Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Penyusun Laporan Keuangan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Keuangan Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan penyusunan dan penelahaan data obyek kerja dibidang laporan keuangan
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S-1 (Strata-Satu)/ D-4 (Diploma-Empat) bidang Ekonomi/ Manajemen/ Akuntansi atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat LPJ
2). Teknis
:
Diklat Teknis Penata Laporan Keuangan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidangnya
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami teknik menata laporan keuangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Membuat Jurnal Umum sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penataan laporan keuangan 361 0.29
- Menjurnal Surat Perintah Permintaan Dana (SP2D) kegiatan 45 2 90 0.07
- Menjurnal bukti-bukti pengeluaran yang sah kegiatan 45 2 90 0.07
- Menjurnal Surat Setoran Pajak (SSP) kegiatan 45 2 90 0.07
- Mengurutkan transaksi sesuai urutan Buku Kas Umum kegiatan 45 2 90 0.07
- Menyerahkan Jurnal Umum kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi kegiatan 1 1 1 0.00
2. Memposting Jurnal Umum ke dalam Buku Besar sesuai ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penataan laporan keuangan 360 0.29
- Menerima Buku Kas Umum, Surat Perintah Permintaan Dana (SP2D) yang telah diterbitkan, surat setoran pajak dari Bendahara (Bendahara Pengeluaran) Dokumen 45 2 90 0.07
- Menjurnal transaksi-transaksi di Buku Kas Umum berdasarkan rincian objek belanja ke dalam Jurnal Umum Dokumen 45 3 135 0.11
- Memposting Jurnal Umum ke dalam Buku Besar perincian objek belanja Dokumen 45 2 90 0.07
- Menyerahkan Buku Besar perincian objek belanja kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi Dokumen 45 1 45 0.04
3. Membuat kertas kerja (worksheet) dan neraca saldo sesuai ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penataan laporan keuangan 132 0.11
- Mencatat neraca saldo berdasarkan saldo akhir buku besar kegiatan 12 1 12 0.01
- Membuat draft kertas kerja (worksheet) kegiatan 12 2 24 0.02
- Mencatat angka neraca saldo ke dalam kertas kerja (worksheet) kegiatan 12 2 24 0.02
- Mengklasifikasikan angka neraca saldo ke dalam kolom yang tersedia dalam kertas kerja (worksheet) kegiatan 12 5 60 0.05
- Menyampaikan kertas kerja (worksheet) kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi kegiatan 12 1 12 0.01
4. Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan neraca sesuai ketentuan yang berlaku untuk memudahkan penataan laporan keuangan 41 0.03
- Membuat draft laporan realisasi anggaran dan neraca Dokumen 2 10 20 0.02
- Mencatat pengeluaran belanja berdasarkan jenis belanja pada kertas kerja (worksheet) ke dalam draft laporan realisasi anggaran dan neraca Dokumen 2 10 20 0.02
- Menyerahkan draft laporan realisasi anggaran kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi Dokumen 1 1 1 0.00
5. Menyusun Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar laporan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan 130 0.10
- Mengumpulkan data-data sehubungan dengan informasi mengenai kejadian-kejadian penting selama tahun pelaporan yang harus disampaikan dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) kegiatan 1 5 5 0.00
- Mencari informasi atau data kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kegiatan 1 10 10 0.01
- Membuat sistematika penulisan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku kegiatan 1 48 48 0.04
- Mencatat laporan realisasi anggaran dan neraca ke dalam draft Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) kegiatan 1 48 48 0.04
- Menyerahkan draft Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas untuk diverifikasi kegiatan 1 1 1 0.00
- Mengikuti pembahasan Laporan Keuangan dengan BPKD kegiatan 1 8 8 0.01
- Merevisi laporan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) kegiatan 1 10 10 0.01
6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahanevaluasi dan pertanggungjawaban 15 0.01
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen 1 8 8 0.01
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas Dokumen 1 2 2 0.00
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas Dokumen 1 5 5 0.00
7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahanevaluasi dan pertanggungjawaban 15 0.01
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen 1 8 8 0.01
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas Dokumen 1 2 2 0.00
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas Dokumen 1 5 5 0.00
8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan 156 0.12
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas Dokumen 12 1 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan kegiatan 12 2 24 0.02
- Menjalankan tugas yang diberikan kegiatan 12 8 96 0.08
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Dokumen 12 2 24 0.02
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1210 0.96
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Surat Perintah Permintaan Dana (SP2D), Surat Setoran Pajak (SSP) dan buktibukti pengeluaran yang sah Pembuatan Jurnal Umum
2. Neraca Saldo Pembuatan Kertas Kerja (Worksheet)
3. Kertas Kerja (Worksheet) Pembuatan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan neraca
4. Informasi atau data dari PPTK, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun berjalan, Laporan Realisasi Anggaran (LRA), neraca Pembuatan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
5. Perintah Pimpinan (Kepala Sub Bagian Keuangan/Pengawas) Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksana Lainnya dan Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan Membuat Buku Besar
2. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksana Lainnya dan Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan Membuat Kertas Kerja (Worksheet)
3. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksana Lainnya dan Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Neraca
4. Peraturan tentang Keuangan Daerah, Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksana Lainnya dan Standar Operasional Prosedur Sub Bagian Keuangan Membuat Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK
5. Alat Tulis Kantor dan Perangkat IT Penunjang pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Membuat Laporan Keuangan
2. Mengelola kebenaran, ketepatan dan kecepatan pelaksanaan tugas
 
WEWENANG
1. Menyusun laporan keuangan
2. Mengumpulkan kelengkapan data dan informasi yang diperlukan
3. Menelaah, menganalisa, mengevaluasi dan menyusun bahan laporan
4. Membuat laporan pelaksanaan tugas
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi tugas
2. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
3. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
4. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
5. Bendahara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
6. Verifikator Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
7. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah Tugas/ Laporan
8. Verifikator Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
9. Bendahara Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
10. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
11. Pengadministrasi Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
12. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Meminta Arahan
13. Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
14. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
15. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
16. Pengelola Program dan Kegiatan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
17. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
18. Bendahara Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
19. Pengadministrasi Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
20. Verifikator Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
21. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
22. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
23. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
24. Bendahara Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
25. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
26. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
27. Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Kepegawaian Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
28. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas
29. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas / Konsultasi
30. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
31. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
32. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
33. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
34. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
35. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
36. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
37. Verifikator Keuangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
38. Bendahara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
39. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
40. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Meminta arahan
41. kasubag keuangan evaluasi dan pelaporan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Meminta arahan
42. pejabat pelaksana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang koordinasi
43. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi, laporan dan bimbingan
44. Bendahara Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
45. Pengadministrasi Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
46. Verifikator Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
47. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
48. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
49. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
50. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
51. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
52. Bendahara Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
53. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
54. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
55. Verifikator Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
56. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
57. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Kesehatan koordinasi kerja
58. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Koordinasi dan menerima instruksi
59. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Koordinasi dan menerima instruksi
60. Verifikator Keuangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
61. Pengadministrasi Keuangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak -
6. Penerangan Terang
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mampu menata laporan keuangan dengan tepat dan benar
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
T, Set of Limits, Tolerance and Other Standard (STS)
 
d. Minat Kerja
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
Bekerja dengan jari
Pengamatan secara mendalam
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D4, Menghitung data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar