Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Umum
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan
c. Pengawas
:
-
IKHTISAR JABATAN
Merencanakan program kerja, membagi tugas, memberi petunjuk, memeriksa pekerjaan bawahan dalam menyiapkan bahan petunjuk dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, program kerja dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan Sub Bagian Umum berdasarkan ketentuan yang berlaku agar tugas Sub Bagian umum terselenggara dengan baik sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Sarjana S1, Manajemen, Administrasi, Perencanaan dan Bidang lain yang relevan dengan Tugas Jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pim IV
2). Teknis
:
Diklat Administrasi Umum
c. Pengalaman Kerja
:
Staf di Bagian umum/ sekretariat di OPD lain ± 3 tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Pegetahuan di bidang administrasi umum
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan pada sub bagian Umum berdasarkan program kerja Bagian Umum dan Perlengkapan sebagai pedoman pelaksanaan tugas 200 0.16
- Mengumpulkan bahan yang terkait dengan bagian umum dokumen 10 6 60 0.05
- Mempelajari bahan yang terkait bagian umum dokumen 10 6 60 0.05
- Mendiskusikan bahan perencanaan sub bagian umum kegiatan 10 6 60 0.05
- Membuat Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA) dokumen 2 10 20 0.02
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran tugas sub bagian Umum 186 0.15
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan bawahan kegiatan 7 6 42 0.03
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan kegiatan 7 6 42 0.03
- Menentukan target waktu penyelesaian kegiatan 7 6 42 0.03
- Memberikan arahan kepada bawahan terhadap permasalahan yang dihadapi untuk menghindari penyimpangan/kesalahan kegiatan 7 6 42 0.03
- Menilai hasil kerja yang telah di laksanakan sesuai dengan target awal dokumen 2 4 8 0.01
- Mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan sesuai dengan prosedur yang berlaku dokumen 2 5 10 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan sub bagian umum sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan dengan tertib dan lancar 55 0.04
- Memberikan arahan kepada bawahan terhadap permasalahan yang dihadapi untuk menghindari penyimpangan/kesalahan kegiatan 7 5 35 0.03
- Menilai hasil kerja yang telah di laksanakan sesuai dengan target awal dokumen 2 5 10 0.01
- Mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan sesuai dengan prosedur yang berlaku dokumen 2 5 10 0.01
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan subbagian umum berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 20 0.02
- Menilai hasil kerja yang telah di laksanakan sesuai dengan target awal dokumen 2 5 10 0.01
- Mengevaluasi hasil pekerjaan bawahan sesuai dengan prosedur yang berlaku dokumen 2 5 10 0.01
5. Melaksanakan penatausahaan administrasi persuratan sesuai dengan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas 68 0.05
- Mempelajari peraturan tentang penatausahaan administrasi persuratan sesuai dengan tata naskah dinas yang berlaku dokumen 1 5 5 0.00
- Memproses administrasi persuratan di lingkungan Sekretariat Daerah kegiatan 10 6 60 0.05
- Melaporkan hasil laporan admnistrasi persuratan dokumen 1 3 3 0.00
6. Menyusun perencanaan dan memfasilitasi kebutuhan administrasi perkantoran di ruang lingkup Sekretariat Daerah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk peningkatan kualitas pelayanan 38 0.03
- Menghimpun kebutuhan administrasi perkantoran di ruang lingkup sekretariat daerah kegiatan 7 3 21 0.02
- Menganalisa kebutuhan Sekretariat Daerah agar dijalankan secara efektif dan efisien kegiatan 7 1 7 0.01
- Menyusun rencana, program kerja dan anggaran (RKA, ROK, KAK, rincian triwulan) kegiatan administrasi perkantoran dokumen 5 2 10 0.01
7. Melaksanakan dan memantau pelaksanaan kegiatan pemeliharaan kebersihan, keindahan dan ketertiban kantor sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kenyamanan dalam melaksanaan tugas 214 0.17
- Menganalisa kebutuhan kantor yang diajukan sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran yang telah disetujui kegiatan 7 4 28 0.02
- Melaksanakan kegiatan pemeliharaan kebersihan, keindahan dan ketertiban kantor kegiatan 20 8 160 0.13
- Memantau pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan kegiatan 7 3 21 0.02
- Membuat laporan hasil kegiatan pelaksanaan kegiatan dokumen 1 5 5 0.00
8. Melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP), Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Standar Pelayanan Publik (SP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) sesuai bidang tugasnya untuk pedoman pelaksanaan kegiatan 12 0.01
