Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Kepala Sub Bidang Mutasi dan Jabatan
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
b. Administrasi
:
Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bidang Mutasi dan Jabatan
IKHTISAR JABATAN
Menyelenggarakan program mutasi pegawai dalam arti melakukan penyiapan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelayanan mutasi jabatan struktural, pelaksana dan fungsional, seleksi jabatan pimpinan tinggi, uji kompetansi pegawai, pengelolaan jabatan fungsional dan tenaga harian lepas/pegawai tidak tetap di lingkungan pemerintah daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
Minimal D-III
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pimpinan Tk. IV
2). Teknis
:
Diklat Manajemen PNS, Diklat Administrasi Perkantoran
c. Pengalaman Kerja
:
Minimal 4 tahun di jabatan pelaksana yang relevan dengan tugas jabatan
d. Pengetahuan Kerja
:
SOP, peraturan perundang-undangan tentang manajemen PNS
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Merencanakan kegiatan Sub Bidang Mutasi dan Jabatan sesuai dengan program kerja Bidang Pengadaan, Mutasi dan Pengembangan Karir sebagai pedoman pelaksanaan tugas 42 0.03
- Menelaah program kerja bidang Dokumen 1 6 6 0.00
- Menyusun draf rencana kerja kegiatan sub bidang Dokumen 1 12 12 0.01
- Mengkonsultasikan draf rencana kerja kegiatan kepada atasan untuk mendapatkan arahan Dokumen 1 12 12 0.01
- Menfinalisasi dan menetapkan rencana kerja sub bidang Dokumen 1 12 12 0.01
2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk kelancaran tugas; Sub Bidang Mutasi dan Jabatan 72 0.06
- Menjabarkan rencana kerja kegiatan menjadi tugas-tugas yabg harus dilaksanakan bawahan Jadwal/Dokumen 12 2 24 0.02
- Memaparkan rencana kegiatan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menghimpun saran dan masukan dari bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menentukan target waktu penyelesaian Dokumen 12 1 12 0.01
3. Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bidang Mutasi dan Jabatan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar 60 0.05
- Menjelaskan tugas yang akan dilaksanakan bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Mengidentifikasi kesulitan yang dialami bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Menganalisa permasalahan yang dihadapi bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan bimbingan terkait permasalahan Dokumen 12 1 12 0.01
4. Memeriksa dan mengevaluasi hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bidang Mutasi dan Jabatan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan 72 0.06
- Menelaah hasil kerja yang dilakukan bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Mengidentifikasi kesalahan dalam hasil kerja bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
- Membuat catatan pada hasil kerja bawahan Dokumen 12 2 24 0.02
- Memberikan arahan terkait catatan hasil kerja bawahan Dokumen 12 1 12 0.01
5. Menyusun rencana, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan mutasi, rotasi dan promosi jabatan struktural, jabatan pelaksana dan jabatan fungsional di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka penataan pelaksanaan tugas pegawai 784 0.63
- Menyusun rencana mutasi, rotasi dan promosi jabatan struktural dokumen 12 32 384 0.31
- Menyusun rencana mutasi jabatan pelaksana dokumen 6 24 144 0.12
- Menyusun rencana mutasi jabatan fungsional dokumen 2 24 48 0.04
- Melaksanakan mutasi, rotasi dan promosi jabatan struktural dokumen 12 8 96 0.08
- Melaksanakan mutasi jabatan pelaksana dokumen 6 8 48 0.04
- Melaksanakan mutasi jabatan fungsional dokumen 2 8 16 0.01
- Mengevaluasi kegiatan mutasi, rotasi dan promosi jabatan struktural, jabatan pelaksana dan jabatan fungsional dokumen 3 16 48 0.04
6. Menyusun rencana dan menyelenggarakan seleksi pejabat pimpinan tinggi di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka pengisian jabatan perangkat daerah 84 0.07
- Menyusun jadwal seleksi pejabat pimpinan tinggi dokumen 1 12 12 0.01
- Menyiapkan bahan seleksi pejabat pimpinan tinggi dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan seleksi pejabat pimpinan tinggi dokumen 1 48 48 0.04
7. Memproses dan menyiapkan administrasi pelaksanaan pemetaan (mapping) dan assesment pejabat struktural dan pejabat pelaksana sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku di bidang pengembangan karir 144 0.12
- Menyiapkan bahan pemetaan (mapping) dokumen 1 24 24 0.02
- Menyiapkan bahan assesment pejabat struktural dokumen 1 24 24 0.02
- Menyiapkan bahan asesment pejabat pelaksana dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan pemetaan (mapping) dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan assesment pejabat struktural dokumen 1 24 24 0.02
- Melaksanakan assesment pejabat pelaksana dokumen 1 24 24 0.02
8. Melaksanakan dan mengevaluasi pengelolaan jabatan fungsional tertentu dan tenaga tenaga harian lepas/pegawai tidak tetap di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang berdasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku dalam rangka penataan pegawai 84 0.07
- Mengumpulkan dan mengolah bahan evaluasi pengelolaan jabatan fungsional dokumen 1 28 28 0.02
- Mengumpulkan bahan dan mengolah evaluasi tenaga harian lepas dokumen 1 28 28 0.02
- Melaksanakan evaluasi pengelolaan jabatan fungsional dokumen 1 14 14 0.01
- Melaksanakan evaluasi jabatan fubngsional dokumen 1 14 14 0.01
9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bidang Mutasi dan Jabatan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang 96 0.08
- Mengumpulkan data untuk dievaluasi dokumen 12 3 36 0.03
- Mengindentifikasi hambatan dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 3 36 0.03
- Membahas hambatan dalam pelaksanaan tugas dokumen 12 2 24 0.02
10. Melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Standar Operasional Prosedur, dan Standar Pelayanan Publik sesuai dengan bidang tugas untuk pedoman pelaksanaan tugas 108 0.09
- Mempelajari dan mempedomani SPIP, SOP, SPP dokumen 12 3 36 0.03
- Menelaah hasil kerja sesuai SPIP, SOP, SPP dokumen 12 3 36 0.03
- Memberikan arahan tugas kepada bawahan dengan mempedomani SPIP, SOP, SPP dokumen 12 3 36 0.03
11. Melaporkan hasil kegiatan Sub Bidang Mutasi dan Jabatan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kerja 48 0.04
- Menganalisa data yang diberikan bawahan dokumen 12 1 12 0.01
- Menyusun konsep laporan keatasan dokumen 12 1 12 0.01
- Mengkonsultasi konsep laporan keatasan dokumen 12 1 12 0.01
- Finalisasi lapoarn dokumen 12 1 12 0.01
Jumlah Kebutuhan Pegawai 1594 1.3
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. SOP, peraturan, data Pedoman merencanakan kegiatan
2. Surat, berkas, data Pelaksanaan kegiatan, membimbing tugas
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. ATK, perangkat komputer, internet Mengosep, mencetak dokumen
TANGGUNG JAWAB
Melaksanakan Rencana kegiatan
 
WEWENANG
Merencanakan kegiatan
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi tugas
2. Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi tugas
3. Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi tugas
4. Kepala Sub Bidang Pengadaan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi tugas
5. Kepala Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi tugas
6. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi tugas
7. Analis Pengembangan Karir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
8. Pengelola Pengembangan Karir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
9. Pengadministrasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
10. Analis Kepegawaian Pertama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Membagi, membimbing, memeriksa dan mengevaluasi tugas
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Dalam ruangan tertutup, nyaman, ada AC
2. Suhu Semua kondisi
3. Udara Semua kondisi
4. Keadaan Ruangan Standar/luas
5. Letak Strategis
6. Penerangan Terang
7. Suara Tidak bersuara
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman, bersih dan rapi
9. Getaran Tidak ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
-
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
F, Feeling-Idea-Fact (FIF)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
R, Repetitive & Continuous (REPCON)
 
d. Minat Kerja
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Duduk
Memegang
Berbicara
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 32 Tahun
Tinggi Badan (cm)
:
Standar
Berat Badan (kg)
:
Standar
Postur Badan
:
Seimbang
Penampilan
:
Menarik dan rapi
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D0, Memadukan data
Hubungan dengan Orang
:
O7, Melayani orang

Kembali ke daftar