Detail Jabatan


NAMA JABATAN
:
Bendahara
KODE JABATAN
:
 
UNIT ORGANISASI
a. JPT
:
Kepala Dinas Kesehatan
b. Administrasi
:
Sekretaris
c. Pengawas
:
Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
IKHTISAR JABATAN
Melaksanakan pengelolaan data dan informasi transaksi keuangan di lingkungan Unit Kerja/ Unit Pelaksana Teknis (UPT) berdasarkan ketentuan dan arahan pimpinan sebagai bahan pelaksanaan urusan eselon IV terkait di unit kerja/ UPT.
 
SYARAT JABATAN
a. Pendidikan
:
S1 di bidang Akuntansi / Manajemen atau bidang lain yang relevan dengan tugas jabatan
b. Kursus/ Diklat
1). Penjenjangan
:
Diklat Pra Jabatan
2). Teknis
:
Aplikasi SIMKEU dan Bendaharawan
c. Pengalaman Kerja
:
-
d. Pengetahuan Kerja
:
Peraturan dan pedoman terkait keuangan Negara
TUGAS POKOK
No Uraian Tugas Hasil Jumlah Hasil Waktu Penyelesaian (Jam) Waktu Penyelesaian Efektif (Jam) Kebutuhan Pegawai
1. Bendahara 801.66 0.64
- Menyusun bahan pengajuan Nomor Pokok Wajib Pajak NPWP Menit/Orang 1 20 20 0.02
- Menyiapkan dokumen permintaan Uang Persediaan UP , Tambahan Uang Persediaan TUP dan langsung lS yang ditujukan kepada KPPN atau Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan dalam rangka penerbitan SP2D Dokumen 2 20 40 0.03
- Mengelola rekening tempat penyimpanan uang persediaan Laporan 4 20 80 0.06
- Menatausahakan dan membukukan penggunaan anggaran yang berada dalam pengelolaannya Kegiatan 2 20.83 41.66 0.03
- Melakukan pembayaran/distribusi uang kegiatan atas tagihan/kuitansi dan permintaan uang muka untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan kegiatan di Satuan Kerja Kegiatan 2 20 40 0.03
- Membukukan, memverifikasi kelengkapan berkas dan mendokumentasikan bukti penerimaan dan pengeluaran uang atas pelaksanaan kegiatan Kegiatan 2 20 40 0.03
- Memotong, menyetorkan, membukukan dan melaporkan pajak belanja jasa dan barang yang ditujukan ke Kantor Pajak melalui Bank Kegiatan 1 20 20 0.02
- Menutup buku pencatatan bulanan buku kas umum, buku kas, buku kas tunai, buku bank, buku uang muka, buku lS, buku pajak, dan buku penerimaan lain lain setiap akhir bulan dengan menggunakan aplikasi dari Kementerian Keuangan SIlABI Kegiatan 2 20 40 0.03
- Menyusun laporan bulanan pelaksanaan urusan perbendaharaan dan melaporkan ke KPA Satuan Kerja Kegiatan 2 20 40 0.03
- Menyampaikan laporan Pertanggung Jawaban lPJ keuangan dan ADK ke KPPN Kegiatan 1 20 20 0.02
- Memeriksa Penerimaan Negara Bukan Pajak PNBP yang berada dalam pengelolaannya Dokumen 1 20 20 0.02
- Menyetorkan PNBP kepada kas negara Kegiatan 1 20 20 0.02
- Melakukan pembukuan PNBP sesuai dengan standar SAI Kegiatan 1 20 20 0.02
- Menyusun laporan penerima kas dan arus kas PNBP Laporan 1 20 20 0.02
- Menyiapkan bahan dan melaksanakan rekonsiliasi realisasi PNBP dengan KPPN Kegiatan 1 20 20 0.02
- Menyajikan informasi PNBP sesuai dengan substansi Laporan 1 20 20 0.02
- Menyimpan dokumen bukti penerimaan dan penyetoran PNBP Laporan 2 20 40 0.03
- Menyiapkan bahan pemeriksaan atas laporan keuangan oleh pemeriksa internal dan eksternal Laporan 2 20 40 0.03
- Menyusun dokumen pengembalian saldo UP/TUP dalam aplikasi Kementerian Keuangan SIMPONI untuk dilaporkan ke KPPN Laporan 2 20 40 0.03
- Melakukan penyetoran uang pengembalian ke bank dan konfirmasi penyetoran ke KPPN dalam aplikasi Kegiatan 4 20 80 0.06
- Melakukan dokumentasi bukti bukti fisik keuangan sebagai bahan audit Kegiatan 1 20 20 0.02
- Menyusun laporan pelaksanaan tugas sebagai pertangungjawaban kepada pimpinan Laporan 4 20 80 0.06
Jumlah Kebutuhan Pegawai 801.66 0.64
1 orang
Jumlah Pegawai yang Ada   1 orang
BAHAN KERJA
No Bahan Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Formulir SPTJB (Surat Pertanggungjawaban Belanja) Surat SPTJM (Surat Penyiapan dokumen permintaan pembayaran yang ditujukan kepada KPPN.
2. Pertanggungjawaban Mutlak) Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) / Kuitansi pembayaran / Bukti pembayaran kegiatan Pemeriksaan ketersediaan uang, pengambilan dan pencatatan uang dari Bank dan pembayaran atas tagihan/ kuitansi dan permintaan uang muka di lingkungan unit kerja/ UPT serta pembukuan dan pendokumentasian bukti penerimaan dan pengeluaran uang.
3. Formulir SSP Pemotongan, penyetoran, pembukuan dan pelaporan pajak belanja jasa dan barang
4. Data transaksi bulanan Penutupan buku catatan bulanan dan menyusun laporan bulanan
5. Dokumen rekonsiliasi keuangan Pelaksanaan rekonsiliasi data keuangan dan BMN
6. Notulen kegiatan Penyusunan draft laporan kegiatan di subbagian terkait.
7. Catatan harian Penyusunan laporan pelaksanaan tugas
8. Disposisi pimpinan Pelaksanaan tugas kedinasan lain
PERANGKAT KERJA
No Perangkat Kerja Penggunaan Dalam Tugas
1. Komputer, Printer, USB, ATK, Jaringan internet dan alat komunikasi Pelaksanaan tugas sehari-hari.
2. UU No. 17/2003 tentang Keuangan Negara ; UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara; PP No. 24/2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintah ; PP No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah; Permenkeu No. 40/2009 tentang Sistim Akuntansi Hibah. DIPA, RKAKL, POK Aplikasi SAI, SPM, SAKPA, SIMAK BMN Buku Cek Pengelolaan data dan informasi transaksi keuangan di lingkungan unit kerja/ UPT.
TANGGUNG JAWAB
1. Memeriksa Kebenaran data yang diterima
2. Memeriksa Kelengkapan peralatan kerja
3. Memeriksa Ketersediaan uang untuk pembayaran kegiatan dan transaksi
 
WEWENANG
1. Menilai kebenaran bahan kerja
2. Menggunakan perangkat kerja yang tersedia
3. Menolak/menunda pembayaran apabila tidak tersedian anggaran dan tidak didukung bukti yang sah.
KORELASI JABATAN
No Jabatan Unit Kerja/ Instansi Dalam Hal
1. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah Tugas
2. Verifikator Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak koordinasi kerja
3. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan laporan
4. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konsultasi dan koordinasi kerja
5. Verifikator Keuangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Koordinasi kerja
6. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Arahan dan koordinasi kerja
7. Verifikator Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
8. Pengadministrasi Keuangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Koordinasi kerja
9. Kepala Sub Bagian Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja, menerima instruksi kerja
10. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi dan printah pelaksanaan tugas
11. Verifikator Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koordinasi kerja
12. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Laporan pelakasaan tugas
13. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
14. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
15. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Barat pelaksanaan dan laporan
16. Camat Padang Panjang Barat Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan, kegiatan dan laporan
17. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kecamatan Padang Panjang Barat penegasan, kegiatan dan laporan
18. Sekretaris Kelurahan Kecamatan Padang Panjang Barat koordinasi dan laporan
19. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
20. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
21. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
22. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
23. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang koordinasi, laporan dan konsultasi
24. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan konsultasi dan koordinasi tugas
25. Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Perintah Tugas/ Laporan
26. Verifikator Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
27. Pengolah Data Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
28. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Koordinasi Kerja
29. Inspektur Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
30. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
31. Verifikator Keuangan Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
32. Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Kepegawaian Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang Koordinasi tugas
33. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penyampaian lap. Pertanggung jawaban
34. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penerbitan SP2D
35. Kepala Sub Bagian Keuangan, Evaluasi dan Pelaporan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
36. Verifikator Keuangan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
37. Sekretaris Kecamatan Kecamatan Padang Panjang Timur pelaksanaan dan laporan
38. Camat Padang Panjang Timur Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan, kegiatan dan laporan
39. Bendahara Pengeluaran Pembantu Kecamatan Padang Panjang Timur penegasan, kegiatan dan laporan
40. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
41. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
42. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah penegasan, kegiatan dan laporan
43. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah kegiatan dan laporan
44. Sekretaris Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang koordinasi, laporan dan konsultasi
45. Kepala Bidang Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
46. Kepala Seksi Perbendaharaan Rumah Sakit Umum Daerah menerima arahan dan pelaksanaan tugas
47. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Koordinasi
48. Verifikator Keuangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
49. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
50. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik Koordinasi kerja
51. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
52. Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
53. Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
54. Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
55. Kepala Seksi Penataan dan Pelestarian Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
56. Kepala Seksi Pengolahan dan Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
57. Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
58. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
59. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
60. Verifikator Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
61. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan koordinasi tugas
62. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
63. Kepala Sub Bidang Anggaran dan Data Informasi Keuangan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
64. Kepala Sub Bidang Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
65. Kepala Bidang Pengelolaan Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah Kegiatan dan Laporan
66. Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penyampaian Laporan
67. Kepala Bidang Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Penerbitan SP2D
68. Sekretaris DPRD Sekretariat DPRD Meminta Arahan
69. Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Meminta Arahan
70. Kepala Sub Bagian Program dan Keuangan Bagian Umum dan Keuangan Meminta Arahan
71. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
72. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
73. Pengelola Program dan Kegiatan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
74. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
75. Pengadministrasi Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
76. Verifikator Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
77. Penyusun Laporan Keuangan Sub Bagian Program dan Keuangan Koordinasi
78. Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Perintah tugas
79. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah Konsultasi, Pelaporan
80. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan konsultasi kerja
81. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Koordinasi dan konsultasi kerja
82. Sekretaris Dinas Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
83. Kasubag Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Pangan dan Pertanian Meminta arahan
84. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
85. Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
86. Pengadministrasi Perencanaan dan Program Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
87. Pengadministrasi Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
88. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
89. Verifikator Data Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
90. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
91. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Koordinasi
92. Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Memberi Perintah
93. Verifikator Keuangan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koordinasi
94. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Komunikasi dan Informatika laporan , koordinasi dan arahan
95. Pengadministrasi Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
96. Verifikator Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
97. Penyusun Laporan Keuangan Dinas Komunikasi dan Informatika koordinasi dan kerjasama
98. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran meminta arahan
99. Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
100. Pengelola Program dan Kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
101. Pengadministrasi Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
102. Pengelola Realisasi Laporan Penerimaan Restribusi Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
103. Verifikator Data Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
104. Penyusun Laporan Keuangan Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
105. Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran koordinasi
106. Kepala Sub Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota arahan tugas
107. Bendahara Sekretariat Daerah Kota koordinasi tugas
108. Kepala Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
109. Pengadministrasi Keuangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup melakukan koordinasi
110. Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup meminta arahan
111. Analis Laporan Pertanggung Jawaban Bendahara Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
112. Analis Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah melakukan koordinasi
KONDISI LINGKUNGAN KERJA
No Aspek Faktor
1. Tempat Kerja Di dalam ruangan
2. Suhu Suhu kamar normal
3. Udara Sirkulasi baik
4. Keadaan Ruangan Cukup
5. Letak Datar
6. Penerangan Terang dengan lampu listrik
7. Suara Tenang
8. Keadaan Tempat Kerja Bersih
9. Getaran Tidak ada Getaran
RESIKO BAHAYA
No Fisik/ Mental Penyebab
1. - -
2. - -
SYARAT JABATAN LAINNYA
a. Keterampilan Kerja
Menguasai aplikasi Ms Office dan internet
 
b. Bakat Kerja
G, Intelegensia
V, Bakat Verbal
Q, Bakat Ketelitian
 
c. Temperamen Kerja
D, Directing-Control-Planning (DCP)
M, Measurable & Verifiable Criteria (MVC)
 
d. Minat Kerja
Konvensional - Aktivitas yang memerlukan manipulasi data yang eksplisit, kegiatan administrasi, rutin dan klerikal
 
e. Upaya Kerja
Berdiri
Duduk
 
f. Fungsi Fisik
1) Kondisi Fisik
Jenis Kelamin
:
Pria atau Wanita
Umur (Tahun)
:
-
Tinggi Badan (cm)
:
-
Berat Badan (kg)
:
-
Postur Badan
:
-
Penampilan
:
-
2) Fungsi Fisik/ Fungsi Jabatan
Hubungan dengan Benda
:
-
Hubungan dengan Data
:
D3, Menyusun data
Hubungan dengan Orang
:
O6, Berbicara - memberi tanda

Kembali ke daftar