Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Umum
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan yang meliputi penerimaan, pencatatan dan pendokumentasian surat dan dokumen di Dinas Dukcapil
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SMA/DI/ DII/ DIII di bidang manajemen perkantoran/ administrasi perkantoran/ tata perkantoran atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Teknis Administrasi Perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Mempunyai pengalaman kerja dalam bidang yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami tentang administrasi perkantoran
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyiapkan buku agenda, lembar disposisi dan buku ekspedisi sesuai dengan format yang telah ditetapkan agar surat masuk dan keluar dapat diinventarisir dengan benar 6.25 0.01
- Meminta buku agenda Dokumen 1 0.25 0.25 0.00
- Meminta lembar disposisi Buku 12 0.25 3 0.00
- Meminta buku ekspedisi Buku 12 0.25 3 0.00
2. Mengagendakan surat masuk dan keluar berdasarkan ketentuan yang berlaku agar surat tercatat dengan tepat 620 0.50
- Menerima surat Dokumen 500 0.08 40 0.03
- Membubuhkan tanda tangan pada tanda terima Dokumen 500 0.08 40 0.03
- Mengagendakan surat masuk pada buku agenda surat Dokumen 500 0.2 100 0.08
- Mengisi lembar disposisi surat Dokumen 500 0.2 100 0.08
- Mengisi buku ekspedisi surat Dokumen 500 0.2 100 0.08
- Mendistribusikan surat Dokumen 500 0.2 100 0.08
- Mengagendakan surat keluar pada buku agenda surat Dokumen 500 0.2 100 0.08
- Membubuhkan stempel pada surat keluar Dokumen 500 0.08 40 0.03
3. Mengarsipkan surat masuk berdasarkan jenis surat agar tersusun dengan benar 144 0.12
- Menyiapkan surat yang akan diarsipkan Dokumen 600 0.08 48 0.04
- Menempatkan surat sesuai jenisnya pada bundel/ lemari arsip Dokumen 600 0.16 96 0.08
4. Mengarsipkan surat keluar sesuai dengan jenisnya 170 0.14
- Menyiapkan surat keluar yang akan diasripkan Dokumen 500 0.17 85 0.07
- Mengarsipkan surat keluar Dokumen 500 0.17 85 0.07
Jumlah Kebutuhan Pegawai 940.25 0.77
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Surat Masuk Diinventarisir, diagendakan, didistibusikan, diarsipkan
2. Surat keluar Diinventarisir, diagendakan, didistibusikan, diarsipkan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Buku Agenda Mengagendakan surat masuk dan surat keluar
2. Lembar disposisi Dilampirkan pada surat
3. Buku Ekspedisi Pendistribusian surat
4. Alat tulis Alat kerja
TANGGUNG JAWAB
1. Menyusun surat masuk dak keluar
2. Mencatat surat masuk dan keluar
 
WEWENANG
1. Mengendalikan surat masuk dan keluar
2. Memastikan semua surat diagendakan dan dicatatkan perjalanannya pada buku ekspedisi
3. Mendistribusikan surat masuk
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Laporan
2. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
3. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan laporan pelaksanaan tugas
4. Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
5. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Terpadu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
6. Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
7. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
8. Analis Tata Usaha Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
9. Pengelola Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
10. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan pertanggungjawan
11. Analis Tata Usaha Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi kerja
12. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi kerja
13. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi kerja
14. Pengelola Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi kerja
15. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima perintah kerja, laporan hasil pelaksanaan tugas
16. Analis Tata Usaha Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
17. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
18. Pengelola Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
19. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
20. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
21. Pemelihara Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
22. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
23. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Bukit Surungan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
24. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
25. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
26. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
27. Bendahara Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
28. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
29. Kepala Seksi Tata Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Bukit Surungan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
30. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
31. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
32. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
33. Bendahara Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
34. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
35. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah dan Laporan
36. Analis Tata Usaha Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
37. Pengelola Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
38. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi tugas
39. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Meminta Arahan
40. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Meminta Arahan
41. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
42. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
43. Pengelola Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
44. Ajudan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
45. Pengemudi VIP Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
46. Sekretaris Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
47. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Pangan dan Pertanian Konsultasi
48. Analis Tata Usaha Dinas Pangan dan Pertanian Konsultasi
49. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Konsultasi
50. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Dinas Pangan dan Pertanian Konsultasi
51. Pengelola Kepegawaian Dinas Pangan dan Pertanian Konsultasi
52. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi
53. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan Konsultasi kerja
54. Kepala Sub Bagian Kepegawaian Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan Konsultasi kerja
55. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah
56. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah
57. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
58. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
59. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
60. "KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL DAN PENANGANAN FAKIR MISKIN" Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
61. "KEPALA BIDANG PELAYANAN, PENANGANAN DAN REHABILITASI SOSIAL" Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
62. KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
63. "KEPALA BIDANG PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA" Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
64. Kasubag Umum Dan Kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika laporan dan arahan
65. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi kerjasama
66. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi kerjasama
67. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi kerjasama
68. Pengelola Kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi kerjasama
69. Analis Tata Usaha Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi kerjasama
70. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Mengerjakan Intruksi Pimpinan
71. Kepala Sub Bagian Bina Pendidikan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sekretariat Daerah Kota Mengerjakan Intruksi Pimpinan
72. Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah meminta arahan
73. Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan Rumah Sakit Umum Daerah meminta arahan
74. Analis Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah koordinasi
75. Penyusun kebutuhan sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah koordinasi
76. Pengadministrasian persuratan Rumah Sakit Umum Daerah koordinasi
77. Pengemudi Ambulan Rumah Sakit Umum Daerah koordinasi
78. Petugas Keamanan Rumah Sakit Umum Daerah koordinasi
79. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
80. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Meminta arahan
81. Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Meminta arahan
82. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Konsultasi
83. Analis Tata Usaha Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Konsultasi
84. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Konsultasi
85. Pengelola Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran Konsultasi
86. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
87. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi
88. Pengelola Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup koordinasi
89. Pengadministrasi Umum Dinas Kesehatan koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Sedang
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara Senyap
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Teliti dalam bekerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berjalan
Duduk
Memegang
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 56 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar