Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengadministrasi Penerimaan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik
c. Pengawas
:
Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pencatatan dan pendokumentasian di bidang penerimaan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
SLTA/DI/ D-2 (Diploma-Dua)/D-3 (Diploma-Tiga) bidang Manajemen Perkantoran/ Administrasi perkantoran/ Tata Perkantoran atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Teknis administrasi perkantoran, diklat keuangan, diklat perpajakan, diklat perbendaharaan
c. Pengalaman Kerja
:
mengetahui kegiatan pencatatan dan pendokumentasian di bidang penerimaan
d. Pengetahuan Kerja
:
menguasai kegiatan pencatatan dan pendokumentasian di bidang penerimaan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Menerima dokumen bidang keuangan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pencarian. 1440 1.15
- Melayani pasien umum yang akan melakukan pembayaran karcis,SKS dan kwitansi (termasuk kwitansi selisih tarif BPJS). 24 12 288 0.23
- Melayani calon jamaah haji,CPNS dan pasien yang akan melakukan KIR HAJI,KIR CPNS dan MCU. 24 12 288 0.23
- Melayani pasien calon Jasa Raharja dan calon JKN yang akan meninggalkan jaminan dalam waktu 3x24 jam. 24 12 288 0.23
- Mengembalikan jaminan pasien calon Jasa Raharja dan calon JKN yang masih dalam waktu 3x24 jam. 24 12 288 0.23
- Mengkwitansikan jaminan pasien calon Jasa Raharja dan calon JKN yang melewati batas waktu 3x24 jam. 24 12 288 0.23
2. Mencatat berkas masuk bidang keuangan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pengendalian 864 0.69
- Membukukan data pembayaran berdasarkan karcis,SKS dan kwitansi yang dikeluarkan. 24 12 288 0.23
- Membukukan data pembayaran KIR HAJI,KIR CPNS dan MCU. 24 12 288 0.23
- Membuat overan setiap kali pertukaran shift. 24 12 288 0.23
3. Mendokumentasikan berkas bidang keuangan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi 576 0.46
- Membuat laporan atas penerimaan pembayaran berdasarkan karcis,SKS,KIR HAJI,KIR CPNS,MCU dan kwitansi yang dikeluarkan. 24 12 288 0.23
- Menyetorkan penerimaan pembayaran setiap hari ke Bendahara Penerima. 24 12 288 0.23
4. Menerima, mencatat, dan menyortir dokumen penerimaan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar memudahkan pencarian 192 0.15
- Melakukan penyiapan blangko berdasarkan peraturan dan petunjuk teknis untuk kelancaran pelaksanaan tugas dokumen 48 1 48 0.04
- Menyiapkan buku register penerimaan dokumen 48 1 48 0.04
- Menyiapkan slip setoran penerimaan dokumen 48 1 48 0.04
- Menyiapkan STS (Surat Tanda Setoran) penerimaan dokumen 48 1 48 0.04
5. Mendokumentasikan dokumen/berkas keuangan bagian penerimaan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku, agar tertib administrasi 576 0.46
- Menyusun dokumen keuangan administrasi penerimaan dokumen 48 4 192 0.15
- Mengelompokkan dokumen keuangan administrasi penerimaan per periode SPJ dokumen 48 4 192 0.15
- Membuat form tanda terima dokumen keuangan administrasi penerimaan dokumen 48 4 192 0.15
6. menyiapkan bahan adminstrasi penerimaan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 192 0.15
- menyiapkan adminstarsi untuk penerimaan dana uang setoran penerimaan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). dokumen 48 1 48 0.04
- Membuat tanda terima setoran yang dibubuhi tandatangan oleh penyetor dan penerima sebagai bukti serah terima dokumen 48 1 48 0.04
- Membuat slip setoran dan Surat Tanda Setoran (STS) untuk bahan penyetoran ke Bank dokumen 48 1 48 0.04
- Menerima copy slip setoran dan Surat Tanda Setoran (STS) dari kas daerah yang telah di stempel dan di tandatangani sebagai bukti penyetoran dokumen 48 1 48 0.04
7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 192 0.15
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas pengadministrasi keuangan konsep 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada atasan konsep 12 3 36 0.03
- Evaluasi dan Pelaporan tugas pengadministrasi keuangan laporan 12 3 36 0.03
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas pengadministrasi keuangan kepada atasan laporan 12 8 96 0.08
Jumlah Kebutuhan Pegawai 4032 3.21
3 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Blangko retribusi bahan kerja
2. Rincian penerimaan retribusi Penatausahaan penerimaan daerah
3. Buku Kas Umum laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer ,internet , LAN peralatan kerja
2. Alat Tulis Kantor administrasi
3. Kendaraan operasional
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan kelancaran pelaksanaan kegiatan dinas komunikasi dan informatika
2. Melaksanakan laporan keuangan DInas
3. Melaksanakan tanggungjawab terhadap kebenaran, ketepatan dan kecepatan pelaksanaan tugas pengadminitrasi penerimaan
 
WEWENANG
1. menyampaikan informasi data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
2. meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam selama menjalankan tugas
3. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Meminta Arahan
2. Kepala UPTD Rumah Potong Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Meminta Arahan
3. Kepala Tata Usaha UPTD Rumah Potong Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
4. Penyusun Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
5. Pengadministrasi Umum Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
6. Penagih Retribusi Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
7. Pengelola Limbah Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
8. Kepala Bidang Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Meminta Arahan
9. Kepala Seksi Perbendaharaan Rumah Sakit Umum Daerah Meminta Arahan
10. Pengelola Gaji Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
11. Pengolah Data Pembayaran Jaminan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
12. Pengadministrasi Penerimaan Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
13. Pengelola Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Koordinasi
14. Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika laporan , arahan dan koordinasi
15. Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
16. Pengolah Bahan Informasi dan Publikasi Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja di dalam dan di luar ruangan
2. Suhu suhu kamar normal
3. Udara sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan cukup
5. Letak datar
6. Penerangan terang dengan lampu listrik
7. Suara tenang
8. Keadaan Tempat Kerja tenang
9. Getaran tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. psikis tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
menguasai kegiatan pencatatan dan pendokumentasian di bidang
penerimaan
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
N, Bakat Numerik
S, Bakat Pandang Ruang
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
J, Sensory & Judgmental Criteria (SJC)
S, Performing under Stress (PUS)
 
d. Minat Kerja
Investigatif - Aktivitas yang memerlukan penyelidikan observasional, simbolik dan sistematik terhadap fenomena dan kegiatan ilmiah
Artistik - Aktivitas yang sifatnya ambigu, kreatif, bebas dan tidak sistematis dalam proses penciptaan produk/karya bernilai seni
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Memegang
Berbicara
Mendengar
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
maksimal 50
Tinggi Badan (cm)
:
150
Berat Badan (kg)
:
50
Postur Badan
:
tegap
Penampilan
:
menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B1, Mengerjakan persisi
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar