Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Perencanaan Strategis
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan
IKHTISAR JABATAN
Menyusun, mengelola, menganalisis perencanaan strategis pembangunan daerah Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 Manajemen Informasi / Teknik Informatika / Teknik Komputer / Manajemen
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Prajabatan
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
-
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Membuat konsep rencana kajian strategis data/informasi yang terkait dengan Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan 30 0.02
- Mengumpulkan informasi/ data sehubungan dengan program kegiatan Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan kegiatan 2 3 6 0.00
- menyusun bahan/data yang dibutuhkan oleh Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan terkait dengan program dan kegiatan kegiatan 2 3 6 0.00
- mengolah dan mengetik konsep informasi program dan kegiatan Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan yang akan dikonsultasikan kepada atasan kegiatan 2 3 6 0.00
- Melaporkan dan konsultasi kepada atasan mengenai pelaksanaan tugas kegiatan 2 6 12 0.01
2. Menyusun pengelolaan data, informasi perencanaan strategis pembangunan daerah Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan 64 0.05
- Mengumpulkan data, informasi perencanaan strategis pembangunan daerah Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan; kegiatan 2 2 4 0.00
- Mempelajari dan menelaah petunjuk pelaksanaan perencanaan strategis pembangunan yang mendukung kegiatan Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan kegiatan 2 2 4 0.00
- Mengetik dokumen perencanaan strategis kegiatan Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan dokumen 8 2 16 0.01
- Memfasilitasi dan mengikuti rapat persiapan pelaksanaan kegiatan di Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan kali 8 2 16 0.01
- Menyusun administrasi yang dibutuhkan dalam kegiatan penyusunan perencanaan pembangunan kegiatan 2 8 16 0.01
- Menyerahkan dokumen pelaksanaan kegiatan pada kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan dokumen 2 2 4 0.00
- Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pada Subbid untuk diverifikasi dan di Validasi dokumen 2 2 4 0.00
3. Menyusun analisis dan perumusan perencanaan strategis seluruh OPD berdasarkan ketentuan teknis dalam rangka pertimbangan teknis kebijakan-kebijakan strategis. 84 0.07
- Mempelajari dan menganalisa peraturan Pemerintah ataupun dokumen pendukung pelaksanaan kegiatan dokumen 2 24 48 0.04
- Mengumpulkan dan mengadministrasikan disposisi dari OPD yang terkait pada Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan dokumen 2 6 12 0.01
- Mengkonsultasikan dengan pempinan mengenai tindaklanjut perencanaan strategis kegiatan OPD terkait dokumen 2 12 24 0.02
4. Menyusun analisa rancangan dokumen perencanaan strategis perangkat daerah seluruh OPD 237 0.19
- Menerima disposisi mengenai penunjukan tugas penyusunan dokumen perangkat daerah dokumen 1 3 3 0.00
- Mempelajari dan menganalisa bahan perencanaan perangkat daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah atau juknis pelaksanaan dokumen 12 12 144 0.12
- Mengkoordinasikan dengan atasan langsung mengenai teknis pelaksanaan kegiatan 2 24 48 0.04
- Mengkoordinasikan hal-hal terkait dokumen perencanaan kepada seluruh OPD kegiatan 1 24 24 0.02
- Merekap dan merapikan dokumen perencanaan perangkat daerah kegiatan 1 12 12 0.01
- Melaporkan kepada atasan terhadap pelaksanaan tugas kegiatan 1 6 6 0.00
5. Melaksanakan analisis pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan strategis pembangunan daerah Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan 162 0.13
- menyiapkan kebutuhan administrasi kegiatan dokumen 10 1 10 0.01
- membantu atasan menyiapkan konsumsi kegiatan kali 15 1 15 0.01
- melaksanakan analisis pengelolaan data, informasi dan pelaporan pelaksanaan perencanaan strategis pembangunan daerah Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan kegiatan 1 75 75 0.06
- mengumpulkan data dan informasi hasil pelaksanaan kegiatan dokumen 12 5 60 0.05
- menyusun draft laporan yang memuat data dan informasi hasil pelaksanaan kegiatan untuk dijadikan buku dokumen 2 1 2 0.00
6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 72 0.06
- Membuat rencana konsep laporan hasil pelaksanaan tugas berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan Kegiatan 1 24 24 0.02
- Mengkoordinasikan konsep laporan yang sudah dibuat kepada kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan laporan 1 24 24 0.02
- mengetik konsep laporan pelaksanaan tugas laporan 1 12 12 0.01
- menyerahkan laporan hasil kegiatan kepada kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan laporan 1 12 12 0.01
7. Melaksanakan tugas-tugas lain lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan 111 0.09
- . Menerima Disposisi terkait pelaksanaan tugas kegiatan 1 3 3 0.00
- menyiapkan bahan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan tugas sesuai dengan disposisi yang diberikan kegiatan 1 60 60 0.05
- Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan laporan 1 24 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 760 0.61
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Sebagai dasar Pelaksanaan Kegiatan
2. Renja, Renstra, RPJMD, RKPD bahan untuk di analisa dan data pembanding
3. Laporan Kegiatan tahun tahun sebelumnya Penelitian permasalahan
4. Usulan Musrenbang, Usulan Pokir Penyusunan RKPD
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer, Printer, USB, ATK, Jaringan internet dan alat komunikasi internet dan alat komunikasi Alat penunjang pekerjaan
TANGGUNG JAWAB
1. Menyiapkan data hasil analis yang bisa di pertanggung jawabkan kebenaran, ketepatan dan kecepatan pelaksanaan tugas
2. Melaksanakan pengelolaan data perencanaan strategis
 
WEWENANG
1. Mengumpulkan kelengkapan data dan informasi yang diperlukan
2. Melakukan penelitian
3. Menelaah, menganalisa, mengevaluasi dan menyusun bahan laporan perencanaan strategis
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bidang Penyusunan Perencanaan Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Pelaporan pelaksanaan tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan
2. Suhu Dingin dengan perubahan
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Nyaman
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Jelas
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. mata lelah terlalu lama menatap layar komputer
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
1. Keterampilan pengoperasian komputer
2. Keterampilan menganalisis kegiatan perencanaan
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
 
e. Upaya Kerja
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 25 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D3, Menyusun data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O6, Berbicara - memberi tanda
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar