Dinas Dokumen 50 1 50 0.04
- Mengagendakan SK/ berita acara pemegang barang inventaris Dokumen 50 0.17 8.5 0.01
5. Membuat laporan perkembangan Aset bulanan 102 0.08
- Menyiapkan bahan untuk laporan perkembangan aset bulanan Dokumen 12 0.5 6 0.00
- Membuat laporan daftar pengadaan barang Dokumen 12 2 24 0.02
- Membuat laporan daftar mutasi barang Dokumen 12 2 24 0.02
- Membuat Kartu Pemeliharaan Barang Dokumen 12 2 24 0.02
- Membuat Buku Penerimaan Barang Dokumen 12 2 24 0.02
6. Membuat Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah 15 0.01
- Menginventarisir kebutuhan barang inventaris yang di perlukan seluruh bidang tiap tahunnya. Kegiatan 1 10 10 0.01
- Membuat Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah Dokumen 1 5 5 0.00
7. Membuat Perubahan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah 13 0.01
- Melakukan koordinasi dengan Bidang tentang perubahan RKBMD Kegiatan 1 8 8 0.01
- Membuat Perubahan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah Dokumen 1 5 5 0.00
8. Membuat Usulan Penghapusan Barang 72 0.06
- Menginventarisir barang yang memiliki kondisi rusak berat Kegiatan 12 5 60 0.05
- Membuat usulan penghapusan barang Dokumen 6 2 12 0.01
9. Membuat Penyusutan Asset Semester I dan II 36 0.03
- Menyiapkan bahan untuk laporan penyusutan aset semester I dan II Kegiatan 2 2 4 0.00
- Membuat laporan penyusutan aset semester I dan II Dokumen 2 10 20 0.02
- Melakukan koordinasi dengan seksi Penatausahaan BMD di BPKD Kegiatan 3 4 12 0.01
10. Mengentri Belanja Modal, penyusutan dan Kapitalisasi ke aplikasi sebagai Bahan Laporan Akhir Tahun 70 0.06
- Menyiapkan bahan mengentri Belanja Modal, penyusutan dan Kapitalisasi ke aplikasi sebagai Bahan Laporan Akhir Tahun kegiatan 1 5 5 0.00
- Melakukan entri data pada aplikasi Kegiatan 3 15 45 0.04
- Melakukan koordinasi dengan Seksi Penatausahaan BMD di BPKD Kegiatan 5 4 20 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1226 0.98
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SP2D Belanja Modal Pekerjaan Fisik, BKU, SPJ, belanja modal perlengkapan kantor,belanja modal perencanaan dan pengawasan, ukuran dan konstruksi fisik pekerjaan Kartu Inventaris Barang dan Buku Induk Inventaris
2. Kode lokasi dan kode barang Kodefikasi dan Penomoran Barang Inventaris
3. Kartu inventaris barang dan Kartu Inventaris Ruangan Laporan Mutasi Barang / Neraca Aset
4. Kartu inventaris barang dan SK Pemakaian Barang Inventaris Kartu Inventaris Ruangan
5. Usulan permintaan barang RKBMD
6. Data barang inventaris yang rusak berat dan tidak dapat di gunakan lagi Usulan penghapusan barang
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer Alat Kerja
2. Printer Alat Kerja
3. ATK Alat Kerja
TANGGUNG JAWAB
Mengelola Barang Milik Daerah di Dinas Dukcapil
 
WEWENANG
Mengelola barang milik daerah
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
2. Kepala Sub Bidang Penatausahaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi dan koordinasi kerja
3. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil koordinasi kerja
4. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan Pertanggungjawaban
5. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi
6. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi
7. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
8. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Meminta Arahan
9. Pengadministrasi Umum Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
10. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
11. Pengelola Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
12. Ajudan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
13. Pengemudi VIP Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
14. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Konsultasi
15. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Meminta arahan dan bimbingan
16. Pengadministrasian Umum Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
17. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
18. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
19. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
21. Pengadministrasian Umum Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
22. Pengadministrasian Umum Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
23. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
24. Pengelola Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
25. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
26. Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
27. Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
28. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
29. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan dan diluar ruangan
2. Suhu Sedang
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Tertutup dan Terbuka
5. Letak -
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 45 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar