Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pelayanan, Penanganan, dan Rehabilitasi Sosial
c. Pengawas
:
Kepala seksi pelayanan dan bantuan sosial
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan kesiapan Tanggap Darurat dan Program Keluarga Harapan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
PIM IV
2). Teknis
:
Mengikuti bimbingan teknis kesiapsiagaan bencana
c. Pengalaman Kerja
:
2 tahun pada bidang kerja
d. Pengetahuan Kerja
:
Mampu memberikan pelayanan kedaruratan sesuai dengan kasus yang terjadi, memberikan memotivasi kepada pendamping PKH untuk dapat melaksanakan tugas sebagai pendamping untuk peningkatan graduasi dari KPM PKH.
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan pada Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial berdasarkan program kerja dinas sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas 141 0.11
- Menyusun rencana kerja Tahunan dokumen 15 1 15 0.01
- Mengkonsultasikan rancangan rencana kerja kegiatan 15 2 30 0.02
- Merevisi dokumen rancangan rencana kerja dokumen 48 1 48 0.04
- Finalisasi rancangan rencana kerja dokumen 48 1 48 0.04
2. membagi tugas kepada bawahan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial 182 0.15
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing staf/Pelaksana kegiatan 52 1 52 0.04
- menjabarkan rencana kerja kegiatan 52 2 104 0.08
- Menentukan target waktu penyelesaian kegiatan 52 0.5 26 0.02
3. membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial berdasarkan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 375 0.30
- Mendampingi pelaksanaan tugas yang diberikan kepada bawahan kegiatan 250 0.5 125 0.10
- Menghimpun permasalahan yang dihadapi bawahan dalam melaksanakan tugas kegiatan 250 0.5 125 0.10
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing staf/Pelaksana staf/Pelaksana kegiatan 250 0.5 125 0.10
4. memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 387 0.31
- Menerima hasil pelaksanaan pekerjaan bawahan kegiatan 250 0.5 125 0.10
- Menelaah hasil pelaksanaan pekerjaan bawahan kegiatan 250 0.5 125 0.10
- Menelaah hasil pelaksanaan pekerjaan bawahan kegiatan 12 1 12 0.01
- Menelaah hasil pelaksanaan pekerjaan bawahan kegiatan 250 0.5 125 0.10
5. melakukan koordinasi dengan pihak terkait yang berhubungan dengan pelayanan dan bantuan sosialberdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat 212 0.17
- Mempelajari petunjuk teknis tentang penyaluran bantuan Stimulan kegiatan 10 2 20 0.02
- Melaksanakan rapat koordinasi kegiatan 24 2 48 0.04
- Melaksanakan rapat koordinasi kegiatan 36 2 72 0.06
- Melakukan konsultasi kegiatan 24 3 72 0.06
6. melaksanakan pelayanan bantuan sosial bagi korban bencana alam dan bencana sosial berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka menanggulangi masalah sosial 398 0.32
- Menyiapkan Adminstrasi kegiatan Pelayanan dan Bantuan Sosial dokumen 12 1 12 0.01
- Melaksanakan persiapan kegiatan frekuensi 4 5.5 22 0.02
- Melaksanakan kegiatan Pelayanan frekuensi 4 5.5 22 0.02
- Menyiapkan Administrasi kegiatan frekuensi 12 1 12 0.01
- Melaksanakan pembagian bantuan frekuensi 40 3 120 0.10
- Melaksanakan rapat/pertemuan dengan tenaga pendamping dan OPD terkait frekuensi 24 3 72 0.06
- Melaksanakan Pengawasan, monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran Bantuan Sosial frekuensi 24 3 72 0.06
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan yang telah diberikan dokumen 12 5.5 66 0.05
7. Melaksanakan, pengawasan dan pembinaan terhadap bantuan untuk masyarakat miskin berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka menanggulangi masalah sosial 33 0.03
- Menyiapkan administrasi kegiatan dokumen 4 0.5 2 0.00
- Menyiapkan pelaksanaan kegiatan kegiatan 2 5.5 11 0.01
- Melaksanakan kegiatan kegiatan 2 4 8 0.01
- menyusun laporan kegiatan dokumen 4 3 12 0.01
8. melaksanakan pelayanan bantuan sosial bagi korban bencana alam berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka menanggulangi masalah sosial 79 0.06
- Menyiapkan Adminstrasi kegiatan dokumen 2 1 2 0.00
- Melaksanakan kegiatan frekuaensi 1 4 4 0.00
- menyusun laporan kegiatan dokumen 1 1 1 0.00
- Melaksanakan Rapat dengan OPD/Instansi Terkait frekuensi 24 3 72 0.06
9. melaksanakan Sistem Pengendalian Interm Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 15 0.01
- Menginventarisir peraturan peraturan yang dibutuhkan dokumen 3 1 3 0.00
- Mengumpulkan data pengolahan kegiatan 3 1 3 0.00
- Menganalisa data frekuensi 3 1 3 0.00
- Memverifikasi hasil olahan data frekuensi 3 1 3 0.00
- Menyampaikan hasil olahan data pengolahan untuk memperoleh masukan tindak lanjut dan persetujuan pengesahannya dokumen 3 1 3 0.00
10. melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan kinerja di lingkungan Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan 10.5 0.01
- Menganalisis laporan yang diterima dari staf/Pelaksana frekuensi 3 0.5 1.5 0.00
- Membahas persiapan penyusunan bahan laporan dengan staf/Pelaksana frekuensi 3 1 3 0.00
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas dokumen 3 1 3 0.00
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Bidang dokumen 3 0.5 1.5 0.00
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang dokumen 3 0.5 1.5 0.00
11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik lisan maupun tulisan sesuai tugas dan fungsinya 12 0.01
- Melaksanakan tugas lain yang terkait dengan tupoksi kegiatan 3 1 3 0.00
- Mengumpulkan bahan dan data yang diperlukan untuk kegiatan dokumen 3 1 3 0.00
- Melaksanakan kegiatan yang diperintahkan kegiatan 3 1 3 0.00
- Membuat laporan kegiatan laporan 3 1 3 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1844.5 1.48
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Bidang Pelayanan, Penanganan dan Rehabilitasi Sosial Penyususnan Rencana Kegiatan Kepala Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial
2. Rencana Kerja Sebagai Dasar
3. Rencana Kerja Sebagai Dasar
4. Hasil Tugas Bawahan Pengevaluasian kegiatan
5. Laporan Hasil Evaluasi Pengevaluasian kegiatan
6. Hasil Capaian Tugas Penyusunan Laporan
7. Pembagian Tugas Dasar Pelaksanaan Kegiatan
8. Petunjuk Teknis Dasar Pelaksanaan Kegiatan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan PEtunjuk Teknis Menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan dan Bantuan Sosial
2. Uraian tugas bawahan Membagi tugas bawahan
3. Petunjuk Teknis Membimbing bawahan
4. Peraturan perundang-undangan Sebagai dasar
5. Peraturan perundang-undangan Sebagai dasar
6. Kerangka Acuan Kerja Pengevaluasian tugas bawahan
7. Kerangka Acuan Kerja Pengevaluasian tugas bawahan
8. Rencana Operasional Seksi Mengevaluasi Pelaksanaan Tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Menyusun Rencana kerja
2. Menyusun Pembagian tugas
3. Menyusun Pedoman operasional
4. Melaksanakan kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
5. Melaksanakan kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
6. Melaksanakan Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
7. Melaksanakan Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
8. Melaksanakan kelengkapan sarana dan prasarana kerja
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi, data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan
4. Mengoreksi kinerja bawahan
5. Mengoreksi kinerja bawahan
6. Mengoreksi laporan bawahan
7. Mengoreksi laporan bawahan
8. Menilai kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Pelayanan, Penanganan, dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Menerima Arahan
2. Kepala Seksi Penanganan Masalah Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
3. Kepala Seksi Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
4. Pengadministrasian Umum Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Memberi Arahan
5. Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Pembiayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Koordinasi
6. bidang yang menangani tanggap darurat bencana di kota padang panjang Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik koordinasi
7. Bidang perlindungan dan jaminan sosial propinsi Dinas sosial propinsi konsultasi dan koordinasi
8. Dirjen di kementerian yang menangani tanggap darurat bencana dan linjamsos Kementerian sosial RI menerima arahan, koordinasi dan konsultasi
9. Kelurahan se-Kota Padang Panjang Kelurahan se-Kota Padang Panjang Koordinasi
10. Kecamatan se-Kota Padang Panjang Kecamatan se-Kota Padang Panjang Koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja baik
2. Suhu sedang
3. Udara bersih
4. Keadaan Ruangan rapi dan bersih
5. Letak strategis
6. Penerangan cukup
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja baik
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagan tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Penyuluhan
Motivasi
Pendampingan
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
Q, Bakat Ketelitian
E, Koordinasi Mata, Tangan, Kaki
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mengangkat
Membawa
Mendorong
Menarik
Menyimpan imbangan/ mengatur imbangan
Menunduk
Berlutut
Membungkuk
Menjangkau
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Penyesuaian lensa mata
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
48
Tinggi Badan (cm)
:
152
Berat Badan (kg)
:
80
Postur Badan
:
sedang
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar