Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Kepegawaian
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koordinasi dan penyusunan laporan di bidang kepegawaian
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-3 (Diploma-Tiga) bidang Manajemen/ Administrasi Negara/Publik atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Teknis Pengelolaan Kepegawaian
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman yang relevan dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami tentang Pengelolaan Kepegawaian Organisasi
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyiapkan data kepegawaian, mengetik Daftar Urut Kepangkatan (DUK), Bezzeting Pegawai dan administrasi kepegawaian lainnya 170 0.14
- Menyiapkan Data Kepegawaian Dokumen 25 2 50 0.04
- Menyiapkan DUK Dokumen 2 15 30 0.02
- Menyiapkan Bezzeting Dokumen 2 15 30 0.02
- Menyiapkan Administrasi Kepegawaian Dokumen 30 2 60 0.05
2. Mengetik Surat Keputusan (SK) dan perubahannya pada Bagian Umum dan Kepegawaian 67.5 0.05
- Menyiapkan bahan untuk mengetik SK Dokumen 15 1 15 0.01
- Mengetik SK dan perubahannya Dokumen 15 3 45 0.04
- Koordinasi dengan atasan langsung Kegiatan 15 0.5 7.5 0.01
3. Mengetik surat Perjanjian Kerja Tenaga Harian Lepas (THL) 234 0.19
- Koordinasi dengan atasan langsung Kegiatan 52 0.5 26 0.02
- Menyiapkan bahan untuk Surat Perjanjian Kerja Tenaga Harian Lepas (THL) Dokumen 52 1 52 0.04
- Mengetik Surat Perjanjian Kerja Tenaga Harian Lepas (THL) Dokumen 52 3 156 0.12
4. Menyiapkan data usulan kenaikan pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala PNS di lingkungan Dinas 7 0.01
- Menyiapkan bahan untuk usulan kenaikan gaji berkala PNS Dokumen 10 0.5 5 0.00
- Mengetik usulan kenaikan pangkat PNS Dokumen 2 1 2 0.00
5. Menerima berkas permohonan cuti dan mengetik surat izin cuti 35 0.03
- Menerima berkas permohonan cuti pegawai Dokumen 50 0.2 10 0.01
- Mengetik surat izin cuti pegawai Dokumen 50 0.5 25 0.02
6. Memberikan pelayanan legalisasi dokumen kepegawaian 210 0.17
- Menerima dan memeriksa bahan dokumen kepegawaian yang akan dilegalisir Dokumen 200 0.4 80 0.06
- Memberikan stempel legalisasi dokumen kepegawaian Dokumen 200 0.2 40 0.03
- Memberikan nomor register dokumen Dokumen 200 0.2 40 0.03
- Mendistribusikan dokumen yang sudah dilegalisir kepada pegawai bersangkutan Dokumen 200 0.25 50 0.04
7. Membuat laporan kehadiran PNSD dan Pegawai Honorer/Pegawai Harian Lepas ke Walikota melalui BKPSDM 76.8 0.06
- Menyiapkan bahan untuk laporan kehadiran PNS dokumen 12 0.2 2.4 0.00
- Menyiapkan bahan untuk laporan kehadiran Pegawai Honorer/Tenaga Harian Lepas Dokumen 12 0.2 2.4 0.00
- Mengetik laporan kehadiran PNS Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengetik laporan kehadiran Pegawai Honorer/Tenaga Harian Lepas Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengantarkan laporan ke BKPSDM Kegiatan 12 2 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 800.3 0.65
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Berkas kepegawaian Penyusunan DUK dan Bezzeting
2. Draft SK Pengetikan SK
3. Surat Lamaran THL yang dinyatakan lulus Pengetikan Surat Perjanjian Kerja THL
4. Bahan kenaikan pangkat Pengusulan naik pangkat
5. Bahan kenaikan gaji berkala Pengusulan kenaikan gaji berkala
6. Permohonan cuti Pembuatan Surat Cuti
7. Daftar Hadir Laporan kehadiran PNS
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Data kepegawaian Pengarsipan administrasi kepegawaian
2. Komputer Alat kerja
3. Printer Alat kerja
4. Mesin absensi (finger print) Pembuatan laporan kehadiran
5. Peraturan Perundang-undangan bidang kepegawaian Pedoman kerja
TANGGUNG JAWAB
1. Mengetik surat dan dokumen lainnya
2. Memfasilitasi pegawai dan THL dalam urusan kepegawaian
3. Membuat laporan kehadiran
4. Mengagendakan surat dan dokumen
 
WEWENANG
1. Mencatat dan melaporkan kehadiran pegawai kepada atasan
2. Membuat rekapitulasi kehadiran pegawai berdasarkan daftar hadir
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
2. Kepala Sub Bagian Aparatur dan Kinerja Sekretariat Daerah Kota Menerima arahan, tugas dan koordinasi kerja
3. Fungsional Umum Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
4. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Koordinasi
5. Kepala Sub Bidang Disiplin dan Pembinaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia koordinasi laporan
6. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah koordinasi laporan
7. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil konsultasi dan koordinasi
8. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
9. Analis Tata Usaha Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
10. Pengadministrasi Umum Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
11. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsultasi dan Pertanggungjawaban
12. Analis Tata Usaha Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
13. Pengadministrasian Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
14. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
15. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Koordinasi Kerja
16. Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
17. Kepala Sub Bagian Kepegawaian Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
18. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja dan pelaporan pelaksanaan tugas
19. Pengadministrasi Umum Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
20. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima perintah kerja dan laporan pelaksanaan tugas
21. Analis Tata Usaha Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
22. Pengadministrasi Umum Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
23. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
24. Pengadministrasi Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
25. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
26. Pemelihara Sarana dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
27. Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Minta arahan
28. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Minta arahan
29. Pengadministrasi Umum Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
30. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
31. Analis Tata Usaha Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
32. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
33. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Meminta Arahan
34. Pengadministrasi Umum Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
35. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
36. Pengadministrasi Barang Milik Daerah Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
37. Ajudan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
38. Pengemudi VIP Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Koordinasi
39. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Perintah tugas
40. Pengadministrasian Barang Milik Negara Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi kerja
41. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah tugas
42. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah konsultasi , penyerahan dokumen
43. Kepala Sub Bidang Disiplin dan Pembinaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsultasi, penyampaian dokumen
44. Kepala Sub Bidang Mutasi dan Jabatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsultasi, penyampaian dokumen
45. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Konsultasi kerja
46. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
47. Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
48. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
49. Analis Tata Usaha Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
50. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
51. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
52. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
53. Pengelola Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melakukan koordinasi
54. Pengelola Kepegawaian Dinas Kesehatan koordinasi kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruang tertutup
2. Suhu Sedang
3. Udara Sedang
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di tempat rendah dan sepi
6. Penerangan Terang
7. Suara Senyap
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mampu mengoperasikan komputer
Komunikasi yang baik dan efektif
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berjalan
Duduk
Memegang
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 45 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar