Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris DPRD
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Umum dan Keuangan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, fasilitasi dan koordinasi, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan menyelenggarakan program keuangan dalam arti melaksanakan penyusunan anggaran, pembukuan, akuntansi dan verifikasi, pertanggungjawaban dan laporan keuangan serta menyusun perencanaan, evaluasi dan pelaporan kinerja di Sekretariat DPRD sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tercapainya tujuan organisasi. / Disesuaikan dengan susunan organisasi dan uraian tugas (SOTK)
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan paling rendah diploma III atau yang setara
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
pim IV
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam Jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan Jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas Jabatan yang akan diduduki;
d. Pengetahuan Kerja
:
Pengelolaan program dan keuangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. menyelenggarakan program keuangan dalam arti melaksanakan penyusunan anggaran, pembukuan, akuntansi dan verifikasi, pertanggungjawaban, dan laporan keuangan serta menyusun perencanaan, evaluasi dan pelaporan kinerja di Sekretariat DPRD 933 0.75
- Menyusun bahan perumusan koordinasi pelaksanaan kebijakan yang berhubungan dengan keuangan, perencanaan, pendataan, evaluasi dan pelaporan laporan 36 8 288 0.23
- menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berdasarkan tugas dan fungsi sekretariat DPRD berpedoman rencana Strategis Sekretariat Dewan dokumen 6 8 48 0.04
- Melakukan verifikasi anggaran belanja sekwan dengan apbd yang ditetapkan laporan 1020 0.3 306 0.24
- Memproses penyiapan daftar gaji dprd, sekretariat dprd, thl dan tpp dokumen 47 1 47 0.04
- memproses dan mengevaluasi administrasi kegiatan di sekretariat dewan berkas 44 5 220 0.18
- menyusun laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dokumen 3 8 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 933 0.75
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   4 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Sub Bagian Program dan keuangan acuan dalam pelaksanaan kegiatan
2. Beban Kerja Unit Pembagian tugas kepada bawahan
3. Tugas Bawahan pembimbingan tugas bawahan
4. Rencana Kerja acuan pelaksanaan kegiatan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Menyusun Rencana Kegiatan Sub bagian program dan keuangan
2. Uraian Tugas Bawahan Membagi Tugas Bawahan
3. Petunjuk Teknis Membimbing Bawahan
4. Peraturan Perundang-undangan Sebagai dasar pelaksanaan tugas
5. Kerangka Acuan Kerja Pengevaluasian tugas bawahan
TANGGUNG JAWAB
1. Mengolah Ketersediaanya rencana kerja
2. Membuat Ketersediaanya pembagian tugas
3. Membuat Ketersediaanya pedoman operasional
4. Melaksanakan Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi , data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan;
4. Mengoreksi kinerja bawahan.
5. Mengoreksi laporan bawahan.
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Sekretaris DPRD Sekretariat DPRD Meminta Arahan
2. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
3. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Bagian Umum dan Keuangan Koordinasi
4. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
5. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
6. Pengelola Program dan Kegiatan Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
7. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
8. Bendahara Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
9. Pengadministrasi Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
10. Verifikator Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
11. Penyusun Laporan Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Memberi Arahan
12. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi dan Koordinasi
13. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi dan Koordinasi
14. Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Konsultasi dan Koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan tertutup
2. Suhu sedang
3. Udara baik
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak Baik
6. Penerangan Terang
7. Suara tidak bising
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1.
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 50 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
55
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
ideal
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar