Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Perencanaan Makro, Evaluasi dan Informasi Pembangunan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan yang meliputi pengumpulan, pengklasifikasian, dan penelaahan untuk menyimpulkan dan menyusun rekomendasi di bidang pengendalian dan evaluasi pembangunan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal S1 (Jurusan Akuntansi, Komputer, Sosial Politik, Hukum
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
-
2). Teknis
:
Diklat Perencanaan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
mengoperasikan komputer
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyusun rencana kegiatan pengendalian dan evaluasi serta pengelolaan data, informasi dan pelaporan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan berdasarkan aturan sebagai dasar perumusan kebijakan 64 0.05
- Mengumpulkan data, informasi dan pelaporan pengendalian dan evaluasi perencanaan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Kegiatan 2 2 4 0.00
- Mempelajari dan menelaah petunjuk pelaksanaan pengendalian dan evaluasi perencanaan yang mendukung kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Kegiatan 2 2 4 0.00
- Mengetik dokumen perencanaan kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Dokumen 8 2 16 0.01
- Memfasilitasi dan mengikuti rapat persiapan pelaksanaan kegiatan di Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Kali 8 2 16 0.01
- Menyusun administrasi yang dibutuhkan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi Kegiatan 2 8 16 0.01
- Menyerahkan dokumen pelaksanaan kegiatan pada kepala Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Dokumen 2 2 4 0.00
- Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan pada Subbid untuk diverifikasi dan di Validasi Dokumen 2 2 4 0.00
2. Membuat konsep rencana kajian data/informasi yang terkait dengan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan 15 0.01
- Mengumpulkan informasi/ data sehubungan dengan program kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan kegiatan 2 1.5 3 0.00
- menyusun bahan/data yang dibutuhkan oleh Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan terkait dengan program dan kegiatan kegiatan 2 1.5 3 0.00
- mengolah dan mengetik konsep informasi program dan kegiatan Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan yang akan dikonsultasikan kepada atasan kegiatan 2 1.5 3 0.00
- Melaporkan dan konsultasi kepada atasan mengenai pelaksanaan tugas kegiatan 2 3 6 0.00
3. Menyusun analisis dan perumusan laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan seluruh OPD berdasarkan ketentuan teknis dalam rangka pertimbangan teknis kebijakan-kebijakan strategis. 42 0.03
- Mempelajari dan menganalisa peraturan Pemerintah ataupun dokumen pendukung pelaksanaan kegiatan Dokumen 2 12 24 0.02
- Mengumpulkan dan mengadministrasikan disposisi dari OPD yang terkait pada Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Dokumen 2 3 6 0.00
- Mengkonsultasikan dengan pempinan mengenai tindaklanjut perencanaan kegiatan OPD terkait Dokumen 2 6 12 0.01
4. Entry data ke dalam format laporan triwulan sebagai bahan untuk evaluasi (draft laporan) 52 0.04
- Memasukkan data laporan kegiatan-kegiatan OPD ke dalam format laporan Dokumen 96 0.5 48 0.04
- Menyajikan blanko format isian laporan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Form 4 1 4 0.00
5. Melaksanakan klarifikasi laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan kegiatan 160 0.13
- Membandingkan realisasi pelaksanaan kegiatan secara fisik dan keuangan dengan target rencana Dokumen 96 0.5 48 0.04
- Menginventarisir permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan Dokumen 96 1 96 0.08
- Mengundang OPD rapat Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Kali 4 4 16 0.01
6. Entry data hasil klarifikasi /evaluasi kegiatan triwulan 144 0.12
- Mengumpulkan data hasil pengendalian dan evaluasi perencanaan kegiatan ke dalam format laporan hasil evaluasi Dokumen 96 1 96 0.08
- Melaksanakan konfirmasi atas data hasil evaluasi apabila diperlukan Dokumen 96 0.5 48 0.04
7. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan per triwulan dalam bentuk buku sebagai bahan dokumentasi 336 0.27
- Membandingkan realisasi pelaksanaan kegiatan secara fisik dan keuangan dengan target rencana Dokumen 96 2 192 0.15
- Menentukan kondisi pelaksanaan kegiatan (terlambat atau mendahului) Dokumen 96 0.5 48 0.04
- Menganalisa dan menyimpulkan permasalahan kegiatan secara umum Dokumen 96 0.5 48 0.04
- Melaporkan hasil evaluasi setiap triwulan disusun dalam bentuk buku Buku 96 0.5 48 0.04
8. Melaksanakan tugas-tugas lain lain yang diberikan oleh Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan 111 0.09
- Menerima Disposisi terkait pelaksanaan tugas Kegiatan 1 3 3 0.00
- menyiapkan bahan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas Dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan tugas sesuai dengan disposisi yang diberikan Kegiatan 1 60 60 0.05
- Membuat laporan hasil pelaksanaan kegiatan Laporan 1 24 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 924 0.74
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan perundang-undangan Sebagai dasar Pelaksanaan Kegiatan
2. RKA/DPA/DPA semua OPD Sebagai sumber data kegiatan-kegiatan OPD
3. Laporan triwulan OPD Sebagai bahan klarifikasi / evaluasi perkembangan pelaksanaan kegiatan OPD
4. Informasi dari Kasubag Evlap Sebagai sumber data/informasi perkembangan pelaksanaan kegiatan termasuk permasalahan yang dihadapi
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer, printer, ATK Untuk menyelesaikan tugas kedinasan
TANGGUNG JAWAB
1. Menyusun Rencana kegiatan pengendalian dan evaluasi
2. Menyusun analisis dan perumusan laporan pengendalian dan evaluasi perencanaan seluruh OPD
3. Menganalisis pengelolaan data, informasi dan pelaporan
4. Menyiapkan bahan laporan
5. Menyampaikan bahan laporan
 
WEWENANG
1. Meminta kelengkapan data dan dokumen
2. Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi
3. Menilai kesesuaian dokumen dengan ketentuan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bidang Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Pelaksanaan tugas dan pelaporan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan tertutup
2. Suhu Dingin dengan perubahan
3. Udara Kering
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Di sudut ruangan
6. Penerangan Terang
7. Suara -
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih dan rapi
9. Getaran -
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
S, Performing under Stress (PUS)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 25 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
Rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
D1, Mengkoordinasi data
D2, Menganalisis data
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O0, Menasehati
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar