Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Keuangan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub bagian Keuangan PEP
IKHTISAR JABATAN
Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Diploma III di bidang Akuntansi/Manajemen/Administrasi/Teknik Informatika/Manajemen Teknik Informatika.
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
LPJ/Prajabatan
2). Teknis
:
-
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
1)Manajemen Akuntansi/Keuangan;2)Perpajakan;3)Teknik Pengumpulan dan Penyusunan Data;4)Peraturan Pengelolaan Keuangan Daerah.
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menyiapkan bahan bahan diSeksi Perbendaharaan dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 555 0.44
- Menyiapkan bahan dalam penyusunan laporan realisasi anggaran setiap bulannya berupa SPJ fungsional bendahara, laporan penerimaan dari bendahara penerimaan dokumen 13 15 195 0.16
- Menyiapkan bahan dalam penyusunan laporan belanja modal setiap bulannya berupa SPJ fungsional bendahara dokumen 12 15 180 0.14
- Menyiapkan bahan dalam penyusunan laporan pengesahan setiap bulannya berupa SPJ fungsional bendahara dokumen 12 15 180 0.14
2. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 180 0.14
- Melakukan koordinasi dengan bendahara terkait penyusunan laporan setiap bulannya kegiatan 12 15 180 0.14
3. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 180 0.14
- Melakukan koordinasi dengan bendahara terkait penyusunan laporan setiap bulannya kegiatan 12 15 180 0.14
4. Menyusun laporan Seksi Perbendaharaan secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya 720 0.58
- Menyusun laporan realisasi anggaran setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan belanja modal setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan pengesahan setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan arus kas setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
5. Menyusun laporan Seksi Perbendaharaan secara berkala, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program berikutnya 720 0.58
- Menyusun laporan realisasi anggaran setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan belanja modal setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan pengesahan setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
- Menyusun laporan arus kas setiap bulannya dokumen 12 15 180 0.14
6. Melakukan kegiatan pengelolaan yang meliputi penyiapan bahan, koordinasi dan penyusunan laporan di bidang keuangan 848 0.68
- Mempelajari peraturan-peraturan dan perundang-undangan yang menyangkut dengan keuangan dokumen 4 4 16 0.01
- Mempelajari Renstra BLUD dokumen 1 1 1 0.00
- Merencanakan dan mempertanggung jawabkan APBD dan Dana BLUD dokumen 8 12 96 0.08
- Melaksanakan administrasi keuangan, mengumpulkan bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran BLUD UPTD PDB dokumen 21 9 189 0.15
- Menerima ansuran dan membayarkan uang pinjaman nasabah dan menyetorkan ke bank dokumen 9 10 90 0.07
- Melaksanakan/ mempertanggung jawabkan penerimaan dan pengeluaran keuangan BLUD UPTD PDB dokumen 22 20 440 0.35
- Membuat kelengkapan administrasi keuangan BLUD UPTD PDB dokumen 2 0.5 1 0.00
- Melaporkan hasil evaluasi laporan keuangan ke atasan dokumen 7 1 7 0.01
- Menyusun SOPsistem pengendalian intern pemerintah (SPIP), standar pelayanan publik sesuai dengan lingkup tugasnya dokumen 2 1 2 0.00
- Melaksanakan tugas lain kali 3 2 6 0.00
7. Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. 468 0.37
- menyusun program kerja, bahan dan alat perlengkapan obyek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik; dokumen 12 4 48 0.04
- memantau, objek kerja sesuai dengan bidang tugasnya, agar dalam pelaksanaannya terdapat kesesuaian dengan rencana awal; Dokumen 12 3 36 0.03
- mengendalikan program kerja, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya; Dokumen 24 5 120 0.10
- mengkoordinasikan dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal; Dokumen 24 6 144 0.12
- mengevaluasi dan menyusun laporan secara berkala, sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai bahan penyusunan program; Dokumen 12 4 48 0.04
- melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik tertulis dan lisan. Dokumen 12 6 72 0.06
8. Mengelola obyek kerja dengan cara menyusun program, mengendalikan dan mengkoordinasikan serta memeriksa dan mengevaluasi sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. 576 0.46
- Menginput dokumen Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Perubahan Rencana Kegiatan Anggaran (RKAP) sesuai dengan prosedur dan petunjuk teknisuntuk kelancaran pelaksanaan tugas; Tahapan :1) Menerima berkas usulan kegiatan dari setiap Sub Unit di lingkungan unit kerja; 2)Menginput data usulan kegiatan yang diterima kedalam sistem keuangan daerah; 3) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dokumen 12 4 48 0.04
- Membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP)-Ganti Uang (GU) dan SPP Langsung (LS) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlakudan petunjuk teknis agar terlaksananya proses pencairan dana kegiatan yang tertib administrasi; Tahapan :1) Menerima berkas pencairan kegiatan dari Bendahara; 2) Mengelompokkan berkas pencairan kegiatan berdasarkan jenis pencairannya; 3)Mengetik Surat Permintaan Pembayaran (SPP)-Ganti Uang (GU) dan SPP Langsung (LS) sebagai syarat kelengkapan dokumen pencairan kegiatan untuk diserahkan kepada Bendahara; dokumen 24 4 96 0.08
- Mengolah hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meliputi pajak daerah dan retribusi daerah sesuai dengan prosedur dan tugas fungsi agar pelaksanaan tugas berjalan lancar; Tahapan :1) Menghimpun bukti-bukti pembayaran dari wajib pajak; 2)Menginputdata hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui aplikasi simda; 3)Mencetak hasil laporan dari aplikasi simda; 4)Melaporkan hasil pelaksanaan tugaskepada Bendahara. dokumen 24 4 96 0.08
- Membuat laporan register SP2D, SPP, SPM dan register SP2D-SPP-SPM sesuai dengan peraturan perundangan dan petunjuk teknisagar tersusunnya laporan pertanggungjawaban bendahara yang akuntabel; Tahapan :1) Mempelajari dokumen SP2D,SPM dan SPP serta dokumen rekening koran; 2) Menyusun laporan registerSP2D,SPP, SPM dan register SP2D-SPP-SPM; 3) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada bendahara. dokumen 48 4 192 0.15
- Mengarsipkan dokumen pencairankeuangan dan laporan keuangan dilingkungan unit kerja berdasarkan prosedur dan petunjuk teknis agar terselenggaranya tertib arsip keuangan; Tahapan :1) Menerima dokumen pencairan keuangan dan laporan keuangan dari Bendahara; 2)Memilah dokumen pencairan keuangan dan laporan keuangan; 3) Menyimpan dokumen tersebut kedalam filling cabinet. dokumen 24 4 96 0.08
- Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis; Tahapan :1) Mempelajari penugasan yang diberikan pimpinan;2) Menyiapkan bahan-bahan pelaksanaan tugas;3)Menjalankan tugas sesuai dengan arahan dan aturan yang ada;4) Melaporkan hasil pelaksanaan tugas. dokumen 12 4 48 0.04
Jumlah Kebutuhan Pegawai 4247 3.39
3 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Penginputan dokumen Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Perubahan Rencana Kegiatan Anggaran (RKAP)
2. Peraturan Perundangan Terkait dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP)-Ganti Uang (GU) dan SPP Langsung (LS)
3. SOP dan SOTK Pelaksanaan kegiatan mengolah hasilPendapatan Asli Daerah (PAD) yang meliputi pajak daerah dan retribusi daerah
4. Peraturan Perundangan Terkait dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan membuat laporan register SP2D, SPP, SPM dan register SP2D-SPP-SPM
5. SOP dan Petunjuk Teknis Pengarsipan dokumen pencairan keuangan dan laporan keuangan
6. Instruksi Pimpinan Pelaksanaan Tugas Kedinasan Lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Berkas usulan kegiatan dari setiap Sub Unit di lingkungan unit kerja Menginput dokumen Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Perubahan Rencana Kegiatan Anggaran (RKAP)
2. Berkas pencairan kegiatan Membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP)-Ganti Uang (GU) dan SPP Langsung (LS)
3. Data hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) MengolahhasilPendapatan Asli Daerah (PAD) yang meliputi pajak daerah dan retribusi daerah
4. Dokumen SP2D,SPM dan SPP serta dokumen rekening koran Membuat laporan register SP2D, SPP, SPM dan register SP2D-SPP-SPM
5. Dokumen pencairan keuangan dan laporan keuangan Mengarsipkan dokumen pencairan keuangan dan laporan keuangan dilingkungan unit kerja
6. Surat Perintah dan Peraturan Terkait Melaksanakan Tugas Kedinasan Lain
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Terlaksananya kelancaran kegiatan menginput dokumen Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Perubahan Rencana Kegiatan Anggaran (RKAP);
2. Melaksanakan Terlaksananya kelancaran kegiatan membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP)-Ganti Uang (GU) dan SPP Langsung (LS);
3. Melaksanakan Terlaksananya kelancaran mengolah hasilPendapatan Asli Daerah (PAD) yang meliputi pajak daerah dan retribusi daerah;
4. Melaksanakan Terlaksananya penyusunan laporan registerSP2D, SPP, SPM dan register SP2D-SPP-SPM;
5. Melaksanakan Terlaksananya Keamanan dan Kerahasiaan arsip/data.
 
WEWENANG
1. Menginput data usulan kegiatan yang diterima kedalam sistem keuangan daerah Meneliti kelengkapan berkas/dokumen pencairan kegiatan;
2. Mengetik Surat Permintaan Pembayaran (SPP)-Ganti Uang (GU) dan SPP Langsung (LS);
3. Menginput datahasilPendapatan Asli Daerah (PAD) melalui aplikasi simda;
4. Melakukan review atas penyusunan laporan register SP2D, SPP, SPM dan register SP2D-SPP-SPM;
5. Mengarsipkan dokumen pencairan keuangan dan laporan keuangan dilingkungan unit kerja;
6. Menjaga keamanan dan kerahasiaan dokumen.
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah koordinasi
2. Bendahara Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah konsultasi
3. Bendahara Penerimaan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah konsultasi
4. Bendahara Pengeluaran Pembantu Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah konsultasi
5. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah konsultasi
6. Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah konsultasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja dalam ruangan
2. Suhu Sejuk
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan baik
5. Letak strategis
6. Penerangan terang
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1.
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
1)Pemeriksaan terhadap Pengelolaan Keuangan;
2)Meneliti kelengkapan berkas/dokumen pencairan kegiatan;
3)Mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meliputi pajak daerah dan retribusi daerah;
4)Mengelola hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang meliputi pajak daerah dan retribusi daerah;
5)Menyusun laporan keadaan kas dan realisasi pendapatan/anggaran belanja;
6)Mengoperasikan komputer.
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berjalan
Duduk
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Wanita
Umur (Tahun)
:
35
Tinggi Badan (cm)
:
165 cm
Berat Badan (kg)
:
65 kg
Postur Badan
:
sedang
Penampilan
:
rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D6, Membandingkan data
Hubungan dengan Orang
:
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar