Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Informasi Kepegawaian
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi
c. Pengawas
:
Analis Kepegawaian
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program kinerja, disiplin dan pembinaan pegawai
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S.1 Hukum/ Ilmu Pemerintahan/ Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi atau bidang lain yang relevan dengan tugas
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
SEPALA/ADUM/DIKLAT PIM TK. IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Menduduki jabatan pelaksana selama 4 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Informasi Kepegawaian sesuai dengan program kerja Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja dan Informasi Kepegawaian berlaku sebagai baru pelaksanaan tugas 19.5 0.02
- Menelaah program kerja Sub Bidang Informasi Kepegawaian Dokumen 1 5 5 0.00
- Menyusun draf rencana kerja kegiatan Sub Bidang Informasi Kepegawaian Dokumen 1 9 9 0.01
- Mengkonsultasikan draf rencana kerja kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan Dokumen 1 2.5 2.5 0.00
- Menfinalisasi dan menetapkan rencana kerja sub bidang Dokumen 1 3 3 0.00
2. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Sub Bidang Informasi Kepegawaian sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 69 0.06
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesulitan yang di alami oleh bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Menganalisis permasalahan bersama dengan atasan untuk menentukan solusi terbaik Dokumen 6 2.5 15 0.01
- Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang di alami Dokumen 6 1 6 0.00
3. Memeriksa dan mengurus hasil kerja bawahan di lingkup Sub Bidang Informasi Kepegawaian sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 84 0.07
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan Dokumen 12 2.5 30 0.02
- Mengidentifikasi kesalahan hasil kerja bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Membuat catatan pada hasil kerja bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan terkait catatan hasil kerja bawahan Dokumen 12 1.5 18 0.01
4. Menyusun konsep rumusan baru teknis Sub Bidang Informasi Kepegawaian berdasarkan ketentuan yang sesuai sebagai bahan penetapan kebijakan pimpinan 146.5 0.12
- Menganalisasi konsep rumusan pedoman teknis kegiatan Sub Bidang Informasi Kepegawaian Laporan 12 4 48 0.04
- Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan Laporan 12 4 48 0.04
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Dokumen 12 4 48 0.04
- Membuat laporan konsep rumusan pedoman teknis kegiatan Sub Bidang Informasi Kepegawaian Laporan 1 2.5 2.5 0.00
5. Melaksanakan, pengolahan dan pemutakhiran data dan dokumentasi Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) secara berkala untuk dijadikan Informasi Kepegawaian sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar tersedia data dan dokumentasi kepegawaian yang benar dan akurat 192 0.15
- Mengidentifikasi dan memutakhiran data dan dokumentasi Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) Laporan 12 4 48 0.04
- Melakukan pendataan dan pengolahan data dan dokumentasi Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) Laporan 12 6 72 0.06
- Melakukan penataan data dan dokumentasi Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) agar tersedia data dan dokumentasi kepegawaian yang benar dan akurat Laporan 12 6 72 0.06
6. Organisasi dan pengelolaan data PNSD berbasis Sistem Aplikasi Pendataan Kepegawaian (SAPK) dan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) dan pengelolaan tenaga kerja Computer Assisted Test (CAT) di lingkungan Pemerintah Daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka peraturan pegawai 288 0.23
- Mengidentifikasi dan mengelola data PNSD berbasis Sistem Aplikasi Pendataan Kepegawaian (SAPK) dan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) Laporan 12 4 48 0.04
- Melakukan pendataan dan pengolahan data PNSD berbasis Sistem Aplikasi Pendataan Kepegawaian (SAPK) dan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) Laporan 12 8 96 0.08
- Melakukan penataan data PNSD berbasis Sistem Aplikasi Pendataan Kepegawaian (SAPK) dan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) agar tersedia data kepegawaian yang benar dan akurat Laporan 12 12 144 0.12
7. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Informasi Kepegawaian dengan cara identitas yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang 156 0.12
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan staf SSub Bidang Informasi Kepegawaian Konsep 24 5 120 0.10
- Menentukan standar kualitas dan / atau kuantitas hasil kerja Hasil kerja 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan Hasil kerja 12 0.5 6 0.00
- Membuat data hasil kerja berupa catatan tertulis Data terkoreksi 12 0.5 6 0.00
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan Hasil kerja 12 1 12 0.01
8. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas baru pelaksanaan tugas 54 0.04
- Mempelajari dan mempedomani Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kegiatan 12 2 24 0.02
- Mempelajari dan mempedomani Standar Operasional Prosedur SOP 12 2.5 30 0.02
9. Melaporkan hasil kegiatan Sub Bidang Informasi Kepegawaian sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 84 0.07
- Menganalisis data yang diberikan bawahan Dokumen 12 1.5 18 0.01
- Menyusun konsep laporan keatasan Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasi konsep laporan ketasan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menyusun finalisasi laporan Dokumen 12 2.5 30 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1093 0.88
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   32 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Renstra BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas Pedoman kerja
2. Renja BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas Pedoman kerja
3. RKA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran Pedoman kerja
4. DPA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran Pedoman kerja
5. Peraturan Walikota Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja BKPSDM Kota Padang Panjang Pedoman kerja
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP Sebagai petunjuk dan pedoman kerja
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Penyiapan bahan perumusan kebijakan dibidang informasi kepegawaian
2. Melaksanakan Pengelolaan urusan di bidang informasi kepegawaian
3. Melaksanakan Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya
4. Melaksanakan
5. Melaksanakan
 
WEWENANG
1. Melakukan koordinasi dengan atasan
2. Melakukan koordinasi dengan bawahan
3. Melakukan penilaian kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
2. Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
3. Pengelola Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengelola Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sejuk
3. Udara Sehat dan bersih
4. Keadaan Ruangan Tertata dengan baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Baik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Tidak ada
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Koordinasi dengan pimpinan dan bawahan
Mengoperasionalkan komputer
Penggunaan internet
Penyusunan laporan data PNSD berbasis Sistem Aplikasi Pendataan Kepegawaian (SAPK) dan Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) dan pengelolaan labor Computer Assisted Test (CAT) di lingkungan Pemerintah Daerah
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
43
Tinggi Badan (cm)
:
148
Berat Badan (kg)
:
51
Postur Badan
:
Sedang
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar