Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bagian Kelembagaan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Sekretaris Daerah
b. Administrasi
:
Kepala Bagian Organisasi
c. Pengawas
:
Sub Bagian Kelembagaan
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, fasilitas dan koordinasi, evaluasi dan pelaporan pelaksaan bidang kelembagaan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk tercapainya tujuan organisasi
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan paling rendah diploma III yang setara
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat PIM IV, Diklat Analisis Jabatan, Diklat Evaluasi Jabatan
2). Teknis
:
Diklat Kelembagaan, Diklat Manajemen ASN, Diklat Formasi dan Evaluasi Jabatan
c. Pengalaman Kerja
:
Memiliki pengalaman dalam jabatan pelaksana paling singkat 4 (empat) tahun atau JF yang setingkat dengan jabatan pelaksana sesuai dengan bidang tugas jabatan yang diduduki
d. Pengetahuan Kerja
:
Pengetahuan bidang organisasi dan kelembagaan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan kelembagaan berdasarkan rencana operasional organisasi sebagai pedoman pelaksanaan tugas 17.6 0.01
- Menelaah rencana kerja tahunan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Kelembagaan 2 2.2 4.4 0.00
- Mengkonsultasikan rencana kerja dengan atasan untuk mendapatkan penghargaan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Kelembagaan 2 2.2 4.4 0.00
- Menyusun konsep rencana kerja kegiatan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Kelembagaan 2 2.2 4.4 0.00
- Membubuhkan paraf pada konsep perumusan rencana kerja Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Kelembagaan 1 2.2 2.2 0.00
- Memfinalisasi konsep perumusan rencana kerja kepada atasan Dokumen Rencana Operasional Sub Bagian Kelembagaan 1 2.2 2.2 0.00
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Kelembagaan 360 0.29
- Menjabarkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan para pelaksana Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 40 3 120 0.10
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing staf/pelaksana Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 40 3 120 0.10
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen Jadwal dan Pembagian Tugas 40 3 120 0.10
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan Subbag Pengembangan Kinerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 120 0.10
- Menjabarkan/memaparkan rencana kegiatan menjadi tugas-tugas yang harus dilaksanakan para staf/pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
- Menghimpun saran dan masukan dari masing-masing staf/pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
- Memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada masing-masing staf/pelaksana Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen Notulensi Arahan Pelaksanaan Tugas 30 1 30 0.02
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Kelembagaan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 36 0.03
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan para staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan Sub Bagian Kelembagaan da 2 3 6 0.00
- Mengawasi seluruh staf/pelaksana dengan berpedoman pada standar kualitas dan kuantitas kinerja Pejabat Struktural dan staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan Sub Bagian Kelembagaan da 3 3 9 0.01
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja sesuai dengan standar yang telah ada Dokumen Laporan Kegiatan Sub Bagian Kelembagaan da 3 3 9 0.01
- Membuat koreksi pada hasil kerja berupa catatan tertulis Dokumen Laporan Kegiatan Sub Bagian Kelembagaan da 2 3 6 0.00
- Memberi arahan terkait koreksi hasil kerja seluruh staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan Sub Bagian Kelembagaan da 2 3 6 0.00
5. Menyiapkan bahan dan menyusun kebijakan penataan kelembagaan organisasi perangkat daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka penataan kelembagaan perangkat daerah 117 0.09
- Mempelajari peraturan yang terkait dengan RPJM Dokumen Evjab 6 3 18 0.01
- Mempelajari dan menelaah SOTK dan TUSI Dokumen Evjab 6 3 18 0.01
- Mengumpulkan data penyusunan penataan kelembagaan Dokumen Evjab 5 3 15 0.01
- Mengolah data Dokumen Evjab 6 3 18 0.01
- Menganalisa data Dokumen Evjab 6 3 18 0.01
- Memverifikasi hasil olahan data penyusunan kelembagaan Dokumen Evjab 5 3 15 0.01
- Menyampaikan hasil olahan data kepada Kepala Bagian Organisasi untuk memperoleh masukan tindak lanjut dan persetujuan pengesahannya Dokumen Evjab 5 3 15 0.01
6. Menyusun dan mengevaluasi database kelembagaan berupa susunan, nomenklatur, tuga dan fungsi serta uraian dari seluruh jabatan struktural dan fungsional sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tercapainya tugas dan fungsi perangkat daerah 156 0.12
- Menghimpun data atau dokumen yang terkait dengan SOTK, nomenklatur, TUSI jabatan Struktural dan fungsional Dokumen Penataan Kelembagaan 7 4 28 0.02
- Menganalisis laporan yang diterima dari staf/pelaksana Dokumen Penataan Kelembagaan 7 4 28 0.02
- Membahas bahan laporan evaluasi database kelembagaan dengan staf/pelaksana Dokumen Penataan Kelembagaan 6 4 24 0.02
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen Penataan Kelembagaan 7 4 28 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Bagian Dokumen Penataan Kelembagaan 6 4 24 0.02
- Memfinalisasi laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Bagian Organisasi Dokumen Penataan Kelembagaan 6 4 24 0.02
7. Melakukan pembinaan dan pemantauan terhadap analisa dan evaluasi jabatan yang ada pada seluruh OPD sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pelaksanaan kegiatan 156 0.12
- Menerima, mengumpulkan, menghimpun, dan menganalisa data dokumen anjab OPD Dokumen Anjab/Evjab 7 4 28 0.02
- Mengolah data, beserta berkas laporan hasil analisa jabatan untuk disusun menjadi matriks analisa evaluasi jabatan Dokumen Anjab/Evjab 8 4 32 0.03
- Mempersiapkan pelaksanaan rapat Anjab dan Evjab Dokumen Anjab/Evjab 8 4 32 0.03
- Mengimpun dan mengolah hasil Rapat Anjab/Evjab yang dituangkan dalam bentuk telaahan staf, SK Walikota Dokumen Anjab/Evjab 8 4 32 0.03
- Melakukan konsultasi kepada Biro Organisasi Provinsi perihal permintaan rekomendasi evaluasi kelembagaan SOTK Dokumen Anjab/Evjab 8 4 32 0.03
8. Melaksanakan SOP, SPIP, Standar Pelayanan dan SKM sesuai bidang tugasnya untuk pedoman pelaksanaan tugas 12 0.01
- Mengumpulkan data pengolahan Laporan 1 2 2 0.00
- Mengolah data pengolahan Laporan 2 2 4 0.00
- Menganalisa data pengolahan Laporan 1 2 2 0.00
- Memverifikasi hasil olahan data Laporan 1 2 2 0.00
- Menyampaikan hasil olahan data pengolahan untuk memperoleh masukan tindak lanjut dan persetujuan pengesahannya Laporan 1 2 2 0.00
9. Menyampaikan laporan hasil kegiatan sub Aparatur dan Kinerja sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja 39 0.03
- Menganalisis laporan yang diterima dari staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan 8 1 8 0.01
- Membahas bahan laporan dengan staf/pelaksana Dokumen Laporan Kegiatan 8 1 8 0.01
- Membuat konsep laporan hasil pelaksanaan tugas Dokumen Laporan Kegiatan 8 1 8 0.01
- Mengkonsultasikan konsep laporan kepada Kepala Bagian Organisasi Dokumen Laporan Kegiatan 8 1 8 0.01
- Memfinalisasikan laporan pelaksanaan tugas kepada Kepala Organisasi Dokumen Laporan Kegiatan 7 1 7 0.01
10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya 4 0.00
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari atasan Dokumen Laporan Sub Bagian Kelembagaan 2 0.5 1 0.00
- Mempelajari tugas yang diberikan Dokumen Laporan Sub Bagian Kelembagaan 2 0.5 1 0.00
- Menjalankan tugas yang diberikan Dokumen Laporan Sub Bagian Kelembagaan 2 0.5 1 0.00
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas Dokumen Laporan Sub Bagian Kelembagaan 2 0.5 1 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1017.6 0.8
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Rencana operasional Sub Bagian Kelembagaan dan Analisis Jabatan Penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Kelembagaan
2. Beban Kerja Unit Pembagian tugas bawahan
3. Tugas Bawahan Pembimbingan tugas bawahan
4. Dokumen pelaksanaan anggaran Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan
5. Dokumen pelaksanaan anggaran perubahan Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan
6. Hasil tugas bawahan Pemeriksaan hasil tugas bawahan
7. Laporan hasil evaluasi Pengevaluasi Kegiatan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP dan Petunjuk Teknis Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Kelemabagaan
2. Uraian tugas bawahan Membagi tugas bawahan
3. Petunjuk teknis Membimbing bawahan
4. Peraturan Perundang - undangan Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan
5. Peraturan Perundang - undangan Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan
6. Kerangka acuan kerja Pengevaluasian tugas bawahan
7. Kerangka acuan kerja Menganalisa laporan
8. Rencana operasional Sub Bagian Kelembagaan Mengevaluasi pelaksanaan tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Mengelola Ketersediaannya rencana kerja
2. Mengelola Ketersediaan pembagian tugas
3. Mengelola Ketersediaannya pedoman operasional
4. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
5. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan tugas terhadap peraturan / SOP
6. Memeriksa Kesesuaian pelaksanaan pekerjaan
7. Memfasilitasi Kelengkapan sarana dan prasarana
 
WEWENANG
1. Mengembalikan bahan kerja yang tidak sesuai
2. Menyampaikan informasi, data sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku
3. Meminta sarana dan prasarana yang dibutuhkan
4. Mengoreksi kinerja bawahan
5. Mengoreksi laporan bawahan
6. Menilai kinerja bawahan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota meminta arahan
2. Kepala Sub Bagian Tata Laksana Sekretariat Daerah Kota koordinasi kerja
3. Kepala Sub Bagian Aparatur dan Kinerja Sekretariat Daerah Kota koordinasi kerja
4. pelaksana Sekretariat Daerah Kota memberi arahan
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan lampu Listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Psikis Tekanan beban kerja dan keberagaman tugas
2. Kelelahan Beban kerja yang beragam dan membutuhkan prioritas
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Kemampuan penyusunan data organisasi
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Mendorong
Menarik
Memegang
Bekerja dengan jari
Meraba
Berbicara
Mendengar
Melihat
Ketajaman jarak jauh
Ketajaman jarak dekat
Pengamatan secara mendalam
Melihat berbagai warna
Luas
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar