Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Laboratorium
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala UPTD Laboratorium
IKHTISAR JABATAN
Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikandan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-3 (Diploma-Tiga) Bidang analis
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
0
2). Teknis
:
0
c. Pengalaman Kerja
:
Minimal 3 Tahun di bidang laboratorium
d. Pengetahuan Kerja
:
dapat mengelola, menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai SOP
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyiapkan bahan bahan diSeksi Penunjang Medis dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 4716 3.77
- Perencanaan pemakaian reagen, BHP dan ATK dokumen 36 3 108 0.09
- Penghitungan reagen dan BHP per hari dokumen 720 2 1440 1.15
- Penghitungan pembelanjaaan reagen per bulan dokumen 12 2 24 0.02
- penghitungan pemakaian reagen, BHP dan ATK dokumen 12 2 24 0.02
- Pencatatan hasil pemeriksaan dokumen 20000 0.12 2400 1.92
- penghitungan jumlah pemeriksaan harian dokumen 360 1 360 0.29
- penghitungan jumlah pasien dokumen 360 1 360 0.29
2. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 48 0.04
- Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal dokumen 24 2 48 0.04
3. Menyusun laporan Seksi Penunjang Medis bagian laboratorium secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya. 120 0.10
- Menyusun laporan Seksi Penunjang Medis bagian laboratorium secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya. dokumen 12 10 120 0.10
4. Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. 1854 1.48
- menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik; kegiatan 12 15 180 0.14
- memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal; kegiatan 24 8 192 0.15
- mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya; kegiatan 12 15 180 0.14
- mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal; kegiatan 24 8 192 0.15
- mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program; laporan 36 5 180 0.14
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik tertulis dan lisan. kegiatan 6 31 186 0.15
- Mengkoordinir penerapan jaminan mutu dan pengendalian mutu pengambilan contoh uji dan/atau pengujian kegiatan 24 8 192 0.15
- Mengkoordinir partisipasi program uji profisiensi/uji banding serta melakukan investigasi bila hasil tidak memuaskan kegiatan 24 8 192 0.15
- Mengkoordinir pelaksanaan validasi/verifikasi metode pengujian kegiatan 12 15 180 0.14
- Mengkoordinir pelaksanaan program kalibrasi peralatan kegiatan 12 15 180 0.14
5. Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. 2202 1.76
- menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik; Kegiatan 24 8 192 0.15
- memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal; Kegiatan 12 17 204 0.16
- mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya; Kegiatan 24 8 192 0.15
- mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal; Kegiatan 24 8 192 0.15
- mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program; laporan 36 6 216 0.17
- Mengkoordinir penerapan jaminan mutu dan pengendalian mutu pengambilan contoh uji dan/atau pengujian Kegiatan 24 8 192 0.15
- Mengkoordinir partisipasi program uji profisiensi/uji banding serta melakukan investigasi bila hasil tidak memuaskan Kegiatan 24 8 192 0.15
- Mengkoordinir pelaksanaan validasi/verifikasi metode pengujian Kegiatan 12 17 204 0.16
- Mengkoordinir pelaksanaan program kalibrasi peralatan Kegiatan 12 17 204 0.16
- Melakukan audit internal laboratorium bidang teknis Dokumen 12 17 204 0.16
- Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis kegiatan 6 35 210 0.17
Jumlah Kebutuhan Pegawai 8940 7.15
7 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan/Keputusan Menteri, Peraturan Daerah, Peraturan Kepala Daerah yang berkaitan dengan pengaturan pengelolaan Pedoman dalam pelaksanaan pengendalian, pengelolaan, perlindungan dan pelestraian lingkungan hidup. Acuan dalam menentukan status hasil pengujian (Baku Mutu Lingkungan)
2. Dokumen Panduan Mutu, SNI ISO/IEC 17025 : 2008 Pedoman dalam pelaksanaan pengendalian, pengelolaan, perlindungan dan pelestraian lingkungan hidup. Acuan dalam menentukan status hasil pengujian (Baku
3. SOP, Juknis dan peraturan perundang-undangan Acuan pelaksanaan pengujian
4. Safety Data Sheet Perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja
5. Contoh Uji Pendistribusian tugas kepada analis Pelaksanaan tugas kedinasan lain
6. Surat Perintah/Surat Tugas Pelaksanaan tugas kedinasan lain
7. Surat Masuk Dasar untuk ditindaklanjuti dalam bentuk pelaksanaan kegiatan
8. Perintah Atasan Pelaksanaan tugas kedinasan lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer atau Laptop Peralatan kebersihan AC Mempelajari program kerja, dokumen yang lain serta membuat laporan kegiatan
2. Internet Komunikasi dengan pihak lain dalam bentuk e-mail disamping untuk pengembangan informasi yang terkini dalam pengembangan laboratorium
3. ATK Penunjang tugas
4. Panduan Mutu, SNI ISO/IEC 17025 : 2008 Pedoman pelaksanaan sistem manajemen mutu laboratorium lingkungan
5. Peralatan laboratorium Pelaksanaan pengujian
6. Alat Pelindung Diri dan Peralatan K3L Perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja
7. Bahan Kimia Bahan pengujian
8. Peralatan kebersihan Pemeliharaan peralatan
9. AC Alat pendingin ruangan
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Terlaksananya penerapan jaminan mutu dalam kegiatan pelayanan pengujian kualitas lingkungan
2. Melaksanakan Terlaksananya penerapan jaminan mutu dalam kegiatan pelayanan pengambilan contoh uji kualitas lingkungan
3. Membuat Kebenaran hasil pekerjaaan dan ketepatan waktu penyelesaian tugas
 
WEWENANG
Melakukan validasi data hasil pengujian, Menentukan sumber daya yang diperlukan untuk menjamin mutu
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Penunjang Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
2. Kepala Seksi Penunjang Medis Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Sedang/ Cukup
3. Udara Sedang
4. Keadaan Ruangan Sedang
5. Letak di areal permukiman
6. Penerangan Cukup
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Baik
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Keracunan/ Luka Bakar/ Penyakit/ Kehilangan Nyawa Terpapar bahan kimia berbahaya
2. Kelelahan tubuh Pengujian dominan dilakukan pada kondisi berdiri
3. Luka tangan Terkena pecahan alat gelas
4. Kelelahan pada otot mata Menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama
5. Kejenuhan Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
cakap
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
P, Bakat Penerapan Bentuk
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
C, Kemampuan Membedakan Warna
M, Kecekatan Tangan
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mengangkat
Membawa
Mendorong
Menarik
Membungkuk
Menjangkau
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Melihat berbagai warna
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria
Umur (Tahun)
:
39
Tinggi Badan (cm)
:
170
Berat Badan (kg)
:
60
Postur Badan
:
tinggi
Penampilan
:
rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O1, Berunding
O2, Mengajar
O3, Menyelia
O4, Menghibur
O5, Mempengaruhi

Kembali ke daftar