- Mengumpulkan data pengolahan laporan 1 2 2 0.00
- Mengolah data pengolahan laporan 2 2 4 0.00
- Menganalisa data pengolahan laporan 1 2 2 0.00
- Memverifikasi hasil olahan data laporan 1 2 2 0.00
- Menyampaikan hasil olahan data pengolahan untuk memperoleh masukan tindak lanjut dan persetujuan pengesahannya laporan 1 2 2 0.00
9. Menyampaikan laporan hasil kegiatan sub Umum sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 110 0.09
- Menyiapkan laporan hasil pelaksanaan kegiatan sub Bagian Umum dokumen 7 5 35 0.03
- Membuat laporan pelaksanaan tugas hasil kegiatan sub Bagian Umum dokumen 7 5 35 0.03
- Menganalisis laporan hasil kegiatan sub Bagian Umum dokumen 7 5 35 0.03
- Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas ke atasan dengan cara mendiskusikan evaluasi pelaksanaannnya dokumen 1 5 5 0.00
10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya 80 0.06
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari atasan dokumen 10 2 20 0.02
- Mempelajari tugas yang diberikan kegiatan 10 2 20 0.02
- Menjalankan tugas yang diberikan kegiatan 10 2 20 0.02
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dokumen 10 2 20 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 983 0.78
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana Operasional Bagian Umum dan Perlengkapan Pedoman dalam penyusunan tugas sub bagian umum
2. Disposisi atasan Dasar pelaksanaan tugas
3. Dokumen Anggaran Proses administrsi keuangan
4. Tugas pokok dan fungsi Pengkoordinasian urusan kebijakan
5. Rencana kegiatan Pengaturan pelaksanaan tugas
6. Rencana dan realisasi kegiatan Pelaksanaan, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Sub Bagian Umum
7. Surat Masuk Pelaksanaan tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan-peraturan yang berhubungan dengan OPD terkait Legalitas pelaksanaan tugas
2. Komputer / laptop dan printer Sarana pengetikan dan pengolahan data serta pencetakan dokumen
3. Alat komunikasi /telepon Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan mitra kerja
4. Renstra Setdako dan OPD terkait Merumuskan program kerja Sub Bagian Umum
5. Lembar disposisi Membagi tugas kepada bawahan
6. Tupoksi dan SOP Sub Bagian Umum Mengatur pelaksanaan tugas
7. Surat Perintah/Surat Tugas Melaksanakan tugas lain-lain
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan pembinaan bawahan pada Sub Bagian Umum
2. Memeriksa kelancaran tugas bawahan
3. Memeriksa isi Laporan kegiatan Kepala Sub Bagian Umum
4. Memeriksa kebenaran dan ketepatan penyusunan rencana kerja
5. Menetapkan ketepatan dan kelayakan pembagian tugas kepada bawahan
6. Menetapkan kebenaran hasil kerja bawahan
7. Menetapkan kebenaran dan ketepatan pemberian saran
8. Menyiapkan keserasian dalam suasana kerja
9. Memeriksa ketepatan dan kebenaran meneliti dan mengoreksi hasil kerja serta memaraf konsep yang diajukan para bawahan
 
WEWENANG
1. Memberi tugas, menegur dan menilai pelaksanaan tugas bawahan
2. Menyusun dan menyiapkan konsep rencana kegiatan
3. Memberi paraf sesuai ketentuan yang berlaku pada setiap persetujuan konsep dokumen/surat yang diajukan pada bawahan untuk ditanda tangani atasan
4. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
5. Berkoordinasi dengan unit kerja untuk kelancaran kerja
6. Mengoreksi dan memperbaiki hasil kerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kota koordinasi kerja
2. Kepala Sub Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah Kota kerjasama kerja
3. Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Sekretariat Daerah Kota kerjasama kerja
4. Analis Layanan Umum Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
5. Analis Tata Usaha Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
6. Pengelola Surat Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
7. Pengelola Sarana dan Prasarana Kantor Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
8. Pengadministrasi Persuratan Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
9. Pengelola Keuangan Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
10. Pengadministrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Koordinasi Kerja
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam ruangan
2. Suhu sedang
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja bersih
9. Getaran tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Tidak Ada
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Keterampilan berkomonikasi dan menganalisa
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Memegang
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D2, Menganalisis data
Hubungan dengan Orang
:
O1, Berunding
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar