Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Melakukan kegiatan pengelolaan dan penyusunan laporan di bidang realisasi laporan penerimaan retribusi daerah
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
D-3 (Diploma-Tiga) bidang Akuntansi/ Manajemen/ Administrasi/ Teknik Infomatika/ Manajemen Teknik Infomatika atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Latihan Pra Jabatan (LPJ)
2). Teknis
:
Diklat Penatausahaan Keuangan
c. Pengalaman Kerja
:
Staf Subag Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan selama ± 2 Tahun
d. Pengetahuan Kerja
:
Memahami teknis tentang Pengadministrasian keuangan
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 300 0.24
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuanga, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Petunjuk kerja 24 0.5 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan Pemahaman tugas 24 5 120 0.10
- Melaksanakan tugas yang diberikan kegiatan 24 5 120 0.10
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas laporan 24 2 48 0.04
2. Menyiapkan bahan-bahan di bidang penerimaan retribusi daerah dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik. 102.8 0.08
- Menerima setoran PAD dari penagih retribusi setoran PAD 192 0.15 28.8 0.02
- Membuat BKU data 192 0.05 9.6 0.01
- Mengentri data penerimaan retribusi berdasarkan setoran yang di berikan oleh penagih retribusi kedalam sistem yang telah tersedia data 48 0.3 14.4 0.01
- Menyediakan blanko retribusi untuk digunakan oleh penagih retribusi blanko retribusi 12 2 24 0.02
- Membuat surat permintaan penambahan dan pengembalian karcis RPH surat permintaan 4 2 8 0.01
- Membuat surat permintaan penambahan STS surat permintaan 3 2 6 0.00
- Membuat rekap data rekapitulasi harian PAD dokumen 12 1 12 0.01
3. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 408 0.33
- Mengantarkan laporan bulanan ke BPKD laporan 12 2 24 0.02
- Menyetor PAD ke Kas Daerah melalui Bank yang sudah ditunjuk setoran PAD 192 2 384 0.31
4. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 74 0.06
- Membuat konsep laporan pertanggungjawaban PAD konsep laporan 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Konsultasi 12 1 12 0.01
- Memfinalisasi laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan laporan 12 3 36 0.03
- Membuat berita acara laporan stock opname karcis RPH laporan 1 2 2 0.00
5. Menerima, mencatat, dan menyortir STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku 450 0.36
- Menerima, Mencatat dan Mengtrikan ke System STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah dokumen 450 1 450 0.36
6. Menglompokan surat atau dokumen Penerimaan menurut jenis dan sifatnya 237 0.19
- Menglompokan dokumen STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah menurut jenis dan sifatnya dokumen 450 0.5 225 0.18
- Koordinasi dan sinkronisasi Laporan Penerimaan ke BPKD dokumen 12 1 12 0.01
7. Mendokumentasikan STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah 450 0.36
- Mengarsip STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah dokumen 450 0.5 225 0.18
- Memilah STS Tinja, Setoran Retribusi Sampah dokumen 450 0.5 225 0.18
8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggung jawaban 6 0.00
- Melaporkan hasil pengetikan Laporan Penerimaan setiap bulan dokumen 12 0.5 6 0.00
9. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintah atasan baik secara tertulis maupun lisan 300 0.24
- Menerima disposisi perintah pelaksanaan tugas dari Kepala Sub Bagian Keuanga, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Petunjuk kerja 24 0.5 12 0.01
- Mempelajari tugas yang diberikan Pemahaman tugas 24 5 120 0.10
- Melaksanakan tugas yang diberikan kegiatan 24 5 120 0.10
- Melaporkan hasil pelaksanaan tugas laporan 24 2 48 0.04
10. Menyiapkan bahan-bahan di bidang penerimaan retribusi daerah dan alat perlengkapan objek kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan baik 102.8 0.08
- Menerima setoran PAD dari penagih retribusi setoran PAD 192 0.15 28.8 0.02
- Membuat BKU data 192 0.05 9.6 0.01
- Mengentri data penerimaan retribusi berdasarkan setoran yang di berikan oleh penagih retribusi kedalam sistem yang telah tersedia data 48 0.3 14.4 0.01
- Menyediakan blanko retribusi untuk digunakan oleh penagih retribusi blanko retribusi 12 2 24 0.02
- Membuat surat permintaan penambahan dan pengembalian karcis RPH surat permintaan 4 2 8 0.01
- Membuat surat permintaan penambahan STS surat permintaan 3 2 6 0.00
- Membuat rekap data rekapitulasi harian PAD dokumen 12 1 12 0.01
11. Melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait dan atau instansi lain dalam rangka pelaksanaannya, agar program dapat terlaksana secara terpadu untuk mencapai hasil yang optimal 408 0.33
- Mengantarkan laporan bulanan ke BPKD laporan 12 2 24 0.02
- Menyetor PAD ke Kas Daerah melalui Bank yang sudah ditunjuk setoran PAD 192 2 384 0.31
12. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban 74 0.06
- Membuat konsep laporan pertanggungjawaban PAD konsep laporan 12 2 24 0.02
- Mengkonsultasikan konsep laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Konsultasi 12 1 12 0.01
- Memfinalisasi laporan pertanggungjawaban PAD kepada Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan laporan 12 3 36 0.03
- Membuat berita acara laporan stock opname karcis RPH laporan 1 2 2 0.00
Jumlah Kebutuhan Pegawai 2912.6 2.33
2 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   0 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Data Laporan Penerimaan Penyusunan laporan
2. Data Laporan Penyetoran Data Laporan Penyetoran
3. Data penerimaan/Bukti setoran Pembukuan penerimaan daerah
4. Target dan realisasi Bahan laporan
5. Blangko retribusi Untuk dicetak
6. Retribusi Bahan kerja
7. Rincian penerimaan retribusi Penatausahaan penerimaan daerah
8. Buku Kas Umum Pembuatan Laporan
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Peraturan Perundang-undangan, RENSTRA, RENJA, RKPD, SSH, SB Pedoman pelaksanaan tugas
2. Juknis dan Peraturan Pedoman Kerja
3. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan (KAK, DPA, SOP,SP, Renja) Menganalisis olahan data
4. Hasil pelaksanaan kegiatan, Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksanaan Lainnya Melaporkan pelaksanaan kegiatan
5. Komputer/Laptop dan Printer Sarana Pengetikan dan Pengolahan Data serta pencetakan dokumen
6. Alat Tulis Kantor Alat tulis pendukung pelaksanaan tuga
7. Perangkat Lunak (Software) Sarana pengolahan data serta pencetakan dokumen
8. Jaringan/koneksi internet Sarana komunikasi dan informasi data
9. Alat Komunikasi berupa telepon dan HP Sarana komunikasi untuk berhubungan dengan stakeholder dalam pelaksanaan tugas
10. Surat Perintah/Surat Tugas Pembagian Tugas
TANGGUNG JAWAB
1. Melaksanakan Melaksanakan Kebenaran penatausahaan, pembukuan dan laporan pertanggung jawaban penerimaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
2. Memeriksa Memeriksa Keabsahan bukti-bukti atas penerimaan sesuai ketentuan yang berlaku
3. Mengelola Mengelola arsip/laporan penerimaan
4. Melaksanakan Melaksanakan kelancaran pelaksanaan tugas
 
WEWENANG
1. Menerima dan menyetorkan hasil penerimaan retribusi daerah paling lama 1 x 24 jam
2. Meminta perlengkapan kerja
3. Menolak memberikan data rahasia
4. Menjamin keakuratan data
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
2. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
3. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
4. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
5. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
6. Bendahara Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
7. Verifikator Data Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
8. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
9. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
10. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
11. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
12. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
13. Bendahara Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
14. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
15. Verifikator Data Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
16. Penyusun Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
17. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
18. Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota arahan tugas
19. Pengurus Barang Sekretariat Daerah Kota koordinasi tugas
20. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
21. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
22. Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
23. Penagih Retribusi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan dan nyaman
2. Suhu Normal
3. Udara Sejuk
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Strategis
6. Penerangan Memadai
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Nyaman dan Bersih
9. Getaran Tidak Ada
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. Mata lelah Terlalu banyak mempelajari dokumen/surat-surat dan lama di depan layar komputer
2. Kelelahan Fisik Terlalu lama duduk
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Mampu mengoperasikan komputer
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
N, Bakat Numerik
Q, Bakat Ketelitian
F, Kecekatan Jari
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
I, Influencing (INFLU)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Realistik - Aktivitas yang memerlukan manipulasi eksplisit, teratur atau sistematik terhadap obyek/alat/benda/mesin
Sosial - Aktivitas yang bersifat sosial atau memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan orang lain
Kewirausahaan - Aktivitas yang melibatkan kegiatan pengelolaan/ manajerial untuk pencapaian tujuan organisasi
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Berjalan
Duduk
Membawa
Memegang
Bekerja dengan jari
Berbicara
Mendengar
Melihat
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
Minimal 30 tahun
Tinggi Badan (cm)
:
Minimal 160 cm
Berat Badan (kg)
:
Minimal 55 kg
Postur Badan
:
Sehat
Penampilan
:
Menarik
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
B4, Mengerjakan benda dengan tangan atau perkakas
B7, Memegang
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
D4, Menghitung data
D5, Menyalin data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda
O7, Melayani orang
O8, Menerima Instruksi

Kembali ke daftar