Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi
c. Pengawas
:
Analis Kepegawaian
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program Pendidikan dan Pelatihan pegawai dalam arti pelaksanaan diklat formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S.1 Hukum/ Ilmu Pemerintahan/ Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi atau bidang lain yang relevan dengan tugas
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
SEPALA/ADUM/DIKLAT PIM TK. IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Menduduki jabatan pelaksana selama 4 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 106 0.08
- Mempelajari SOP yang berkaitan dengan bidang Pendidikan dan Pelatihan pegawai Dokumen 4 2.5 10 0.01
- Mempelajari peraturan yang berkaitan dengan bidang Pendidikan dan Pelatihan pegawai Peraturan 12 5 60 0.05
- Membuat SOP kegiatan Dokumen 6 3 18 0.01
- Membuat Kerangka Acuan Kerja Kegiatan Dokumen 6 3 18 0.01
2. Melaporkan hasil kegiatan di lingkup sub bidang Pendidikan dan Pelatihan pegawai sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 30 0.02
- Menganalisis laporan yang diterima dari bawahan Dokumen 2 2.5 5 0.00
- Membahas bahan laporan dengan bawahan Dokumen 2 2 4 0.00
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Laporan 2 4 8 0.01
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Laporan 2 2.5 5 0.00
- Memfinalisasi konsep laporan pelaksanaan tugas Laporan 2 4 8 0.01
3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan 78 0.06
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan Dokumen 6 4 24 0.02
- Memaparkan rencana kegiatan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dokumen 6 4 24 0.02
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan Laporan 12 1 12 0.01
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Dokumen 12 1.5 18 0.01
4. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkup Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 69 0.06
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesulitan yang di alami oleh bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Menganalisis permasalahan bersama dengan atasan untuk menentukan solusi terbaik Dokumen 6 2.5 15 0.01
- Memberikan arahan kepada bawahan terkait dengan masalah yang di alami Dokumen 6 1 6 0.00
5. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkup Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 60 0.05
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan oleh bawahan Dokumen 12 1.5 18 0.01
- Menentukan standar kualitias dan /atau kuantitas hasil kerja Dokumen 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan Laporan 12 1 12 0.01
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Laporan 12 1 12 0.01
- Memberikan arahan terkait koreksi pada hasil kerja bawahan Dokumen 12 0.5 6 0.00
6. Menyusun konsep rumusan pedoman teknis Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan dasar sebagai bahan penetapan kebijakan pimpinan 146.5 0.12
- Menganalisasi konsep rumusan pedoman teknis kegiatan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Laporan 12 4 48 0.04
- Membahas bahan konsep rumusan dengan bawahan Laporan 12 4 48 0.04
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan Dokumen 12 4 48 0.04
- Membuat laporan konsep rumusan pedoman teknis kegiatan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Laporan 1 2.5 2.5 0.00
7. Melaksanakan analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai sesuai dengan prosedur dan ketentuan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia pegawai 36 0.03
- Menelaah kebutuhan pendidikan dan pelatihan formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai Kegiatan 6 4 24 0.02
- Menyusun konsep rencana kebutuhan pendidikan dan pelatihan formal, struktural, teknis dan fungsional bagi pegawai Dokumen 2 2 4 0.00
- Menkonsultasikan konsep rencana kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan Dokumen 2 1.5 3 0.00
- Memfinalisasi dan menetapkan konsep rencana kegiatan Dokumen 2 2.5 5 0.00
8. Memproses administrasi dan melaksanakan pendidikan dan pelatihan formal dan struktural sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di bidang pendidikan dan pelatihan 98 0.08
- Menentukan target kerja sesuai rencana kegiatan Dokumen 2 1 2 0.00
- Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan Laporan 12 1.5 18 0.01
- Menginventarisasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan formal dan struktural Dokumen 12 3 36 0.03
- Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan Dokumen 12 1.5 18 0.01
9. Memproses administrasi dan melaksanakan pendidikan teknis dan fungsional sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di bidang pendidikan dan pelatihan 98 0.08
- Menentukan target kerja sesuai rencana kegiatan Dokumen 2 1 2 0.00
- Mempelajari laporan pelaksanaan kegiatan bawahan Laporan 12 1.5 18 0.01
- Menginventarisasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan teknis dan fungsional Dokumen 12 3 36 0.03
- Mendiskusikan kemajuan pelaksanaan kegiatan dengan bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan langkah-langkah perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan Dokumen 12 1.5 18 0.01
10. Menfasilitasi pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dibidang pendidikan dan pelatihan 8 0.01
- Menyusun rencana kerja kegiatan fasilitasi pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas Data 1 1 1 0.00
- Menyusun kerangka acuan kerja kegiatan fasilitasi pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas Data 1 1 1 0.00
- Mengumpulkan data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas Data 1 2 2 0.00
- Melakukan tabulasi data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas Data 1 1 1 0.00
- Menganalisis data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas Data 1 2.5 2.5 0.00
- Mengevaluasi data pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas Data 1 0.5 0.5 0.00
11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang 282 0.23
- Melaksanakan rapat koordinasi dengan staf Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Konsep 36 6 216 0.17
- Menentukan standar kualitas dan/atau kuantitas hasil kerja Hasil kerja 24 1.5 36 0.03
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan Hasil kerja 12 1 12 0.01
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Data terkoreksi 12 0.5 6 0.00
- Memberikan arahan terkait koreksi hasil kerja bawahan Hasil kerja 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1011.5 0.82
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   32 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Renstra BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas Pedoman kerja
2. Renja BKPSDM sebagai pedoman pelaksanaan tugas Pedoman kerja
3. RKA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran Pedoman kerja
4. DPA BKPSDM sebagai pedoman penggunaan anggaran Pedoman kerja
5. Peraturan Walikota Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja BKPSDM Kota Padang Panjang Pedoman kerja
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP Sebagai petunjuk dan pedoman kerja
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Penyiapan bahan perumusan kebijakan dibidang pendidikan dan pelatihan pegawai
2. Melaksanakan Pengelolaan urusan di bidang pendidikan dan pelatihan pegawai
3. Melaksanakan Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya
 
WEWENANG
1. Melakukan koordinasi dengan atasan
2. Melakukan koordinasi dengan bawahan
3. Melakukan penilaian kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
2. Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
3. Analis Program Diklat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
4. Pengadministrasi Pelatihan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Sejuk
3. Udara Sehat dan bersih
4. Keadaan Ruangan Tertata dengan baik
5. Letak Strategis
6. Penerangan Baik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Tidak ada
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Koordinasi dengan pimpinan dan bawahan
Mengoperasionalkan komputer
Penggunaan internet
Penyusunan laporan diklat
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
K, Koordinasi Motorik
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
39
Tinggi Badan (cm)
:
169
Berat Badan (kg)
:
70
Postur Badan
:
Tinggi dan tegap
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O3, Menyelia
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar