Detail Jabatan
NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan
KODE JABATAN
:
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi
c. Pengawas
:
Analis Kepegawaian
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program Pendidikan dan Pelatihan pegawai dalam arti pelaksanaan diklat formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S.1 Hukum/ Ilmu Pemerintahan/ Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi atau bidang lain yang relevan dengan tugas
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
SEPALA/ADUM/DIKLAT PIM TK. IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Menduduki jabatan pelaksana selama 4 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
TUGAS POKOK
No | Uraian Tugas | Hasil | Jumlah Hasil | Waktu Penyelesaian (Jam) | Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) | Kebutuhan Pegawai |
---|---|---|---|---|---|---|
1. | Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan | 106 | 0.08 | |||
- | Mempelajari SOP yang berkaitan dengan bidang Pendidikan dan Pelatihan pegawai | Dokumen | 4 | 2.5 | 10 | 0.01 |
- | Mempelajari peraturan yang berkaitan dengan bidang Pendidikan dan Pelatihan pegawai | Peraturan | 12 | 5 | 60 | 0.05 |
- | Membuat SOP kegiatan | Dokumen | 6 | 3 | 18 | 0.01 |
- | Membuat Kerangka Acuan Kerja Kegiatan | Dokumen | 6 | 3 | 18 | 0.01 |
2. | Melaporkan hasil kegiatan di lingkup sub bidang Pendidikan dan Pelatihan pegawai sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja | 30 | 0.02 | |||
- | Menganalisis laporan yang diterima dari bawahan | Dokumen | 2 | 2.5 | 5 | 0.00 |
- | Membahas bahan laporan dengan bawahan | Dokumen | 2 | 2 | 4 | 0.00 |
- | Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas | Laporan | 2 | 4 | 8 | 0.01 |
- | Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan | Laporan | 2 | 2.5 | 5 | 0.00 |
- | Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas | Laporan | 2 | 4 | 8 | 0.01 |
3. | Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan | 78 | 0.06 | |||
- | Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan | Dokumen | 6 | 4 | 24 | 0.02 |
- | Memaparkan rencana kegiatan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan | Dokumen | 6 | 4 | 24 | 0.02 |
- | Menghimpun saran dan masukan dari bawahan | Laporan | 12 | 1 | 12 | 0.01 |
- | Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan | Dokumen | 12 | 1.5 | 18 | 0.01 |
4. | Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar | 69 | 0.06 | |||
- | Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan | Dokumen | 12 | 2 | 24 | 0.02 |
- | Mengidentifikasi kesulitan yang di alami oleh bawahan | Dokumen | 12 | 2 | 24 | 0.02 |
- | Menganalisis permasalahan bersama dengan atasan untuk menentukan solusi terbaik | Dokumen | 6 | 2.5 | 15 | 0.01 |
- | Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang di alami | Dokumen | 6 | 1 | 6 | 0.00 |
5. | Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan | 60 | 0.05 | |||
- | Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan | Dokumen | 12 | 1.5 | 18 | 0.01 |
- | Menentukan standar kualitias dan /atau kuantitas hasil kerja | Dokumen | 12 | 1 | 12 | 0.01 |
- | Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan | Laporan | 12 | 1 | 12 | 0.01 |
- | Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis | Laporan | 12 | 1 | 12 | 0.01 |
- | Memberikan arahan terkait koreksi pada hasil kerja bawahan | Dokumen | 12 | 0.5 | 6 | 0.00 |
6. | Menyusun konsep rumusan pedoman teknis Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan dasar sebagai bahan penetapan kebijakan pimpinan | 146.5 | 0.12 | |||
- | Menganalisasi konsep rumusan pedoman teknis kegiatan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan | Laporan | 12 | 4 | 48 | 0.04 |
- | Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan | Laporan | 12 | 4 | 48 | 0.04 |
- | Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan | Dokumen | 12 | 4 | 48 | 0.04 |
- | Membuat laporan konsep rumusan pedoman teknis kegiatan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan | Laporan | 1 | 2.5 | 2.5 | 0.00 |
7. | Melaksanakan analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai sesuai dengan prosedur dan ketentuan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia pegawai | 36 | 0.03 | |||
- | Menelaah kebutuhan pendidikan dan pelatihan formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai | Kegiatan | 6 | 4 | 24 | 0.02 |
- | Menyusun konsep rencana kebutuhan pendidikan dan pelatihan formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai | Dokumen | 2 | 2 | 4 | 0.00 |
- | Menkonsultasikan konsep rencana kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan | Dokumen | 2 | 1.5 | 3 | 0.00 |
- | Memfinalisasi dan menetapkan konsep rencana kegiatan | Dokumen | 2 | 2.5 | 5 | 0.00 |
8. | Memproses administrasi dan melaksanakan pendidikan dan pelatihan formal dan struktural sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di bidang pendidikan dan pelatihan | 98 | 0.08 | |||
- | Menentukan target kerja sesuai rencana kegiatan | Dokumen | 2 | 1 | 2 | 0.00 |
- | Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan | Laporan | 12 | 1.5 | 18 | 0.01 |
- | Menginventarisasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan formal dan struktural | Dokumen | 12 | 3 | 36 | 0.03 |
- | Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan | Dokumen | 12 | 2 | 24 | 0.02 |
- | Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan | Dokumen | 12 | 1.5 | 18 | 0.01 |
9. | Memproses administrasi dan melaksanakan pendidikan teknis dan fungsional sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di bidang pendidikan dan pelatihan | 98 | 0.08 | |||
- | Menentukan target kerja sesuai rencana kegiatan | Dokumen | 2 | 1 | 2 | 0.00 |
- | Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan | Laporan | 12 | 1.5 | 18 | 0.01 |
- | Menginventarisasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan teknis dan fungsional | Dokumen | 12 | 3 | 36 | 0.03 |
- | Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan | Dokumen | 12 | 2 | 24 | 0.02 |
- | Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan | Dokumen | 12 | 1.5 | 18 | 0.01 |
10. | Menfasilitasi pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dibidang pendidikan dan pelatihan | 8 | 0.01 | |||
- | Menyusun rencana kerja kegiatan fasilitasi pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas | Data | 1 | 1 | 1 | 0.00 |
- | Menyusun kerangka acuan kerja kegiatan fasilitasi pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas | Data | 1 | 1 | 1 | 0.00 |
- | Mengumpulkan data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas | Data | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Melakukan tabulasi data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas | Data | 1 | 1 | 1 | 0.00 |
- | Menganalisis data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas | Data | 1 | 2.5 | 2.5 | 0.00 |
- | Mengevaluasi data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas | Data | 1 | 0.5 | 0.5 | 0.00 |
11. | Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang | 282 | 0.23 | |||
- | Melaksanakan rapat koordinasi dengan staf Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan | Konsep | 36 | 6 | 216 | 0.17 |
- | Menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja | Hasil kerja | 24 | 1.5 | 36 | 0.03 |
- | Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan | Hasil kerja | 12 | 1 | 12 | 0.01 |
- | Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis | Data terkoreksi | 12 | 0.5 | 6 | 0.00 |
- | Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan | Hasil kerja | 12 | 1 | 12 | 0.01 |
Jumlah Kebutuhan Pegawai | 1011.5 | 0.82
1 orang |
||||
Jumlah Pegawai yang Ada | 32 orang |
BAHAN KERJA
No | Bahan Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Renstra BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas | Pedoman kerja |
2. | Renja BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas | Pedoman kerja |
3. | RKA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran | Pedoman kerja |
4. | DPA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran | Pedoman kerja |
5. | Peraturan Walikota Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja BKPSDM Kota Padang Panjang | Pedoman kerja |
PERANGKAT KERJA
No | Perangkat Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | SOP | Sebagai petunjuk dan pedoman kerja |
TANGGUNG JAWAB
1. | Melaksanakan Penyiapan bahan perumusan kebijakan dibidang pendidikan dan pelatihan pegawai |
2. | Melaksanakan Pengelolaan urusan di bidang pendidikan dan pelatihan pegawai |
3. | Melaksanakan Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya |
WEWENANG
1. | Melakukan koordinasi dengan atasan |
2. | Melakukan koordinasi dengan bawahan |
3. | Melakukan penilaian kinerja bawahan |
KORELASI JABATAN
No | Jabatan | Unit Kerja/ Instansi | Dalam Hal |
---|---|---|---|
1. | Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia | Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia | Koordinasi kerja |
2. | Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi | Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia | Koordinasi kerja |
3. | Analis Program Diklat | Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia | Koordinasi kerja |
4. | Pengadministrasi Pelatihan | Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia | Koordinasi kerja |
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No | Aspek | Faktor |
---|---|---|
1. | Tempat Kerja | Dalam ruangan |
2. | Suhu | Sejuk |
3. | Udara | Sehat dan bersih |
4. | Keadaan Ruangan | Tertata dengan baik |
5. | Letak | Strategis |
6. | Penerangan | Baik |
7. | Suara | Tenang |
8. | Keadaan Tempat Kerja | Nyaman |
9. | Getaran | Tidak ada |
RESIKO BAHAYA
No | Fisik/ Mental | Penyebab |
---|---|---|
1. | Tidak ada |
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Koordinasi dengan pimpinan dan bawahan |
Mengoperasionalkan komputer |
Penggunaan internet |
Penyusunan laporan diklat |
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
39
Tinggi Badan (cm)
:
169
Berat Badan (kg)
:
70
Postur Badan
:
Tinggi dan tegap
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi