Detail Jabatan
NAMA JABATAN
:
JF Peneliti Muda
KODE JABATAN
:
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan
c. Pengawas
:
--
IKHTISAR JABATAN
Melakukan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi Penelitian dan Publikasi Ilmiah, Pengembangan dan/atau Pengkajian, partisipasi di pertemuan ilmiah, pelaksanaan kerja sama Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian, pembimbingan/pembinaan, pelaksanaan review kegiatan terkait Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian, dan penghargaan ilmiah
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S.2
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan/pelatihan dasar/pendidikan dan pelatihan terintegrasi dan memperoleh Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP)/sertifikat
2). Teknis
:
Mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis/fungsional/profesi dibidang Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian
c. Pengalaman Kerja
:
memiliki pengalaman di bidang Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian paling sedikit 2 (dua) tahun (tidak harus secara terus-menerus)
d. Pengetahuan Kerja
:
Sesuai dengan bidang kepakaran yang relevan
TUGAS POKOK
No | Uraian Tugas | Hasil | Jumlah Hasil | Waktu Penyelesaian (Jam) | Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) | Kebutuhan Pegawai |
---|---|---|---|---|---|---|
1. | Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. | 2450 | 1.96 | |||
- | Mempublikasikan hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk buku/bagian dari buku yang diterbitkan | buku | 1 | 480 | 480 | 0.38 |
- | Mempublikasikan hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk bunga rampai yang diterbitkan oleh | buku (bunga rampai) | 1 | 480 | 480 | 0.38 |
- | Mempublikasikan hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk naskah orasi ilmiah yang diterbitkan oleh: | buku (naskah orasi) | 1 | 480 | 480 | 0.38 |
- | Mempublikasikan hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan di | artikel (jurnal) | 1 | 480 | 480 | 0.38 |
- | Mempublikasikan hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan di | artikel (prosiding) | 1 | 120 | 120 | 0.10 |
- | Mempublikasikan hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk buku ajar untuk: | buku ajar | 1 | 200 | 200 | 0.16 |
- | Menjadi ketua kelompok kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam lingkup: | SK kelompok kegiatan/tahun | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi anggota kelompok kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam lingkup | SK kelompok kegiatan/tahun | 1 | 200 | 200 | 0.16 |
2. | Pelaksanaan Review Kegiatan Terkait Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian. | 70 | 0.06 | |||
- | Menjadi mitra bestari | naskah/dokumen hasil review/buku | 1 | 20 | 20 | 0.02 |
- | Menjadi tim editor | Keanggotaan Redaksi | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menilai proposal untuk kegiatan | naskah/dokumen hasil review proposal | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi juri pada kompetisi ilmiah pada tingkat pendidikan tinggi atau di atasnya | dokumen penilai kompetisi ilmiah | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi juri pada kompetisi ilmiah pada tingkat pendidikan menengah | dokumen penilai kompetisi ilmiah | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi juri pada kompetisi ilmiah pada tingkat pendidikan dasar | dokumen penilai kompetisi ilmiah | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
3. | Pengembangan dan/atau Pengkajian | 578 | 0.46 | |||
- | Menghasilkan kebaruan dalam bentuk Kekayaan Intelektual berupa | sertifikat/surat pendaftaran | 1 | 50 | 50 | 0.04 |
- | Melisensikan kekayaan Intelektual ke mitra yang statususahanya dalam lingkup | lisensi kekayaan intelektual | 1 | 48 | 48 | 0.04 |
- | Menyusun hasil Penelitian sebagai bahan kajian/rekomendasi dalam penyusunan kebijakan | dokumen, naskah, laporan | 1 | 480 | 480 | 0.38 |
4. | Partisipasi di Pertemuan Ilmiah | 8 | 0.01 | |||
- | Menjadi pemakalah kunci pada lingkup pertemuan ilmiah yang kegiatannya dipublikasikan dalam prosiding | naskah/bahan, sertifikat/bukti | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menjadi pemakalah oral pada lingkup pertemuan ilmiah yang kegiatannya dipublikasikan dalam prosiding | naskah/bahan, sertifikat/bukti | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menjadi pemakalah poster pada lingkup pertemuan ilmiah yang kegiatannya dipublikasikan dalam prosiding | naskah/bahan, sertifikat/bukti | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menjadi peserta pada lingkup pertemuan ilmiah yang kegiatannya dipublikasikan dalam prosiding | sertifikat/bukti, laporan | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
5. | Pengembangan Profesi | 90 | 0.07 | |||
- | Menyusun proposal dan melaksanakan kerja sama untuk mendapatkan dana pada lingkup kegiatan eksternal instansi | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menyusun proposal dan melaksanakan kerja sama untuk mendapatkan dana pada lingkup kegiatan internal instansi | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menyusun proposal dan melaksanakan kerja sama untuk mendapatkan dana pada lingkup kegiatan internal unit | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Memimpin kerja sama pada lingkup kegiatan eksternal instansi | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Memimpin kerja sama pada lingkup kegiatan internal instansi/antar unit | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Memimpin kerja sama pada lingkup kegiatan internal unit | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi anggota pada lingkup kegiatan eksternal | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi anggota pada lingkup kegiatan internal instansi/antar unit | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
- | Menjadi anggota pada lingkup kegiatan internal unit | dokumen kerja sama | 1 | 10 | 10 | 0.01 |
6. | Pembimbingan/Pembinaan | 18 | 0.01 | |||
- | Membimbing peserta kompetisi ilmiah di tingkat | laporan/dokumen | 1 | 6 | 6 | 0.00 |
- | Mengajar yang berkaitan dengan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian | sertifikat pengajaran/jam pembelajaran/mata kuliah | 1 | 4 | 4 | 0.00 |
- | Mengajar kegiatan pendidikan dan pelatihan | sertifikat pengajaran/jam pembelajaran/mata kuliah | 1 | 4 | 4 | 0.00 |
- | Menguji kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian di dalam negeri pada sidang | laporan/dokumen pengujian | 1 | 4 | 4 | 0.00 |
7. | Diseminasi/Penyelenggaraan Kegiatan/Pertemuan Ilmiah/Sosialisasi | 16 | 0.01 | |||
- | Menjadi narasumber di media elektronik: | episode/tayang | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menjadi bagian dalam delegasi negara sebagai peserta | laporan | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menyusun/merangkum hasil-hasil kegiatan Penelitian, Pengembangan, dan/atau Pengkajian dalam bentuk karya tulis lainnya | makalah | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Mempublikasikan hasil kegiatan dalam bentuk lainnya | buku panduan | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Mempublikasikan buku ajar/panduan/ilmiah populer terjemahan | buku ajar | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Mengikuti kegiatan dan terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ilmiah internasional | sertifikat, naskah, dokumen, laporan | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Mengikuti kegiatan dan terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ilmiah nasional | sertifikat, naskah, dokumen, laporan | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Mengikuti kegiatan dan terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ilmiah instansi | sertifikat, naskah, dokumen, laporan | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
8. | Keanggotaan dalam Organisasi Profesi/Organisasi Profesi Ilmiah/Himpunan Profesi/Organisasi Ilmiah | 8 | 0.01 | |||
- | Menjadi anggota organisasi profesi jabatan fungsional Peneliti | laporan/tahun | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Mengikuti kegiatan dan terlibat dalam organisasi profesi ilmiah | sertifikat, dokumen, laporan organisasi/ tahun | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menjadi anggota organisasi ilmiah | sertifikat, dokumen, laporan organisasi/ tahun | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
- | Menjadi focal point organisasi ilmiah | sertifikat, dokumen, laporan organisasi/ tahun | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
9. | Keanggotaan dalam Tim Penilai | 2 | 0.00 | |||
- | Menjadi anggota Tim Penilai Jabatan Fungsional Peneliti | SK | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
10. | Peran Serta sebagai Tenaga Ahli dan Editor Media Ilmiah Populer | 10 | 0.01 | |||
- | Menjadi tenaga ahli atas keilmuan yang dimiliki | dokumen, laporan kegiatan tenaga ahli | 1 | 5 | 5 | 0.00 |
- | Menjadi tim editor | dokumen review naskah | 1 | 5 | 5 | 0.00 |
11. | Penyusunan Laporan Teknis | 0 | 0.00 | |||
- | Menyusun laporan teknis kegiatan | 1 | 20 | 0 | 0.00 | |
12. | Perolehan Penghargaan/Tanda Jasa | 2 | 0.00 | |||
- | Memperoleh Penghargaan/ tanda jasa | piagam | 1 | 2 | 2 | 0.00 |
Jumlah Kebutuhan Pegawai | 3252 | 2.6
3 orang |
||||
Jumlah Pegawai yang Ada | 0 orang |
BAHAN KERJA
No | Bahan Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Peraturan Walikota tentang Tugas Pokok dan Fungsi | Menyusun program kerja |
2. | Regulasi tentang Penelitian dan Pengembangan dan Inovasi | Memproses dalam pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Pengembangan serta Pengelolaan Inovasi |
3. | Dokumen tentang Perencanaan Pembangunan | Penyusunan Rencana Kerja penelitian dan melaksanakan fungsi |
4. | Dokumen Hasil Penelitian dan Pengembangan | Penyusunan Rencana Kerja Penerapan dan melaksanakan fungsi |
5. | Dokumen Data dan Informasi seperti PPDA dan lainnya | Bahan untuk Melaksanakan Fungsi Kelitbangan dan Inovasi |
6. | Surat Keputusan, Surat Tugas, Memo, Disposisi, Perintah Atasan | Bahan untuk Melaksanakan Fungsi Kelitbangan dan Inovasi |
7. | Surat Masuk dan Surat Keluar | Penyusunan Rencana Kerja Bidang Penelitian dan Pengembangan |
8. | SOP | Memberi petunjuk kerja dalam melaksanakan tugas agar dapat dilaksanakan dan dipahami secara baik dan benar |
9. | Hasil Pelaksanaan Kegiatan | Bahan evaluasi dan pengawasan dalam pelaksanaan tugas |
PERANGKAT KERJA
No | Perangkat Kerja | Penggunaan Dalam Tugas |
---|---|---|
1. | Perangkat Komputer | Untuk melaksanakan tugas kedinasan |
2. | Perangkat IT | Untuk menunjang pelaksanaan tugas kedinasan |
3. | ATK | Untuk menunjang pelaksanaan tugas kedinasan |
TANGGUNG JAWAB
1. | Melaksanakan kelancaran program dan terselenggaranya kegiatan |
2. | Melaksanakan pengawasan internal |
3. | Melaksanakan ketepatan, kecepatan dan kebenaran tugas |
4. | Melaksanakan dan penerapan disiplin kerja |
5. | Melaksanakan dan bertanggungjawab terhadap kerahasiaan surat dokumen, data dan informasi |
WEWENANG
1. | Menentukan prioritas pekerjaan |
2. | Meminta kelengkapan data dan informasi kepada unit kerja yang relevan |
3. | Membuat laporan pelaksanaan tugas |
4. | Memberikan masukan dan rekomendasi kelitbangan kepada pimpinan |
KORELASI JABATAN
No | Jabatan | Unit Kerja/ Instansi | Dalam Hal |
---|---|---|---|
1. | Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah | Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah | Meminta arahan |
2. | Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan | Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah | Koordinasi |
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No | Aspek | Faktor |
---|---|---|
1. | Tempat Kerja | Dalam ruangan |
2. | Suhu | Dingin |
3. | Udara | Sejuk |
4. | Keadaan Ruangan | Baik |
5. | Letak | Datar |
6. | Penerangan | Terang |
7. | Suara | Tenang |
8. | Keadaan Tempat Kerja | Bersih dan Tertata Rapi |
9. | Getaran | Tidak ada |
RESIKO BAHAYA
No | Fisik/ Mental | Penyebab |
---|---|---|
1. |
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
mengidentifikasi masalah; melakukan penelusuran informasi ilmiah untuk mencari alternatif solusi atas masalah; mencari solusi atas masalah; menganalisis hasil; dan menyampaikan hasil yang menjadi topik kegiatan pada tingkat pemula.
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
M, Kecekatan Tangan
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
M, Kecekatan Tangan
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
P, Dealing with People (DEPL)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
V, Variety & Changing Conditions (VARCH)
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Pengamatan secara mendalam
Luas
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Pengamatan secara mendalam
Luas
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 55 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
proporsional
Berat Badan (kg)
:
proporsional
Postur Badan
:
proporsional
Penampilan
:
bersih dan rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi
O5, Mempengaruhi
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi